Kesehatan Gigi yang Buruk Bisa Timbulkan Penyakit Pneumonia


 Bad dental health can lead to pneumonia, Yale study suggests
Photo: ALAMY

Yayasan Kesehatan Gigi telah mengeluarkan peringatan bahwa kesehatan gigi yang buruk bisa menyebabkan infeksi pernapasan (respiratory infections) setelah sebuah penelitian menemukan adanya hubungan antara bakteria mulut dan penyakit paru-paru.

Dr. Samit Joshi dari Yale University School of Medicine menemukan bahwa adanya perubahan-perubahan pada bakteria yang terdapat di dalam mulut adalah tanda-tanda akan timbulnya pneumonia.

Dia menyimpulkan bahwa proses ini “mengisyaratkan bahwa perubahan-perubahan pada bakteria mulut memainkan peranan dalam resiko timbulnya pneumonia.

Pneumonia diperkirakan menyerang 620.000 orang di Inggris dan menewaskan sekitar lima persen dari mereka yang terkena penyakit ini.

Meski diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menentukan hubungan yang pasti antara kesehatan mulut dan pneumonia, namun ini bukanlah pertama kalinya kedua penyakit ini dikait-kaitkan.

Kesehatan mulut yang buruk telah dikait-kaitkan dengan penyakit pernapasan selama beberapa tahun belakangan, karena infeksi dada akibat bakteri (bacterial chest infections) diperkirakan disebabkan oleh bernapas dengan percik-percik halus (fine droplets) dari kerongkongan dan mulut menuju paru-paru.

Hal ini bisa menimbulkan infeksi, seperti pneumonia, atau bisa memperburuk kondisi yang sudah ada. Penelitian-penelitian bahkan telah mengisyaratkan adanya angka kematian yang tinggi akibat pneumonia pada orang yang sering mengalami masalah dengan gusinya.

Temuan dari penelitian tersebut memberi bukti lebih lanjut akan adanya resiko kesehatan yang signifikan bagi orang tua dan yang muda, menurut Chief Executive dari the British Dental Health Foundation, Dr Nigel Carter.

Dr.Carter mengatakan, “Selama bulan-bulan musim dingin kita semua cenderung terkena flu, batuk dan virus penyakit dada (chesty viruses) karena turunnya temperatur. Apa yang perlu diingat adalah, terutama bagi mereka yang rentan akan penyakit ini, bahwa pencegahannya bisa jadi sangat mendasar.

“Hubungan yang sistemik antara penyakit gusi dan kesehatan secara keseluruhan telah diketahui dengan baik, dan kini terbukti menjaga kesehatan mulut bisa benar-benar membantu mencegah penyakit.

“Menyikat gigi selama dua menit dua kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, membersihkan sela-sela gigi setiap hari dengan menggunakan sikat gigi interdental atau floss, mengurangi makanan dan minuman yang manis-manis dan mengunjungi dokter gigi secara teratur adalah sebuah permulaan yang baik.

“Jika Anda mengalami gusi bengkak dan berdarah ketika Anda menyikat gigi, napas yang bau, gigi yang goyah atau sering mengalami infeksi gigi, kemungkinan Anda mengalami penyakit gusi.

“Jika ada di antara simptom-simptom di atas yang membandel, atau menunjukkan tanda-tanda adanya penyakit pneumonia, kunjungi segera dokter gigi dan GP* Anda.”

6:00AM GMT 28 Dec 2011)

comment 1 comments:

uii profile on November 20, 2012 at 11:05 AM said...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger