Sup Jamur Asia

weekday vegetarian asian mushroom soup photo
Photo: Kelly Rossiter

Beberapa hari yang lalu, saya membuat sup yang ingin saya tuliskan di sini, namun baik suami saya dan saya sendiri mengira ada sesuatu bahan yang kami lupa, meski kami tidak bisa mengenali apa bahan tersebut. Resep masakan biasanya hanya bagus di atas kertas, tapi setelah dicoba ternyata tidak berhasil. Akhirnya, saya pikir resep tersebut tidak cukup bagus untuk di-post-kan. Setelah mengunjungi Chinatown, saya memutuskan untuk mencoba sup itu lagi, tapi dengan resep yang saya buat sendiri.

Jika Anda sudah memiliki bahan-bahannya, gunakan sarung tangan ketika memotong cabe gading merah (bird's eye chili) yang masih segar. Atau cuci tangan dan tempat kerja Anda dengan sangat hati-hati dengan air sabun segera setelah Anda selesai. Meski tangan Anda sudah dicuci, hindari menyentuh area di seputar mata Anda, karena masih ada kemungkinan Anda akan merasa pedih, dan percayalah, rasanya sangat tidak enak. Anda bisa mendapatkan daun limau purut (kaffir lime leaves) di kebanyakan toko-toko sayur mayor Asia, dan daun tersebut akan sangat bermanfaat jika Anda berhasil menemukannya. Daun-daun tersebut sangat menentukan dalam memberi rasa pada sup. Gulung dengan mantap dan potong-potong menjadi irisan-irisan kecil. Setelah itu, Anda bisa mencincangnya sehingga menjadi lebih halus.

Sup Jamur Asia

1 sendok makan santan
1 siung bawang merah, iris
1 buah wortel, iris tipis-tipis
1 batang seledri, iris tipis-tipis
3 helai daun limau purut, cincang halus-halus
1 buah cabe gading, cincang halus-halus
6 helai jamur shiitake, iris tipis-tipis
4 biji jamur kancing, iris tipis-tpis
6 cangkir kaldu sayuran (vegetable stock)
¼ cangkir kecap bersodium rendah
1 sendok makan jus limau
2 blok mie China kering
Segenggam bok choy muda, iris tipis-tipis 
Cilantro untuk hiasan

1.      Panaskan santan dalam belanga yang besar dan tambahkan bawang merah. Masak sampai menjadi bening, sekitar 5 menit. Tambahkan wortel dan seledri dan masak selama beberapa menit lagi. Masukkan kedua jenis jamur dan masak sampai jamurnya mengeluarkan air. Tambahkan daun limau purut dan cabe, aduk.

2.      Tambahkan kaldu sayuran, kecap, dan jus limau dan masak sampai sayurannya menjadi lunak. Tambahkan mie kering dan bok choy muda. Aduk hingga mie-nya pecah. Didihkan sampai mie dan bok choy mudanya menjadi lunak. Cicip untuk merasakan bumbunya. Ciduk ke dalam mangkuk dan hiasi dengan cilantro.  (by Kelly Rossiter, Toronto)

http://www.treehugger.com/files/2011/04/weekday-vegetarian-asian-mushroom-soup.php
limau purut/www.ansers.com
cabe gading 
Cilantro/howtodothings.com

Bok Choy/ www.ansers.com



comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger