4 Kesalahan Diet yang Bisa Menyebabkan Anda Cepat Tua

Apa jadinya bila mata air awet muda itu ada di dapur rumah Anda? Ketika kita  sampai pada kesimpulan bahwa perubahan-perubahan fisik dan mental tertentu bisa menyebabkan kita cepat tua, faktanya adalah bahwa makanan yang kita makan—atau tidak kita makan—boleh jadi juga mempercepat proeses penuaan itu, membuat kita menjadi tua sebelum waktunya. Alasanya sederhana saja: “Kita terlalu banyak makan makanan olahan,” kata David Katz, MD, direktur Research Center pada Yale University. “Makanan olahan sering kali kaya akan kalori dan rendah kandungan nutrisi seperti vitamin B12 dan berbagai kandungan omega-3, sehingga membuat kita seolah-olah terdampar di pulau yang kekurangan di tengah lautan yang kaya.” Kekuranganh nutrisi ini bisa menimbulkan penyakit yang cenderung kita sebut sebagai penuaan, seperti keempat simptom di bawah ini. Bicarakan dengan dokter Anda untuk menentukan apakah mengatur makanan Anda atau menambah suplemen bisa membantu Anda terlihat—dan merasa—lebih muda.
Kesalahan #1: Anda menghindari semua protein hewani                   
Mengapa ini menyebabkan Anda cepat tua: Anda boleh jadi kekurangan vitamin B12, yang esensial untuk energi.
Hanya terdapat dalam makanan yang berasal dari hewan, protein hewani membantu mengatur metabolisme dan produksi energi dan merupakan kunci untuk mempertahankan otak dan sistem syaraf yang sehat. “Fatigue (sindroma kelelahan) adalah tanda-tanda klasik kekurangan vitamin B12, yang biasanya terjadi pada orang yang tidak makan banyak protein hewani,” kata Danine Fruge, MD, associate direktur medis pada Pritkin Longevity & Spa di Miami. Menelan banyak antasida untuk mengobati panas dalam juga bisa menyebabkan kekurangan vitamin B12 karena antasida menghalangi penyerapan vitamin B12.
Makanan perbaikan: Makanlah dua porsi makanan dairy bebas lemak (nonfat), seperti susu bebas lemak atau yogurt tanpa lemak, dan 3 hingga 4 ons protein tanpa lemak (lean protein) setiap hari. Sumber vitamin B12 yang baik termasuk seafood seperti ikan, kerang, tiram (oyster), dan kerang (mussels), dan juga daging sapi tanpa lemak (lean beef) dan daging babi (pork), ayam, dan makanan sereal yang diperkaya (fortified cereal).  
Solusi Suplemen:                                                                                           
Minum 500 hingga 1.000 mcg vitamin B12 dalam bentuk tablet setiap hari dan pertahankan level vitamin B12 Anda.                                                                                                                                    
Kesalahan #2: Anda menghindari suplemen                                                       
Mengapa hal ini bisa menyebabkan Anda cepat tua: Anda kekurangan zat mangan dan zat tembaga (copper), yang bisa mencegah nyeri sendi
Karena zat mangan dan zat tembaga (copper) keduanya esensial untuk menjaga tulang rawan (cartilage) dan fleksibilitas persendian, “dalam banyak hal, mengkonsumsi nutrient tambahan akan menghindari kerusakan pada persendian dan menghindari rasa nyeri,” kata Dale Peterson, MD, direktur Comprehensive Wellness Center di Sapulpa, OK. “Tubuh kita sebenarnya bisa memperbaiki kerusakan dalam jumlah yang signifikan jika diberi dukungan yang cukup.”
Makanan perbaikan: Kacang-kacangan, dan bayam adalah sumber mangan dan copper yang baik, tapi Anda tidak akan sanggup memakan sebanyak mungkin untuk memenuhi kebutuhan copper dan mangan Anda, jadi makanlah makanan tambahan (suplemen), kata Dr. Peterson menasehati. Minumlah 2 mg copper dan 5 mg mangan setiap hari. Dalam 2 hingga 3 hari, rasa nyeri di persedian akan Anda akan jauh berkurang.

Supplements that help you avoid disease
Kesalahan #2: Anda menghindari ikan dan lemak.                                            
Mengapa hal ini menyebabkan Anda cepat tua: Ikan dan minyak sehat (seperti minyak zaitun) merupakan sumber asam lemak esensial omega-3, yang membantu mencegah kehilangan memori.
“Asam lemak ini merupakan bagian dari blok-blok bangunan (building blocks) dalam otak,” kata Andrew Weil, MD, direktur Center for Integrative Medicine pada University of Arizona menjelaskan. “Jika Anda tidak menyediakan cukup asam lemak dari diet Anda, maka arsitektur otak menjadi lemah, dan fungsi otak, termasuk memori, akan menderita. “Bapi bukan hanya jumlah omega-3 yang penting, keseimbangan antara omega-3 dan omega-6 adalah juga sama penting. “Diet kita dipenuhi oleh asam lemak omega-6, kebanyakan berasal dari makanan olahan,” kata Dr. Weil. “Semakin banyak omega-6-an yang Anda makan, semakin banyak pula omega-3-an yang Anda butuhkan untuk menjaga keseimbangan. Kebanyakan kita tidak makan cukup omega-3-an dalam jumlah yang cukup dan makan terlalu banyak omega-6-an.
Makanan perbaikan: Pertama-tama, kurangi konsumsi makanan olahan dan makanan yang diproses sebanyak mungkin, dan masaklah dengan menggunakan minyak zaitun atau minyak canola. Kemudian, makan 3,5 ons ikan salmon liar dan 3,5 ons ikan herring, sardine, atau ikan halibut setiap minggu. Tambahkan 2 sendok makan benih lenan (flaxseed) yang baru ditumbuk pada makanan sereal Anda, makanan yang terbuat dari gandum utuh, atau shakes setiap hari, dan hiasi salad atau sereal Anda dengan satu sendok makan walnut 5 hari seminggu. Akhirnya, nikmati 9 hingga 12 amond empat kalai seminggu.
Solusi suplemen:                                                                                                 
Makanlah sedikitnya 2.000 mg ikan setiap hari                                                     
Carilah 1.000 mg kapsul yang mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA).
Kesalahan #4: Anda lebih suka makanan kemasan daripada makanan utuh Mengapa hal ini membuat Anda cepat tua: Makanan kemasan kaya akan sodium yang bisa melecut tekanan darah—sedangkan kandungan potassium-nya, yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, rendah.
“Mengkonsumsi potassium yang terlalu sedikit di dalam diet Anda bisa meningkatkan efek racun dari asupan garam yang berlebih.,” kata Dr. Fruge. Kebanyakan makanan olahan menambahkan potassium tetapi tidak mengandung sodium ekstra, jadi jika makanan Anda keluar dari kotak kemasan, maka Anda beresiko. Situasi semakin memburuk ketika ginjal Anda mencoba menyemburkan garam tersebut keluar, Anda akan kehilangan potassium yang lebih banyak lagi. “Ketidakseimbangan tersebut merusak pembuluh darah, sehingga meningkatkan tekanan darah,” kata dr. Fruge. “Memperbaiki cara makan Anda bisa memperbaiki masalah ini—saya pernah menyaksikan orang yang tekanan darahnya turun 30 poin dalam tiga hari.
Makanan perbaikan: kurangi konsumsi sodium Anda hingga mencapai tidak lebih dari 1.500 mg per hari, dan makanlah tujuh hingga sembilan porsi buah-buahan dan sayuran setiap hari.
by The Editors of Prevention, on Fri Apr 15, 2011 2:20pm PDT

What fruit and/or veggie would you take to a dessert island?

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger