Arwah Gentayangan dalam Foto, Sudah Ada Jauh Sebelum Photoshop

MENYAMBUT datangnya Halloween, bermunculan sekumpulan foto yang menyeramkan dari alam kubur. Well, nggak juga sih. Sebenarnya foto-foto itu hanyalah tipuan. Tetapi orang-orang tidak menyadarinya ketika foto-foto itu pertama kali ditemukan pada abad ke-19. dan, bahkan sekarang pun, sekumpulan foto-foto menyeramkan dari fotografer/huckster William Hope masih menarik untuk dilihat.

Pada awal-awal era fotografi, Hope menemukan bagaimana cara melakukan teknik double ekspose pada foto untuk membuatnya tampak seperti gambar arwah bergentayangan di dekat orang yang dipotret. Dia melakukan teknik superimpose terhadap sebuah wajah di atas foto aslinya, dan hasilnya cukup mengejutkan. Gizmodo menjelaskan bahwa bahkan orang-orang pintar pun seperti Sir Arthur Conan Doyle terpedaya oleh tipuan ini.

Sebagai seorang pengusaha dan juga sebagai anak muda yang moralnya diragukan, dia dan para pengikutnya, “Crewe Circle,” menggunakan teknik ini untuk menciptakan gambar-gambar arwah orang yang sudah meninggal dunia. Kemudian mereka menjualnya kepada orang-orang yang telah kehilangan orang yang dikasihinya. (“Lihat, ada si bibi tua Gertrude di sana! Dia tampak sangat gembira!”). Anda bisa melihat slide show dari beberapa hasil karyanya di sini.


Klik untuk melihat slideshow foto-foto arwah

National Museum of Photography, Film & Television

Sekarang ini, tidak banyak yang berubah. Orang-orang masih suka melihat foto-foto arwah orang meninggal. Pencarian web tentang "ghost pictures” selalu ramai, karena berhubungan dengan pencarian "real ghosts" dan "ghosts on camera." Dan dengan akan datangnya Halloween, kami perkirakan para pencari itu akan akan semakin meningkat dalam beberapa hari terkahir ini.

Jelaslah, Mr. Hope telah memulai sesuatu yang tetap bertahan seiring perubahan jaman, jika tidak terhadap uji kebenaran dan akurasi.

-- Mike Krumboltz is a Yahoo! writer.

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger