'Tips' Menghemat Baterai Ekektronik

yahoo.comMerawat baterai elektronik Anda dengan baik bisa menghemat pengeluaran. Keuntungan finansial dari baterai yang tahan lama tampak jelas, yaitu Anda tidak akan membuat sebuah gadget yang sebenarnya bagus menjadi usang sebelum waktunya atau mengeluarkan uang lagi untuk mengganti baterai.
Di samping itu, menghemat baterai juga bagus untuk bumi kita yang saat ini sedang dipusingkan oleh masalah meningkatnya limbah elektronik.

Para ahli mengatakan ada banyak hal mudah yang bisa Anda lakukan untuk memperpanjang usia baterai Anda. Sekaligus membuang mitos-mitos tentang baterai yang selama ini kita percayai.

Di bawah ini adalah beberapa nasihat umum dari Dell, Nokia, dan Apple yang bisa juga diterapkan pada merk-merk lain.
  • Hindari panas tinggi. Inilah satu hal paling penting yang bisa Anda lalukan untuk melindungi baterai Anda. Sebagai contoh, jangan tinggalkan laptop Anda di dalam mobil pada hari yang sangat panas, kata seorang juru bicara Dell. Jika Anda harus meninggalkan barang elektronik Anda di dalam mobil, jangan tempatkan barang tersebut di dashboard. Juga jangan taruh di dalam bagasi atau di glove compartment—tempat yang paling nyaman mungkin di bawah tempat duduk. Apple menyarankan agar Anda membuka kesing iPod atau iPohone Anda jika benda tersebut terasa panas apabila di-charge.
  • Ambil tindakan ketika cuaca dingin. Bawa baterai Anda ke tempat yang memiliki temperatur ruangan sebelum dinyalakan, jika sebelumnya telah terekspos pada cuaca yang sangat dingin, begitu saran seorang juru bicara Dell.
  • Anda tidak perlu mengosongkan baterai Anda secara periodik untuk membuatnya tahan lama. Hal inii hanya berlaku untuk baterai-baterai lama, tetapi tidak untuk model baterai lithium-based seperti yang ada sekarang ini. Dalam beberapa sistem, hal itu hanya akan berguna jika baterai tersebut benar-benar melaporkan berapa banyak sisa energi yang dia punya secara akurat, kata seorang juru bicara Dell. Apple menyarankan agar Anda melakukan sekurang-kurangnya satu kali charge per bulannya untuk laptop, iPhone, dan iPods. (Sekarang tidak perlu lagi men-charge baterai Anda dalam waktu yang ektra lama, untuk pertama kalinya, kata Petri Vuori dari Nokia.)
  • Cabut charger dari HP Anda jika baterainya sudah penuh. Hal ini akan menghemat energi dan melindungi baterai, menurut Vouri. Jangan lupa pula mencabut charger dari dinding. Tidak ada perbedaan antara charger dinding dengan charger mobil, menurut Vouri. Satu-satunya masalah yang bisa timbul dengan charger mobil adalah jika Anda meninggalkan HP Anda di dalam mobil pada hari yang panas (seperti yang disinggung di atas).
  • Biarkan baterai Anda di dalam laptop. Beberapa websites menyarankan agar Anda mengeluarkan baterai dari dalam laptop ketika Anda menggunakan laptop tersebut sebagai desktop sehingga baterai Anda tidak cepat usang. Ini sebenarnya bukan ide yang bagus, menurut seorang juru bicara Dell, karena baterai Anda cenderung lebih cepat rusak jika Anda mengeluarkannya dari dalam laptop. Lagipula, katanya, hal itu tidak perlu dilakukan karena mikroprosesor yang ada di dalam baterai berfungsi mengolah chargesecara otomatis. Sehingga baterai akan berhenti men-charge dengan sendirinya ketika sudah penuh.
Anda ingin tahu cara memperpanjang daya tahan baterai dari charge ke charge? Ubah setting Anda, matikan segala fungsi yang tidak Anda gunakan, matikan HP Anda jika Anda berada di tempat yang tak bersinyal atau sinyal rendah, update software Anda, dan ikuti tips khusus dariDellNokia, dan Apple.
(Lori Bongiorno/ Yahoo! Green)



comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger