20 Penampakan UFO yang Paling Heboh


Aktifitas extra-terrestrial dari seluruh penjuru dunia
Pada ulang tahun ET yang ke-30, Stylish mencari jawaban-jawaban atas pertanyaan—apakah ada makhluk lain di luar sana? Mulai dari penculikan makhluk asing hingga ke cahaya-cahaya yang muncul di langit dan benda-benda terbang misterius, di bawah ini adalah 20 penampakan UFO yang paling banyak dibicarakan di dunia….

1. Roswell, 1947

20 famous UFO sightings: Roswell
Peringkat pertama dari penampakan UFO yang paling terkenal sepanjang sejarah—dan sekarang merupakan sebuah fenomena budaya pop—insiden Roswell adalah tentang para pemburu UFO yang mengklaim bahwa militer AS telah menangkap sebuah pesawat alien. Meski militer mengatakan bahwa ‘piring terbang’ tersebut sebenarnya adalah sebuah perangkat surveillance dari sebuah operasi rahasia, namun mereka yang tidak percaya masih mempercayai itu merupakan aktifitas extra-terresterial hingga saat ini.

2. Kasus Kenneth Arnold, 1947

20 famous UFO sightings: Kenneth Arnold case
Surat kabar-surat kabar mengalami pesta berita dengan kisah Kenneth Arnold, lalu memunculkan  istilah ‘piring terbang’ setelah si pebisnis Amerika dan juga seorang pilot tersebut mengklaim dia telah melihat Sembilan benda terbang seperti piring di sebuah wilayah pegunungan di dekat Mount Rainier di Washington.

3. Penampakan di Washington, D.C., 1952

20 famous UFO sightings: Washington, D.C. sighting
Robertson Panel dari CIA dibentuk setelah adanya beberapa laporan tentang kemunculan UFO di langit di atas Washington secara meyakinkan yang didukung oleh adanya beberapa kontak radar misterius di tiga lapangan terbang berbeda. Akan tetapi, Angkatan Udara AS menenangkan ketakutan akan adanya sebuah invasi alien, dengan mengatakan bahwa perubahan temperatur telah menyebabkan sinyal-sinyal radar membengkok dan menimbulkan gambaran yang keliru.

4. Penculikan Keluarga Hill, 1961

20 famous UFO sightings: The Hill Abduction
Pada tahun 1961, Barney dan Betty Hill dari Portsmouth, New Hampshire, melaporkan bahwa mereka telah diculik oleh makhluk alien. Menurut pasangan tersebut, mereka telah diikuti oleh sebuah piring terbang ketika sedang berjalan di dalam mobil, diculik dan kemudian dijadikan sebagai bahan penelitian fisik. Mereka juga mengaku melihat sebuah ‘peta bintang’ 3D di dalam kapal tersebut. Bahkan ketika dihipnotis, keluarga Hill masih mempertahankan cerita mereka dan mengundang perhatian dan publisitas yang besar.

5. Cahaya di Rendlesham Forest, 1980

20 famous UFO sightings: Rendlesham Forest Lights
Salah satu dari peristiwa UFO yang paling terkenal di Inggris melibatkan penampakan beberapa cahaya yang tak dikenal di dekat pangkala Angkatan Udara Inggris di Rendlesham Forest, bagian pedalaman pesisir Suffolk. Pejabat setempat berkeras tidak ada sesuatu yang  misterius di sana dan tidak ada resiko keselematan nasional, akan tetapi, karena orang yang menyaksikannya adalah para serviceman yang sedang bertugas ketika itu, laporan tersebut mendapat kredibilitas yang tinggi, dan ada kepercayaan kuat bahwa cahaya-cahaya tersebut berasal dari sebuah pesawat ruang angkasa alien. Bahkan sekarang pun, masih banyak permintaan akan rincian yang lebih jauh tentang peristiwa tersebut di bawah Akta Kebebasan Informasi.

6. Penampakan Clyde W Tombaugh, 1949

20 famous UFO sightings: Clyde W Tombaugh sighting
Astronom Amerika yang disegani Clyde W Tombaugh telah mengecilkan hati mereka yang percaya konsensus bahwa kebanyakan penampakan UFO direkam oleh para pencari publisitas semata, ketika, dua tahun setelah Roswell,  Tombaugh mencatat telah  melihat hingga delapan cahaya berbentuk persegi panjang di langit di atas kota Las Cruces di New Mexico, dan pada kesempatan lain dia melihat beberapa bola api berwarna hijau. Sebagai astronom yang berpikiran serius yang terbiasa mempelajari langit (salah satu dari capaiannya yang terbesar adalah penemuan planet mini Pluto pada tahun 1930), ketidakmampuannya menejelaskan cahaya-cahaya tersebut membuat klaimnya tersebut sulit ditepis begitu saja.

7. Kasus Levelland, 1957

20 famous UFO sightings: Levelland case
Para pengemudi di Levelland, Texas melaporkan bahwa mesin mobil mereka mati secara mendadak ketika mereka mendekati sebuah benda berbentuk lonjong telur yang berkilau, dan kemudian hidup kembali ketika benda tersebut telah pergi. Penyelidikan oleh polisi menyimpulkan bahwa kejadian tersebut akibat adanya badai listrik.

8. Insiden Shag Harbour, 1967

20 famous UFO sightings: Shag Harbour crash
Angkatan laut dikerahkan setelah sebuah benda besar tak dikenal meledak di Shag Harbour di Nova Scotia. Penyelidikan dan investigasi dilakukan, namun kemudian peristiwa tersebut digolongkan sebagai sebuah peristiwa yang tak terpecahkan oleh Departemen Pertahanan Kanada karena tidak bisa diperoleh kesimpulan yang jelas.

9. Insiden Maury Island, 1947

20 famous UFO sightings: Maury Island incident
Pelaut Harold Dahl mengalami bertemu dengan ‘men in black’ yang sebenarnya, setelah dia mengaku telah menyaksikan enam UFO sedang mencari kayu apung di wilayah Puget Sound, Washington. Hari berikutnya dia didekati oleh sesosok individu berpakaian hitam yang memberi peringatan agar tidak menceritakan kejadian tersebut dengan mengancam keluarganya. Akan tetapi, tidak jelas apakah insiden UFO tersebut adalah kejadian nyata atau hanya merupakan sebuah latihan militer rahasia yang keliru.

10. Penampakan Westall, 1966

20 famous UFO sightings: Westall UFO encounter
Sebuah UFO diduga terlihat oleh lebih dari 200 siswa dan guru di Westall, Melborune. Benda tersebut terlihat pertama kali sedang turun ke sebuah padang rumput sebelum akhirnya lepas landas terbang kembali melewati rumah-rumah di sebuah wilayah pedesaan setempat. Meski orang Australia skeptis, namun sebuah lembaga non-profit yang menginvestigasi pengakuan paranormal dan pseudo-scientific dengan menggunakan metode ilmiah, menepis bahwa itu UFO dengan mengatakan bahwa benda tersebut adalah sebuah pesawat militer eksperimental, para saksi mata terus berkumpul untuk menghidupkan kembali peristiwa yang luar biasa tersebut.

11. Penampakan Lonnie Zamora UFO, 1964

20 famous UFO sightings: Lonnie Zamora UFO sighting
Ketika polisi lalu lintas New Mexico Lonnie Zamora melihat sebuah kobaran api raksasa berwarna oranye kebiruan di langit di sebelah selatan Soccoro, dia pergi hendak menyelidiki. Kobaran api itu disertai oleh suara menggelegar yang memekakkan telinga, dan ketika Zamora kian dekat dia melihat sebuah  mesin silver yang aneh yang  berbentuk seperti donat dan dua makhluk berpakaian putih. Meski pasangan itu terbang dengan segera, namun rincian cerita kesaksian Zamora dianggap sebagai salah satu  cerita yang paling komprehensif tentang pertemuan dengan makhluk ruang angkasa, dan sering kali dianggap sebagai sebuah pemicu yang signifikan dalam membujuk Angkatan Udara AS agar memandang kisah-kisah tentang penampakan UFO yang semakin banyak ini dengan lebih serius.

12. Insiden Carson Sink, 1952

20 famous UFO sightings: Carson Sink incident
Dua orang pilot militer senior mengaku telah melihat tiga pesawat yang jenisnya tidak diketahui oleh mereka ketika mereka sedang terbang di Amerika Utara dengan pesawat pengebom B-25 Mitchell di atas Gurun Pasir Carson. Mereka mengatakan ketika itu pesawat yang tak dikenal tersebut sedang terbang dengan kecepatan kira-kira tiga kali lipat dari B-25. Meski B-25 dikenal sangat cepat, namun kedua orang pilot tersebut meyakini bahwa ketiga pesawat tak dikenal tersebut bukanlah jenis pesawa cepat super jet terbaru. Enampuluh tahun kemudian penampakan tersebut masih digolongkan sebagai tak terpecahkan.

13. Penampakan São Paulo, 1986

20 famous UFO sightings: São Paulo sighting
Pesawat militer dikirim untuk mencegat 20 pesawat UFO yang terdeteksi oleh radar di berbagai bagian wilayah  São Paulo, Brazil. Akan tetapi, begitu militer mulai mengejar, benda misterius tersebut dilaporkan menghilang. Salah seorang yang memberi jawaban terhadap insiden tersebut adalah Geoffrey Perry, seorang peneliti ruang  angkasa Inggris. Dia menganggap penampakan tersebut adalah puing-puing yang dikeluarkan oleh stasiun ruang angkasa Soviet Salyut-7 yang  sedang kembali memasuki atmosfir Bumi di seputar wilayah barat Brazil bagian tengah.

14. Penampakan Jimmy Carter, 1969

20 famous UFO sightings: Jimmy Carter sighting
Sebelum menjadi presiden AS, Jimmy Carter mengeluarkan sebuah laporan resmi pada tahun 1973 yang isinya mengatakan bahwa empat tahun sebelumnya dia telah melihat sebuah cahaya putih yang aneh di langit di malam hari. Dia mengaku melihat cahaya tersebut berubah dari putih menjadi biru, dan kemudian pecah, sebelum kembali berubah jadi putih dan tampak secara perlahan menghilang di kejauhan. Meski dia percaya yang dia lihat pada tahun 1969 tersebut adalah UFO, namun ketika dia menjadi presiden dia menganggap hal tersebut adalah aktifitas militer, bukannya aktifitas extra-terresterial.

15. Insiden UFO Teheran, 1976

20 famous UFO sightings: Tehran incident
Sebuah UFO dipercaya telah melumpuhkan peralatan elektronik dari dua pesawat jet pencegat dan juga peralatan di darat di Teheran. Catatan publik menyatakan bahwa para jenderal di Iran yang terlibat peristiwa tersebut mengatakan bahwa mereka mengira benda tersebut adalah sebuah benda extra-terrestrial, meski mereka yang skeptis menganggap kejadian tersebut akibat kesalahan peralatan.

16. Cahaya Lubbock, 1951

20 famous UFO sightings: Lubbock Lights
Tiga orang profesor dari Sekolah Tinggi Teknik Texas melihat sebuah formasi cahaya yang tak biasa terbang di atas Lubbock, Texas pada tahun 1951. Ke 20 hingga 30 cahaya tersebut terbang dalam formasi berbentuk ’ V’ di atas kota tersebut, dan kejadian tersebut kebetulan difoto oleh seorang mahasiswa dari perguruan tinggi tersebut. Foto tersebut kemudian muncul dalam Life Magazine, namun penjelasan tentang cahaya tersebut hingga kini belum ditemukan.

17. Gelombang Belgia, 1989 - 1990

20 famous UFO sightings: Belgium Wave
Antara tahun 1989 dan tahun 1990, sekitar 13.000 orang mengaku telah melihat segi tiga hitam yang besar, tak bersuara, dan terbang rendah di langit di atas Belgia, dengan 2.600 pernyataan tertulis dalam bentuk dokumen atas apa yang mereka lihat tersebut. Gelombang yang sering kali difoto tersebut juga telah dilacak oleh radar NATO dan pesawat jet pencegat dan telah diselidiki oleh militer Belgia, meski sebagian orang menganggap penampakan tersebut adalah pesawat helikopter biasa.

18. Kompleks Yeni Kent, 2008

20 famous UFO sightings: Yeni Kent Compound
Salah seorang jaga malam yang berani di Kompleks Yeni Kent (Yeni Kent Compound) di Turki mengaku telah merekam dengan video sejumlah penampakan UFO yang disaksikan selama periode empat bulan. Pengakuannya  tersebut juga didukung oleh beberapa orang saksi mata lainnya, sehingga membuat Pusat Penelitian Sains Ruang Angkasa UFO Sirius mengatakan bahwa video-video tersebut adalah “gambaran tentang UFO yang paling penting yang pernah di-filmkan.”

19. Pegunungan Berwyn, 1974

20 famous UFO sightings: Berwyn Mountains
Seperti halnya insiden Roswell 27 tahun sebelumnya, muncul berbagai rumor tentang terjadinya kecelakaan UFO di pegunungan Berwyn menyusul adanya berbagai laporan tentang adanya goncangan tanah dan cahaya aneh di angkasa. Penyelidikan oleh polisi Gwynedd merekam sebuah pernyataan dari seorang saksi mata yang mengaku telah melihat sebuah “cahaya merah menyala, seperti cahaya api batubara. Lingkaran besar yang sempurna. Seperti sebuah api unggun yang besar. Bisa melihat cahaya di atas dan ke arah kanan dan cahaya putih bergerak ke bawah. Cahaya berubah warna menjadi putih kekuningan dan kembali lagi. “Tidak ada serpihan yang ditemukan di tempat kejadian dan tanah yang goyah tersebut tampaknya disebabkan oleh Gempa Bumi Bala yang melanda wilayah tersebut malam itu, namun sebagian penduduk setempat masih meyakini mereka telah melihat pesawat berbentuk seperti telur yang berkilau.

20. Insiden Kapten William Schaffner, 1970

20 famous UFO sightings: Captain William Schaffner incident
Ketika radar merekam sebuah benda terbang tak dikenal di Laut Utara, para pilot dengan segera berusaha membuat kontak. Kapten William Schaffner mencegat sebuah ‘benda berbentuk kerucut’ kemudian semua kontak dengan sang kapten tersebut terputus. Tiga bulan kemudian pesawatnya ditemukan di dasar laut dalam keadaan tidak rusak, namun tubuhnya tidak pernah ditemukan. Akan tetapi, laporan-laporan resmi menepis ide tentang misteri extra-terrestrial, dengan menduga sang pilot kemungkinan tewas karena terbang terlalu rendah di atas laut.
Apa pendapat Anda? Anda percaya UFO, atau Anda sendiri pernah melihat UFO? Ceritakan pada kami apa pendapat Anda di Twitter atau di dalam kolom komentar di bawah ini.
Tags: Quirky

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger