Tujuh Kebiasaan Sehat yang Bisa Kurangi Resiko gagal Jantung


(Reuters Health)-Orang dewasa yang mendapat nilai bagus dalam checklist Life’s Simple 7 dari American Heart Association’s (AHA) ternyata lebih kecil kemungkinannya dibandingkan dengan yang lain akan mengalami serangan jantung, menurut sebuah penelitian terbaru.

Kalkulator dan checklist Life’s Simple 7 milik AHA (tersedia di http://bit.ly/1QIE5cO) dikembangkan untuk mendidik masyarakat tentang kebiasaan hidup yang bisa memperbaiki kesehatan jantung dan mengurangi resiko serangan jantung dan stroke. Hasil terbaru di atas menunjukkan bahwa checklist Life’s Simple 7 dan kalkulator tersebut juga bisa mengurangi resiko gagal jantung, sebuah kondisi jangka panjang di mana jantung gagal memompa darah dalam jumlah yang cukup ke seluruh tubuh.  

Life’s Simple 7 mencakup menangani tekanan darah dan kolesterol, mengurangi gula darah, menjadi aktif secara fisik, makan makanan sehat, mengurangi berat badan dan tidak merokok. Tingkat kepatuhan dalam menjalankan 7 strategi ini dihitung untuk mendapatkan skor secara keseluruhan dari 1 hingga 10.

“Informasi yang kita dapat terdahulu adalah lebih terutama untuk penyakit jantung koroner … tidak terdapat cukup informasi bagi penyakit gagal jantung,” kata Dr. Aaron R. Folsom dari Universitas Minnesota, yang tidak terlibat dalam penelitian terbaru ini.

Tim peneliti tersebut, yang dipimpin oleh Vanessa Xanthakis dari Universitas Boston, meneliti 3.201 partisipan dalam Framingham Offspring Study, yang berusia 59 tahun, selama masa 12 tahun. Selama masa itu, 128 orang mengalami gagal jantung.

Untuk setiap poin peningkatan dalam kesehatan kardiovaskuler di kalkulator, resiko terkena gagal jantung turun sekitar 23 persen, menurut laporan para penulis penelitian di dalam jurnal Circulation: Heart Failure.

AHA mengatakan kiranya tidaklah cukup hanya menangani faktor-faktor resiko dan merencanakan penanganan faktor-faktor tersebut setelah seseorang terkena gagal jantung, tetapi sebaliknya, yang terpenting adalah mencegah faktor-faktor resiko tersebut sejak awal, kata Folsom pada Reuters Health melalui telepon.

Meski 7 strategi di atas sudah banyak dikenal, namun hampir tidak ada orang yang bisa mematuhi menangani semua tujuh faktor tersebut, khususnya diet, katanya.

 “Asupan garam kita sangat-sangat tinggi,” katanya.

Ada lebih dari tiga juta kasus gagal jantung di AS setiap tahunnya.

Sekali Anda mengalami gagal jantung, maka hidup Anda tidak akan terlepas dari masalah tersebut, dan hingga akhir-akhir ini hanya ada sedikit cara pengobatan jantung yang tersedia, kata Folsom.

Mendidik orang tentang penyakti jantung sejauh ini hanya bisa sampai pada mengajak mereka menerapkan pola hidup sehat—mengubah kebijakan adalah lebih efektif, katanya.

Menciptakan lingkungan di mana aktifitas fisik mudah dilakukan dan mengontrol kandungan yang terdapat dalam produk makanan yang kita makan bisa membuat kita lebih mudah dalam menentukan pilihan cara hidup sehat, kata Dr. Veronique Roger dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota.

“Menjalani pola hidup sehat adalah sebuah isu yang berkembang hingga jauh ke luar batas dunia perawatan kesehatan,” katanya pada Reuters Health melalui tekepon.

“Sebagian dari 7 tingkah laku ini benar-benar menghendaki pendekatan kemasyarakatan dan kebijakan,” kata Roger. “Kita tidak bisa hanya tergantung pada dokter dan perawat dalam hal menjalankan ini.”

Dalam Framingham Offspring Study tersebut, kualitas datanya benar-benar masih asli, tapi sampelnya hanya mencakup orang-orang kulit putih dari keturunan Eropa, sehingga penelitian-penelitian lain harus mengamati hubungan tersebut pada populasi yang lain, kata Roger.

“Gagal jantung terus bertambah dan serangan jantung semakin berkurang,” kata Folsom. Tapi “ hal itu hingga batasan tertentu bisa dicegah.

SOURCE: http://bit.ly/1sjrd1m Circulation: Heart Failure, online December 22, 2015. (By Kathryn Doyle)

http://news.yahoo.com/seven-healthy-habits-may-reduce-heart-failure-risk-211652463.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger