7 Tanda-tanda Anda Akan Menua dengan Anggun


The clues to aging gracefully.
Kita semua pernah menyaksikan fenomena ini: bahwa wanita tua yang kulitnya kencang seperti kulit kerubin seolah-olah (secara tidak fair) tidak lekang termakan waktu, sementara wanita yang usianya baru tigapuluhan tampak layu dan terlihat lebih tua dari usianya.  Apa yang menyebabkan ini, Hukum Alam?
Meski faktor-faktor gaya hidup dan lingkungan tidak digarukan lagi berperan utama dalam cara Anda menua, namun para ahli mengatakan bahwa faktor genetik adalah sangat menentukan. Sebuah studi tentang orang yang kembar pada tahun 2009 yang diterbitkan dalam Archives of Dermatology mengungkapkan bahwa hampir 60 persen penuaan kulit disebabkan oleh faktor genetik, kata Dr. Heidi Waldorf, direktur dermatologi laser dan kosmetik di Rumah Sakit Mount Sinai, New York.
Tapi ingatlah—fakta ini tidak akan berlaku pada Anda jika asumsi bahwa Anda mempunyai sifat genetik yang “baik” membuat Anda mengabaikan perawatan kulit Anda. “Anda bisa memiliki gen terbaik di dunia, tapi jika Anda merokok atau berjemur di bawah matahari, maka Anda akan terlihat 10 hingga 15 tahun lebih tua, kata dokter kulit di Los Angeles, Dr. Ava Shamban. “Pelajaran moral dari cerita ini adalah: Jangan hanya mengandalkan gen yang bagus untuk menyelamatkan tubuh Anda dari kebiasaan yang buruk. Genetika dan kerusakan genetik akibat lingkungan menentukan berapa cepat Anda menua.
Kami meminta para dokter kulit terkemuka untuk menguraikan tanda-tanda genetik  tersebut. Jika Anda beruntung mempunyai satu atau lebih dari karakteristik di bawah ini dan sering menggunakan tabir surya dan merawat kulit Anda, maka ada kemungkinan Anda akan menggunakan obat awet muda itu belakangan dibandingkan dengan yang lain.
1. Orang tua Anda menua dengan baik. Ya benar, amati ibu dan ayah Anda. Saudara tingkat pertama bisa memberi Anda gambaran paling kuat bagaimana cara Anda menua nanti, karena gen mengarahkan fungsi-fungsi seluler yang mempunyai dampak yang luar biasa pada penampilan. “Kita mewarisi cara-cara  sel-sel kita berganti, berapa cepat kerusakan sel diperbaiki, dan berapa banyak kolagen yang diproduksi,” kata Shamban. Secara lebih spesifik, kita mewarisi sekuensi DNA yang melekat pada ujung kromosom yang dikenal sebagai telomeres—yang memungkinkan sel-sel membelah diri  tanpa kehilangan pengkodean genetik (genetic coding)-nya. “Studi genetik terbaru mengisyaratkan bahwa mereka yang mempunyai sekeunsi telomeres lebih panjang rata-rata hidup lebih lama lima tahun dengan kulit yang tampak lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang sekuensinya lebih pendek,” kata Shamban. Meski perlu dicatat: Faktor-faktor lingkungan seperti merokok, sinar matahari dan kurang olahraga diperkirakan merupakan sebagian dari ancaman yang paling besar untuk merusak pekngkodean telomeres (telomeres coding) seiring berjalannya waktu, tidak peduli apapun latar belakang genetik Anda.
2. Wajah yang baby face.  Dalam masyarakat yang menganut kepercayaan di mana bentuk wajah yang angular (bersudut), menyerupai pahat (chisel) sering kali dipuja-puja, namun para ahli mengatakan bahwa orang yang berwajah bulatlah yang akan paling banyak menikmati keuntungan anti-aging. Para ilmuwan menyebut baby face sebagai struktur wajah yang “neotenous”, yang ditandai dengan mata yang bundar lebar, jidat yang lebar dan lengkung, rahang yang kecil, hidung dan fitur-fitur lain yang berada di bawah wajah yang kecil dan pendek. Jika disandingkan dengan teman sebaya mereka di usia tua mereka, orang berwajah neotenous akan tampil mencolok dengan bentuk yang anggun sepenuhnya yang menunjukkan sisa-sisa masa kanak-kanak mereka,” kata Shamban.  “Orang yang dikaruniai wajah seperti ini akan tetap kelihatan muda meski usia mereka sudah tua,” kata Shamban.
3. Tulang pipi yang tinggi. Ada satu alasan mengapa struktur tulang yang hebat ini disukai; struktur tulang seperti ini  menciptakan bentuk “segitiga muda” yang terbalik yang oleh dokter kulit sering disebut sebagai indikator bawah sadar yang paling kuat yang menunjukkan bahwa seseorang itu masih muda. Seiring usia, tulang rahang dan fitur-fitur wajah yang lain bisa mengendur, sehingga mengubah bagian bawah segitiga menjadi berat dan membuat Anda tampak tua. Akan tetapi, dengan tulang pipi yang tinggi yang menyangga wajah Anda, bentuk segitiga itu tidak akan mengendur begitu banyak, tidak juga begitu cepat. Lihatlah Sophia Loren, Eartha Kitt, Bo Derek, Linda Evans, Lena Horne dan Raquel Welch,” kata dokter kulit dari Montclair, New Jersey, Dr. Jeannie Downie. “Mereka semua memunyai kecantikan yang hebat dengan tulang pipi yang tinggi dan menua dengan sangat anggun.” Dan tidak seperti kulit yang tak berpori-pori atau pantat yang kencang, tulang pipi yang tinggi akan menemani Anda seumur hidup. Membuat kita iri! 
4. Gigi dan tulang yang kuat. Dengan cara yang sama dengan tulang pipi yang tinggi menyediakan struktur yang solid bagi  wajah Anda, seperangkat gigi yang utuh dan gigitan yang kuat bisa membuat Anda memliki wajah yang awet muda dengan cara mempertahankan “segitiga muda” itu tetap terbalik di usia tua Anda, kata Waldorf. Dengan berjalannya waktu atau karena gen yang kurang baik, gigi Anda bisa keropos sehingga menjadi pendek dan bergeser ke dalam, sehingga membuat wajah Anda menjadi kempot, bibir menjadi lebih tipis dan area seputar mulut dan pipi menjadi lebih keriput. Gigi yang lurus berbentuk segi empat akan mampu mempertahankan bentuk garis rahang tetap tajam ketika usia Anda menua, sehingga tetap mendukung penampilan wajah Anda. Tulang yang kuat merupakan struktur pendukung yang serupa bagi tubuh  ketika penyakit seperti osteoporosis dan anorexia bisa membuat tubuh  menua dengan cepat. “Jagalah tulang Anda tetap sehat dengan olahraga latihan beban dan makanan yang kaya akan kalsium untuk mendapatkan penampilan yang awet muda,” kata Waldorf.
5. Rambut yang tebal. Rambut tebal yang mengalir telah lama menjadi sinyal kesehatan yang evolusioner, sebagaimana halnya tubuh yang berkecukupan gizi dan makanan dan kaya nutrient seperti biotin diperlukan untuk menumbuhkan rambut yang indah yang memahkotai kepala kita. Dan dengan demikian, kita secara tidak sadar memandang rambut sebagai sinyal vitalitas, atau kurangnya vitalitas. “Orang yang rambutnya tipis tampak lebih tua dari orang yang berambut tebal yang usianya sama,” kata Downie mengamati. Dan jika Anda menengok ke politik, kata Dowie menambahkan, orang Amerika belum pernah memilih kandidat yang botak semenjak terpilihnya incumbent Dwight D. Eisenhower pada tahun 1956, ketika dia berkampanye dengan saingannya yang juga botak Adlai Stevenson, mungkin hal ini mengisyaratkan bahwa usia yang tampak tua bisa menyebabkan Anda tidak terpilih. Lagipula, adalah John F. Kennedy—dengan rambutnya yang tampak muda dan kulitnya yang berkilau yang merupakan simbol dari agendanya yang progresif—yang bisa melejit berkat kemunculannya dalam debat presidensial yang pertama yang disiarkan melalui TV melawan pesaingnya yang lebih berpengalaman Richard Nixon.
6. Simetri wajah. Pola wajah secara genetik memainkan peran besar dalam menentukan pola penuaan secara keseluruhan,” kata Dr. Joel Schlessinger, seorang dokter kulit dari Omaha, Nebraska, yang  mengatakan bahwa porsi wajah dan fitur-fiturnya adalah kunci untuk terlihat awet muda. Simetri wajah telah lama diidentikkan dengan standar kecantikan, dan alasannya berakar pada masalah psikologi evolusioner. “Simetri kiri-kanan pada embiro yang sedang bertumbuh menghendaki kontrol yang sangat ketat pada masing-masing sisinya untuk menjaganya tetap sinkron,” kata Ian Stewart, Ph.D., pengarang buku Why Beauty Is Truth: The History of Symmetry. Ketika bayi bertumbuh di dalam rahim dan melalui masa kanak-kanaknya, stressor-stressor seperti toksin, penyakit dan trauma emosional bisa mempengaruhi perkembangan simetri wajahnya. Sebagai hasilnya, orang dewasa yang mempunyai simetri wajah lebih tinggi menunjukkan penolakan yang kuat terhadap stressor-stressor yang mungkin pernah mereka dapatkan. Waktu dan gravitasi bisa juga menyebabkan wajah mengendur, pigmentasi dan kerutan bisa menimbulkan asimetri pada wajah, sehingga membuat warna kulit wajah semakin pudar dan pudar seiring berjalannya waktu. Jadi jika Anda lahir dengan simetri wajah yang kuat, maka tanda-tanda penuaan akan timbul lebih lama di wajah Anda.
7. Warna kulit yang langsat hingga yang gelap. Semakin banyak jumlah melanin dalam tone kulit bagian dalam bisa membuat kulit Anda tampak awet muda—tapi ada satu hal: “Tubuh Anda membakar dengan lebih cepat jika kulit Anda berwarna lebih terang, yang secara potensial bisa menimbulkan lebih banyak garis-garis halus, kerutan dan kerusakan akibat cahaya matahari di kemudian hari,” kata Downie. “Jika Anda merawat kulit Anda yang berwarna gelap, itu adalah keuntungan Anda ketika usia Anda menua, tapi jika Anda tidak menggunakan tabir surya, maka tidak akan lebih baik.” Hal ini diilustrasikan dalam data statistik kanker kulit pada orang Amerika Afrika, yang menunjukkan angka dari satu hingga dua persen dari semua jenis kanker pada kelompok ini, namun tingkat kematiannya adalah yang paling fatal, karena banyak orang yang mengira mereka terlindung secara  alami, dan tidak terdiagnosa hingga akhirnya sudah terlambat. Kini, menurut Yayasan Kanker Kulit, rata-rata kesembuhan dari melanoma bagi orang Afrika Amerika adalah 77 persen, dibandingkan dengan 91 persen pada orang Kaukasia. By Grace Gold 
(By YouBeauty.com | Shine's Spring Beauty Guide – Fri, Mar 9, 2012 8:45 AM EST )
More from YouBeauty:

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger