Google Akan Ajari Anda Jadi "Pencari Handal" (Anda Harus Mau)


power.searcher
Berusaha keras untuk menjadi master dalam bidang mesin pencari Google? Jika demikian, cukuplah Anda mengikuti kuliah  Power Searching with Google, sebuah kelas yang baru, yang gratis, yang ditawarkan oleh raksasa teknologi tersebut mulai tanggal 10 Juli 2012. Kuliah tersebut menjanjikan bisa mengajari para pengguna beberapa ‘tips, trik dan taktik” yang akan membantu Anda “menemukan dengan tepat apa yang sedang Anda cari, pada saat Anda paling membutuhkannya.” Pokoknya: Meski Anda tidak tertarik untuk menghabiskan waktu dalam memperbaiki skill pencarian Anda, Anda harus menerima tawaran Google untuk mengajari Anda ini.
Tahun lalu hasil dari penelitian selama dua tahun menemukan bahwa para mahasiswa terlalu banyak mengandalkan pencarian sederhana, yang, berkat ultra-personalisasi dari mesin-mesin pencari (ultra-personalization of search engines) tidak selalu menemukan apa yang Anda inginkan. Para peneliti merekomendasikan agar para mahasiswa menerima “pelatihan konseptual yang lebih baik tentang cara mesin-mesin pencari mengelola dan mengeluarkan informasi.” Jika kita menginginkan para mahasiswa untuk benar-benar melek digital, maka mereka harus tahu seluk beluk mesin-mesin pencari. Namun, berkat adanya PHK para pustakawan dan jadwal guru yang padat, kini terlalu banyak anak-anak tidak diajari bagaimana melakukan pencarian informasi, baik secara online maupun melalui kartu katalog model lama di sekolah. Bagi kita yang bukan lagi mahasiswa namun harus menggunakan web untuk mengerjakan tugas dan bersenang-senang juga merasa bersalah jika hanya mengandalkan pencarian-pencarian model dasar, kebanyakan karena kita tidak tahu cara melakukannya dengan cara lain.
Manajer program edukasi Google Terry Ednacot menulis di Blog Google bahwa tidak peduli betapapun kemampuan pencarian Anda saat ini—mulai dari kita yang menggunakan kotak pencari sebagai sebuah kalkulator hingga mereka yang sudah menguasai logika Boolean—namun melalui pelajaran enam menit dalam kelas, Anda akan mempelajari bagaimana cara menggunakan fungsi pencarian untuk “memecahkan masalah sehari-hari” dan membantu Anda “menemukan apa yang Anda cari dengan cara lebih cepat.” Setelah mengikuti kuliah tersebut, kata Ednacot, Anda bahkan akan bisa melakukan hal-hal keren seperti “mengidentifikasi lokasi sebuah gambar yang dipotret oleh teman Anda dalam liburannya” atau menemukan “buku bersampul hijau tentang berkebun yang sudah bertahun-tahun Anda coba cari.”
Dan, sebagai ganti dari serangkaian slides, Ednacot mengatakan bahwa kuliah tersebut akan bersifat interaktif—model kuliahnya akan mengambil sebuah page dari MIT dan model joint online learning platform edX yang baru dari Harvard. Anda bisa bekerja dalam kelas-kelas individual sesuai dengan kecepatan Anda sendiri, asalkan Anda menyelesaikannya sebelum akhir bulan Juli. Jika Anda lulus post-test di akhir kursus, Anda akan diberi sertificat lulus yang bisa dicetak. Nah, mengingat mendapat sertifikat itu saja sudah keren, dan dalam masyarakat kita yang syarat informasi seperti saat ini, bukankah mengetahui dengan benar cara memanipulasi kotak pencari malah lebih keren lagi? (Education Editor)
Photo via (cc) Flickr user hoyasmeg

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger