14 Tanda-tanda Anda Akan Terkena Kanker


#15 Jangan Panik

Kebanyakan simptom yang ada dalam daftar di bawah ini adalah keluhan sehari-hari dan penyakit-penyakit yang biasa dialami oleh orang yang tidak menderita kanker. Namun penting kiranya untuk mewaspadai isyarat-isyarat dari tubuh Anda, dan jika Anda sedang mengalami salah satu atau lebih dari simptom di bawah ini secara terus menerus, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter segera. Pendeteksian dini adalah penting dan bisa menyelamatkan nyawa Anda.

#14 Rasa Sakit (Pain
OK, jadi rasa sakit (pain) bisa jadi banyak penyebabnya, orang sering mengalami sakit kepala dan nyeri punggung (back aches) tanpa mengalami penyakit serius. Namun sakit kepala yang terus menerus bisa jadi merupakan tanda-tanda awal kanker otak dan nyeri punggung bisa jadi merupakan tanda-tanda adanya kanker rektum atau kanker ovarium. Jika Anda mulai mengalami sakit (pain) yang berkepanjangan, bicarakanlah hal itu dengan dokter Anda.

#13 Demam

Demam yang membandel boleh jadi merupakan tanda-tanda awal adanya beberapa kanker darah seperti lymphoma dan leukemia. Jika Anda mengalami demam yang membandel, Anda harus mengunjungi dokter, bahkan meski itu bukan pertanda kanker, namun tetap merupakan tanda-tanda yang harus Anda waspadai.

#12 Kelelahan (Fatigue)

Kelelahan (fatigues) yang konstan yang tidak kunjung membaik meski Anda telah beristirahat boleh jadi merupakan tanda-tanda kanker. Ini menarik karena banyak orang merasa fatigue karena berbagai alasan yang berbeda-beda. Namun jika Anda secara tiba-tiba merasa kelelahan setiap saat maka Anda harus segera mengunjungi dokter untuk memeriksakan diri.

#11 Kehilangan Berat Badan yang Tidak Diketahui Sebabnya

Kehilangan berat badan adalah baik, bukan? Well, tidak selalu. Jika Anda kehilangan berat badan karena Anda sedang menjalani diet atau latihan, itu bagus. Namun jika Anda mengalami penurunan berat badan tapi Anda tidak mengubah kebiasaan Anda, maka ini adalah penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya dan bisa dihubung-hubungkan dengan beberapa penyakit kanker termasuk kanker pada pankreas dan perut.

#10 Batuk yang Mengganggu

Jika Anda perhatikan Anda mengalami batuk atau suara parau (hoarseness) yang tidak kunjung sembuh, itu boleh jadi merupakan tanda-tanda adanya kanker paru-paru atau larynx. Namun lebih besar kemungkinan Anda sedang mengalami alergi musiman, namun Anda harus memeriksakan diri ke dokter kalau-kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan.

#9 Masalah Pencernaan atau Kesulitan Makan

Jika Anda mengalami kesulitan makan, menelan, atau mencerna makanan, maka boleh jadi Anda mengalami kanker esofagus, atau perut. Namun jangan terlalu khawatir tentang hal ini, kebanyakan orang yang mengalami masalah pencernaan tidak menderita kanker.

#8 Benjolan di Tubuh

Jika Anda menemukan adanya benjolan di kulit Anda, itu boleh jadi merupakan tanda-tanda kanker. Waspadalah khususnya pada benjolan yang terdapat di dada, atau di dekat kelenjar getah bening. Namun jangan takut jika Anda menemukan adanya benjolan di lengan, tungkai, atau bagian-bagian lain dari tubuh Anda, itu boleh jadi merupakan kista sebum (sebaceous cysts) yang tidak berbahaya.

#7 Pendarahan yang Tak Biasa

Jika Anda mulai mengalami pendarahan yang tak biasa, itu boleh jadi merupakan tanda-tanda kanker. Batuk berdarah bisa jadi merupakan tanda kanker paru-paru, berak berdarah bisa jadi merupakan tanda-tanda kanker usus besar atau rektum, kencing berdarah bisa jadi merupakan tanda-tanda kanker kandung kemih, pendarahan pada vagina yang terus menerus bisa jadi merupakan tanda-tanda kanker serviks, dan darah yang keluar dari puting susu bisa jadi merupakan tanda-tanda kanker payudara.

#6 Perubahan pada Fungsi Kandung Kemih

Jika Anda perhatikan ada rasa sakit ketika Anda sedang buang air kecil, ada darah dalam air seni Anda, atau ada perubahan-perubahan lain, seperti rasa ingin kencing lebih sering dari biasanya, maka boleh jadi ini merupakan tanda-tanda adanya kanker kandung kemih atau prostat. Diskusikanlah perubahan-perubahan seperi ini dengan dokter Anda.

#5 Perubahan pada Fungsi Perut

Jika Anda perhatikan ada perubahan berjangka lama pada fungsi perut Anda, seperti diare yang membandel atau konstipasi, itu boleh jadi merupakan sebuah gejala kanker usus besar (colon). Memeriksakannya dengan colonoscopy bisa menyelamatkan Anda.

#4 Luka yang Tak Kunjung Sembuh

Jika Anda mengalami luka (sore) atau borok (sores) yang tak kunjung hilang, Anda harus memeriksakannya ke dokter segera. Luka di dalam mulut bisa jadi merupakan tanda-tanda kanker mulut, dan borok pada kulit bisa jadi merupakan tanda-tanda kanker kulit.

#3 Perubahan pada Kulit

Jika Anda perhatikan ada perubahan pada kutil (wart) atau tahi lalat (mole) di tubuh Anda, atau perubahan-perubahan lain pada kulit Anda, ini bisa jadi merupakan tanda-tanda melanoma, atau dikenal sebagai kanker kulit. Kunjungi dokter atau dermatologis segera, melanoma bisa diobati dengan mudah jika terdeteksi sejak awal.

#2 Bercak Putih di Dalam Mulut

Para perokok dan pemakai tembakau sudah seharusnya waspada terhadap yang satu ini: borok di dalam mulut atau pada lidah yang tak kunjung sembuh bisa jadi merupakan pertanda leukoplakia, yang bisa menyebabkan kanker mulut. Bawa masalah ini ke dokter jika Anda menemukannya.

#1 Perubahan-perubahan Besar Lainnya

Jika Anda perhatikan ada perubahan-perubahan besar dalam hal cara tubuh Anda berfungsi atau merasa, maka Anda harus segera mengunjungi dokter, terutama jika perubahan-prubahan tersebut menjadi lebih buruk. Boleh jadi itu bukan kanker, namun perubahan besar apapun yang terjadi di dalam tubuh Anda layak Anda perhatikan.


http://likes.com/misc/signs-that-you-have-cancer?utm_term=26203603&utm_campaign=ml&pid=105843&utm_source=mylikes&utm_medium=cpc&v=eyJjbGlja19pZCI6IDE5MzM3Nzc0NDcsICJwb3N0X2lkIjogMjYyMDM2MDN9&page=1

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger