Tips Mengiris Bawang Tanpa Perih


By Chef Meg Galvin, Healthy Cooking Expert at SparkPeople.com
Pernahkan Anda mendengar bahwa seseorang yang akan menjual rumahnya harus selalu memasak sekaleng kue sebelum menunjukkan rumahnya kepada calon pembeli? Mungkin bau kue-kue tersebut bisa menarik calon pembeli dan bisa “menjual” rumah tersebut.
Biar saya buka rahasianya. Lupakan kue-kue itu—goreng sedikit bawang sebagai gantinya. Berjalan memasuki sebuah ruangan yang dipenuhi oleh aroma bawang yang digoreng akan mengundang senyum dan menimbulkan pikiran seolah-olah “mengajak makan bersama” pada diri orang yang berkunjung. Kecantikan bawang tersebut pula menunjukkan bahwa manfaat benda tersebut tidak hanya sampai di situ. Apakah bawang-bawang tersebut akan dimasukkan ke dalam sambel vegetarian yang pedas, ditaburkan di atas sandwich panggang yang diiris tipis-tipis, atau ditaburkan seperti bintang di atas semangkuk sup bawang Perancis yang panas?
Bawang mengandung potassium, vitamin C, asam folik, dan vitamin B6. Dalam setiap ½ cangkir bawang terkandung 1,6 gram serat, 1,2 gram protein, dan hanya 38 kalori.

Varietas Bawang: 
Favorit saya adalah bawang Vidalia, sebuah bawang dari Selatan yang hanya muncul selama beberapa bulan di musim panas. Anda bisa memakan bawang jenis ini seperti sebuah apel. Rasanya demikian manis.
Bawang merah atau bawang ungu juga sempurna untuk dimakan mentah karena rasanya yang manis dan warnanya yang menawan sebagai penghias makanan.
Bawang hijau juga disebut bawang bawang daun atau scallions. Bawang jenis ini bagus untuk campuran salad, dicampur di atas kacang saos tostadas (bean tostadas), atau di atas piring sayur (veggie platter).
Bawang jenis yang wangi adalah bawang bombai (yellow onion). Bawang jenis ini rasanya sangat menyengat jika dimakan mentah tapi berubah jadi manis jika dimasak.

Tips:
·         Belilah bawang yang kulitnya seperti kertas. Kulit yang seperti kertas ini melindungi bawang tersebut dan menjaganya tetap segar dalam jangka lama.
·         Periksalah bawang; cari jika ada bercak-bercak hitam atau hijau pada batangnya. Kulit bagian luar bawang yang baik seharusnya kering dan licin.
·         Simpanlah semua jenis bawang kecuali bawang daun di tempat yang sejuk dan kering. Bawang daun harus dimasukkan ke dalam kulkas. Keranjang kawat adalah tempat yang paling tepat bagi bawang daun karena dengan demikian bawang tersebut bisa mendapatkan udara yang cukup. Jika Anda mempunyai sepasang stocking (panty hose) bekas yang sudah banyak robekannya, ikatkan bawang daun di dalam stocking tersebut dalam keadaan utuh. Ikat pada bagian atas masing-masing bawang untuk merangkaikan. Hal ini akan membuat bawang-bawang tersebut terpisah-pisah dan bertahan lebih lama.
·         Bawang yang baunya lebih menyengat lebih tahan lama daripada bawang yang rasanya manis. Bawang bombai bisa bertahan hingga 2 bulan dan bawang merah bisa bertahan rata-rata hingga 4 minggu.
·         Memasukkan bawang yang belum dipotong di dalam kulkas selama 20-30 menit sebelum mengirisnya akan mengurangi rasa pedih di mata. (Tapi memakai kacamata juga bisa membantu!)
·         Bawang merah atau bawang ungu yang akan dimakan mentah bisa dicelupkan di dalam semangkuk air es selama 20 menit sebelum ditambahkan pada makanan. Hal ini akan mengurangi rasanya yang tajam.
·         Ketika mengiris bawang, jangan buang ujung akarnya. Akarnya bisa berfungsi sebagai penjepit dan menjaga bawang tetap utuh.

Ingin mengiris bawang seperti seorang pro? Kunjungi video: How to Chop an Onion.  (By SparkPeople.com | Shine Food – Mon, Jan 9, 2012 10:11 AM EST)

Chef Meg Galvin
SparkPeople Healthy Cooking Expert Meg Galvin is a World Master Chef, culinary instructor, and the author of "The SparkPeople Cookbook: Love Your Food, Lose the Weight." A farmer's daughter and marathon runner, she lives in northern Kentucky with her husband and three teenage sons.

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger