Tiga Hal yang Harus Anda Hindari Sebelum Tidur

Source: iStock
Pernahkah Anda mengalami kesulitan tidur di malam hari? Anda mungkin secara tidak Anda sadari telah melakukan aktifitas yang membuat tidur yang nyenyak semakin sulit. Higiene tidur yang baik adalah penting. Adalah penting untuk mempraktikan kebiasaan yang baik sehingga Anda bisa mendapatkan tidur berkualitas yang Anda butuhkan dan bangun di pagi hari dalam keadaan segar dan siap menjalankan tugas. Jika Anda tidak mendapatkan tidur sekurangnya tujuh hingga sembilan jam setiap malam, berarti Anda menyiapkan diri untuk melakukan kesalahan-kesalahan di tempat kerja Anda, membuat pikiran jadi kusut, dan bisa-bisa mengalami kecelakaan yang berakibat fatal.

 “Setiap tahunnya kerugian yang timbul akibat gangguan tidur, kurang tidur dan kantuk, menurut Komisi Nasional Riset Gangguan Tidur AS, diperkirakan mencapai $15,9 juta berbentuk biaya langsung (direct cost) dan $50 hingga $100 miliar setahun dalam bentuk biaya tak langsung (indirect costs). dan menurut Badan Keselamatan Jalan Raya AS, mengantuk ketika menyetir telah mengakibatkan sekurangnya 100.000 kecelakaan mobil, 71.000 cedera dan 1.550 kematian setiap tahunnya di AS,” menurut catatan American Psychological Association.

Di bawah ini adalah tiga perbutan yang harus dihindari sebelum Anda berangkat ke tempat tidur.

1. Membawa gadget ke tempat tidur
Jangan Membawa smartphone, iPad, atau gadget lainnya ke tempat tidur. Anda akan sulit tertidur dan akan tetap terjaga jika Anda melakukan ini. Laporan trend konsumen dari Bank of America baru-baru ini menemukan bahwa 71% dari responden yang disurvei membawa smartphone ke tempat tidur mereka, dan 23% tertidur dengan gadget masih di dalam genggaman mereka. Tidur adalah saat untuk membebaskan diri dari berbagai ketergantungan dan memberi manfaat bagi tempat tidur Anda.

“Di malam hari, matikan benda-benda elektronik sekurangnya satu jam sebelum tidur untuk menghindari stimulasi mental maupun fisik dari benda-benda ini,” kata Dr. Natalie Dautovich, sarjana lingkungan dari National Sleep Foundation, pada The Cheat Sheet

2. Minum minuman mengandung kafein
Meski dorongan dari kafein bisa membantu Anda meningkatkan semangat sehingga Anda bisa memenuhi deadline tugas Anda atau bisa tetap terjaga untuk menjaga bayi Anda di malam hari, tapi dia bisa merusak tidur Anda. Keculai jika Anda memang ingin tetap terjaga, memandangi langit-langit kamar tidur sepanjang malam, Anda harus menghindari minum kopi.

“Karena kafein merupakan stimulan, kebanyakan orang meminumnya setelah bangun di pagi hari atau supaya mereka tetap siap-siaga (alert) di sepanjang hari. Meski penting dicacat bahwa kafein tidak bisa menggantikan tidur, tetapi dia bisa membuat kita merasa lebih alert untuk sementara dengan cara memblok zat-zat kimia penyebab tidur di dalam otak dan dengan meningkatkan produksi adrenalin… Kafein memasuki aliran darah melalui perut dan usus kecil dan bisa menimbulkan efek stimulasi hanya15 menit setelah meminumnya. Begitu kafein masuk ke dalam tubuh, dia akan bertahan di sana selama beberapa jam: Diperlukan waktu sekitar 6 jam untuk separuh dari kafein tersebut hilang dari tubuh,” menurut catatan National Sleep Foundation.

3. Berolahraga 
Jika tubuh Anda sensitif terhadap naiknya adrenalin dari berolahraga, maka Anda tidak perlu melakukan olahraga berat (full workout) sebelum naik ke tempat tidur. Olahraga berat bisa membuat seseorang mengalami kesulitan tidur. Sebelumnya diperkirakan bahwa semua orang harus menghindari berolahraga menjelang tidur, namun penelitian terbaru menunjukkan bahwa hal ini tidak berlaku bagi semua orang. Akan tetapi, jika Anda merupakan kelompok orang yang menderita efek dari olahraga sebelum tidur, maka Anda harus menghentikan kebiasaan itu dan melakukan olahraga di pagi hari. Jika Anda lebih suka berolahraga di malam hari, sebaiknya lakukan itu beberapa jam sebelum tidur. Hal ini akan memungkinkan tubuh Anda mempunyai cukup waktu untuk mendingin.

“Dr. Stuart Quan, seorang guru besar pengobatan tidur di Sekolah Kesehatan Harvard, telah menginvestigasi masalah ini. Dalam sebuah laporan CNN baru-baru ini, dia menjelaskan bahwa terdapat bukti anekdotal bahwa sebagian orang mengalami kesulitan tidur setelah melakukan olahraga berat di tengah malam, dan hal itu dikarenakan adrenalin yang meningkat, aktifitas otak yang meningkat, dan kesulitan “mendinginkan tubuh.” Mereka yang tergolong kelompok ini  harus menghindari berolahraga sebelum tidur. Dr Quan merekemondasikan bahwa jika Anda termasuk kelompok ini, maka Anda harus menunda tidur selama beberapa jam setelah berolahraga untuk menurunkan temperatur tubuh Anda hingga mencapai kedinginan 98,6, mengembalikan detak jantung ke keadaan normalnya, dan untuk menurunkan level adrenalin Anda,” kata ahli fitness Ben Greenfield. (By Sheiresa Ngo)

More from Health & Fitness Cheat Sheet:
http://www.cheatsheet.com/health-fitness/3-things-you-should-never-do-before-bed.html/?a=viewall

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger