Enam Benda Sejarah Misterius yang Tak Terpecahkan

Six mysterious historical objects that remain unexplained
Sejarah kemanusiaan membentang sepanjang beberapa milenium, dan para ahli sejarah tidak pernah akan tahu semua rahasia-rahasia kemanusiaan. Artefak-artfak yang ditemukan selama ekskavasi arkeologis kadang-kadang menimbulkan pertanyaan-pertanyaan yang membuat bingung bahkan para ahli yang paling ahli sekalipun. Tapi justru inilah yang membuat pencarian akan kebenaran itu menjadi lebih penting.

BrightSide.me telah mengompilasi beberapa objek-objek bersejarah yang paling menakjubkan yang ditemukan dalam kurun waktu bertahun-tahun, yang masih belum bisa dijelaskan oleh ahli sejarah dan arkeolog.
Bola-bola batu raksasa di Kosta Rika 

Formasi batu-batu misterius ini menarik tidak saja karena bentuknya yang bulat sempurna, tetapi juga karena asal-usul dan kegunaannya yang tidak diketahui.
 
Batu-batu ini ditemukan pada tahun 1930-an oleh para pekerja yang sedang membersihkan hutan dari perkebunan pisang. Legenda setempat mengatakan bahwa bola-bola misterius ini menyimpan emas, tetapi ketika mereka meledakkan beberapa batu tersebut dengan dinamit, tidak ditemukan apa-apa di dalamnya.
 
Tidak ada yang tahu siapa yang membuat bola-bola batu tersebut atau mengapa mereka membuatnya. Mungkin saja batu-batu tersebut melambangkan benda-benda langit dipandang dari sudut budaya kuno, atau digunakan sebagai penanda wilayah atau suku yang berbeda.

Baterai Baghdad

Tampaknya suku bangsa Mesopotamia telah memberi kita pendahuluan tentang bagaimana cara membuat listrik jauh sebelum listrik itu ditemukan. Pada tahun 1930-an, sebuah artefak misterius ditemukan selama penggalian arkeologis di tempat yang tidak jauh dari Bagdad. Apa yang disebut Baterai Bagdad ini adalah sebuah botol sepanjang 13 sentimeter, dengan sebuah besi berkarat menjulur dari mulutnya. Sebuah tabung tembaga ditemukan berada di dalam botol ini … dan di dalam tabung ini terdapat batangan besi lainnya.
Setelah mengamati konstruksi benda tersebut, para ahli berkesimpulan bahwa benda tersebut adalah sebuah baterai kuno, yang mampu memproduksi arus listrik sebesar 1 volt.

Menurut salah satu teori, baterai seperti ini boleh jadi telah digunakan pada waktu itu untuk proses melapisi emas. Namun para ahli masih belum mengetahui mengapa kemajuan terknologi ini kemudian dilupakan, dan kenapa tidak ada produk serupa ditemukan di wilayah-wilayah sekitarnya.

Manuskrip Voynich

Manuskrip Vonich mungkin meupakan buku yang paling misterius di dunia. Penulisnya tidak diketahui, manuskrip ini ditulis dalam bahasa yang tak bisa dibaca, dan halaman-halamannya penuh dengan simbol-simbol yang tak bisa dipahami dan gambar-gambar yang aneh.

Yang membuat manuskrip ini tak umum adalah kenyataan bahwa manuskrip ini ditulis menggunakan alfabet yang benar-benar unik yang tidak ada sedikitpun kesamaan dengan sistem penulisan yang dikenal. Skrip yang tak terpecahkan ini membingungkan para kriptografer sepanjang abad ke-20 dan hingga kini masih belum bisa diterjemahkan.
 

Figurine emas bangsa Inca

Figurine emas tentang hewan misterius yang ditemukan di Amerika Selatan ini langsung mengingatkan kita akan salah satu mesin terbang, yang sulit dipercaya. Apa tepatnya yang menjadi insirasi bagi figurine ini masih belum diketahui.

Pada tahun 1996, konstruktor model pesawat terbang Jerman Algund Eeboom dan Peter Belting muncul untuk mengonfirmasi hipotesis bahwa figurine tersebut merupakan sebuah mesin terbang. Mereka kemudian membuat replika yang persis sama tapi ukurannya lebih besar dengan faktor 16 dan dilengkapi dengan mesin-mesin dan sistem radio kontrol.
Kedua model tersebut tidak hanya mampu terbang, tetapi juga berhasil melakukan manuver bahkan dengan mesin dimatikan.

Disk genetik

Artefak yang menakjubkan ini tampaknya menggambarkan objek-objek dan proses-proses yang para ilmuwan modern hanya mampu amati dengan mikroskop. Yang terutama, yang mengagumkan seperti yang diduga, “disk genetik’ ini tampaknya menunjukkan konsepsi dan perkembangan embrio manusia. Di samping itu, imej-imej yang ada menunjukkan sebuah versi kepala manusia yang benar-benar ganjil.

Disk ini terbuat dari material yang sangat-sangat kuat yang tidak seorangpun bisa mengetahui bagaimana cara membuatnya, dan yang secara teoritis adalah tidak mungkin sebuah kebudayaan kuno bisa memanfaatkannya.

Mesin Antikythera

Mesin Antikythera adalah salah satu mekanisme komputasi yang tertua, mungkin merupakan komputer analog pertama sepanjang sejarah, yang mempunyai desain yang sangat kompleks.

Setelah melakukan riset selama puluhan tahun, para ahli sejarah memutuskan bahwa mesin ini dibuat untuk menunjukkan posisi Matahari dan Bulan dan gerakan planet-planet di penjuru langit, dan juga untuk memprediksi gerhana matahari dan gerhana bulan dan bahkan peristiwa-peristiwa kunci Bumi lainnya, seperti Olimpiade Kuno.

Akan tetapi, masih ada kontoversi atas isue apakah peradaban kuno mampu membuat alat yang sedemikian rumit pada periode sebelum mekanisme Antikythera ditemukan. Sebagian ahli berpendapat bahwa desain benda ini—sekumpulan alat-alat dari perunggu—mempunyai pengaruh terhadap alat-alat serupa pada milenium berikutnya.
http://brightside.me/article/six-mysterious-historical-objects-which-remain-unexplained-3055/

comment 1 comments:

Guntur Subing on April 20, 2016 at 4:11 AM said...

Dari luar semua penemuannya ya bang, dari indonesia sebenernya banyak juga bang yang belum terpecahkan, tapi mungkin kurang publikasi

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger