Makanan-makanan Penurun Nafsu Makan


 
Semua orang tentu mencari sebuah peluru ajaib jika yang menjadi target adalah penurunan berat badan, namun menambahkan ingredient yang eksotik pada pasta carbonara yang Anda makan tidak akan banyak membantu dalam menghancurkan lemak. Ada yang mengatakan, ada makanan-makanan dan strategi-strategi makan tertentu, yang jika digunakan secara bersama-sama, akan secara alami membantu menurunkan selera makan Anda. Perhatikan cara kerja dan sebab-sebabnya di bawah ini.

Makan Sebuah Apel Sehari

Jika Anda melakukan sesuatu untuk menurunkan selera makan Anda, makanlah makanan yang kaya serat, tulis Judy Caplan, R.D., juru bicara bagi Akademi Nutrisi dan Dietika. “Makanan-makanan yang kaya serat tidak mudah hancur dan bisa mematikan respon otak Anda terhadap makanan,” katanya menjelaskan. Plus, serat bisa menstabilisir level gula darah, yang menentukan seberapa lapar Anda. Menambahkan 14 gram serat pada menu harian Anda bisa mengurangi asupan kalori sebanyak 10 persen. Serat yang terdapat dalam apel dan citrus sangat efektif dalam membuat perut merasa kenyang. Untuk makanan ringan yang bisa menjaga Anda tidak merasa lapar hingga waktu makan malam tiba, Keri Glassman, R.D., ahli nutrisi dan penulis buku "The New You and Improved Diet: 8 Rules to Lose Weight and Change Your Life Forever," merekomendasikan beberapa iris buah apel dan selai kacang murni.
 
Pilihlah Karbohidrat yang Tepat
Apa kesamaan yang terdapat pada kacang-kacangan (beans), miju-miju (lentils), pisang mentah dan kentang dingin (cold potatoes)? Makanan-makanan tersebut kaya akan resistant starch, sebuah karbohidrat yang bisa melewati perut kita dengan tidak tercerna dan mengalami fermentasi di dalam usus besar. Proses ini melepas sebuah asam yang membuat tubuh menggunakan lemak simpanan (yang membentuk gelambir pinggang (love handles)) sebagai bahan bakar. Terlebih lagi, resistant starch bisa menurunkan nafsu makan secara sementara, sehingga bisa menjaga Anda tetap merasa kenyang sekitar satu jam penuh setelah memakannya. O ya, jika Anda penasaran mengapa kentang dingin diperlukan dalam hal ini, hal itu karena ketika didinginkan, kentang membentuk kristal-kristal resistant starch yang padat, namun jika dipanaskan, kristal-kristal tersebut akan pecah. Sumber makanan lain yang mengandung resistant starch adalah ubi jalar (yams), kacang polong (peas), buncis (chickpeas), dan jelai (barley).
  
Tambahkan Percikan Cuka
Untuk mengatasi rasa lapar di antara dua waktu makan, tambahkan dua sendok cuka (vinegar) pada makanan-makanan yang kaya akan karbohidrat. Asam asetik bisa menurunkan indeks karbon glycemic, yang bisa mencegah membubungnya level gula darah Anda. “Hal ini akan mengurangi keinginan untuk ngemil di antara dua waktu makan dan mencegah timbulnya ngidam makanan,” kata Tanya Zuckerbrot, R.D., penulis buku "The Miracle Carb Diet: Make Calories and Fat Disappear-With Fiber!" Salah satu studi menemukan bahwa mereka yang menjalani diet yang meminum satu setengah sendok cuka sari apel (apple cider vinegar) pada waktu makan pagi terbukti mampu memakan 250 kalori lebih rendah.

Jean Pockets That Subtract 10 lbs: Toning + Lifting Shapes You'll Want in Your Wardrobe >

Makan Cokelat Murni
Anda mencari pelipur lara pada makanan-makanan yang nikmat? Pilihlah coklat murni (dark chocolate). Menurut Zuckerbrot, cokelat murni bisa menurunkan perasaan ngidam makanan secara emosional karena cokelat murni memenuhi otak kita dengan endorphin, sebuah zat kimia yang bisa menimbulkan perasaan gembira dan tenang. Dalam salah satu studi, wanita yang makan atau bahkan hanya mencium bau cokelat murni dilaporkan kurang merasa lapar. Makan cokelat juga bisa menurunkan level ghrelin, hormon lapar, yang bisa menaikkan selera makan. Tapi jangan gunakan hal ini sebagai alasan Anda untuk pergi ke pasar dan memborong cokelat murni. Sebatang cokelat seberat satu ons mengandung 170 kalori dan 12 gram lemak, makan sepotong cokelat setiap saat Anda merasa ingin makan bisa menambah ratusan kalori ekstra, kata Zuckerbrot mengingatkan.

Makan Cabe Merah
Menambah rasa pedas pada makanan harian Anda dengan menambahkan cabe merah bisa membantu Anda mengurangi nafsu makan, tapi ini bukanlah panacea, kata Glassman. Riset menunjukkan bahwa cabe bisa mengurangi nafsu makan karena jika Anda teringat rasa pedasnya hal itu bisa membuat Anda urung makan. Namun jika makanan pedas dalah santapan Anda sehari-hari dan Anda telah menjadi imun terhadap rasa pedasnya yang membakar, maka hal itu tidak akan banyak membantu. Rasa pedas seperti terbakar itulah yang membuatnya efektif, jadi lupakan minum pil cabe karena hal itu tidak akan membantu. Bagaimana dengan klaim yang mengatakan bahwa menambahkan bumbu cabe rawit pada makanan Anda bisa menghancurkan lemak secara ajaib? Jangan percaya begitu saja, kata Glassman. Ingredient aktif yang terdapat pada cabe, capsaicin, memang bisa sedikit meningkatkan metabolisme, tapi hanya sebatas hingga 20 kalori ekstra sehari.

Drinks That Reduce Appetite: This Type of Coffee Makes You Fullest >
 
Penuhkan Piring Anda
Rahasia merasa kenyang dengan makanan yang sedikit: mengecoh otak Anda ke dalam pikiran bahwa Anda telah makan banyak. Menurut Barbara Rolls, Ph.D., salah satu ahli terkemuka bidang rasa kenyang (satiety) dan penulis buku "The Ultimate Volumetrics Diet: Smart, Simple, Science-Based Strategies for Losing Weight and Keeping It Off," ukuran ikut menentukan. Daripada mengurangi porsi makanan Anda, makanlah makanan yang menyita banyak tempat di piring Anda namun mempunyai kalori yang lebih rendah per gigitan (bite). Makanan-makanan tersebut adalah makanan-makanan dengan kandungan air yang tinggi, seperti sup kaldu, selada (salads), buah-buahan dan sayur-sayuran. Makananlah makanan ini terlebih dahulu, sebelum Anda makan makanan utama, kata Rolls. Karena makanan-makanan tersebut membutuhkan waktu lama untuk kita memakannya dan menyita banyak ruang di dalam perut Anda, maka otak Anda akan mengingatkan Anda bahwa Anda sudah kenyang sebelum Anda memakan banyak kalori. Kedengarannya mudah? Penelitian Rolls menunjukkan bahwa orang-orang yang mengikuti prinsip-prinsip ini berakhir dengan memakan 800 kalori lebih rendah per hari tanpa harus kehilangan kalori tersebut.

Banyak-banyak Makan Kacang Cemara (Pine Nuts)
Turunkan nafsu makan Anda dengan menaburkan kacang cemara (pine nuts). Menurut Zuckerbrot, minyak sehat yang terkandung dalam pine-nuts, asam pinolenik mengandung beberapa keuntungan  bagi penurunan berat badan: asam tersebut menstimulasi pelepasan sebuah hormon yang bisa menurunkan nafsu makan dan memperlambat kecepatan makanan meninggalkan perut Anda, sehingga menjaga Anda tetap kenyang lebih lama. Salah satu studi menemukan bahwa minyak pine nuts bisa mengurangi rasa lapar sebanyak 36 persen selama periode empat jam. Pine nuts kaya akan lemak dan kalori, sehingga jangan makan lebih dari segenggam sehari. (By YouBeauty.com | Healthy Living – Thu, Feb 28, 2013 8:10 AM EST)

- by Jill Provost

More From YouBeauty:
5 Common Supplements That Can Harm Health. Warning: You're Probably Taking One >
Try the Facial Oil Trend: Our 5 Favorites for Only $10 >
Get Rid of Your Muffin Top: 3 Steps to a Flatter Belly >
http://shine.yahoo.com/healthy-living/eat-suppress-appetite-131000269.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger