6 Trik Jika HP Anda Kemasukan Air ....

Apakah HP Anda baru saja tercebur ke air? Atau mungkin Anda ingin tahu apa saja yang perlu dilakukan bila itu terjadi! Minggu ini dalam Upgrade Your Life, Becky Worley dari Yahoo! News menunjukkan pada kita cara-cara menyelamatkan HP smartphone yang kemasukan air.

 

Sebagai uji coba, Becky mengambil sebuah HP BlackBerry, sebuah HP Droid, dan sebuah iPhone, dan menceburkan ketiga HP tersebut ke dalam air dengan suhu ruangan selama 60 detik. Kemudian dia melakukan tindakan-tindakan seperti di bawah ini:

Langkah 1: Jangan hidupkan HP tersebut

Mengapa air dan HP smartphone tidak menyatu? Karena air menyebabkan kortsleting dalam sirkuit listrik di HP tersebut. Jadi apapun yang Anda lakukan, jangan pernah menghidupkan HP yang baru saja kemasukan air untuk mengetes apakah HP tersebut masih hidup.

Langkah 2: keluarkan baterai dan SIM card-nya

Anda perlu mengeluarkan segala sesuatu yang bisa dikeluarkan: Keluarkan baterainya, SIM card, dan memori card-nya, jika ada. Selama baterainya masih ada di dalam HP, baterai tersebut menyediakan daya bagi HP, dan daya tersebut  harus segera dihentikan. Sebagian HP, seperti iPhone, tidak memiliki baterai yang bisa dicopot. Tidak ada jalan lain, Anda hanya bisa berharap semoga tidak terjadi apa-apa bila iPhone Anda tercebur air.

langkah 3: Bilas dengan air tawar

Apakah Anda menjatuhkan HP Anda ke air laut? Garam pada air laut bisa menimbulkan karat pada HP Anda. Jadi setelah Anda mengeluarkan SIM card dan baterainya, bilas HP Anda ke air tawar untuk menghilangkan garamnya.

Langkah  4: Keringkan dengan menggunakan alat kompres udara

Jika ada alat kompres udara (compressed air can) atau blower di dekat Anda—seperti yang sering digunakan untuk membersihkan komputer atau keyboards—jalankan dengan kecepatan penuh untuk membersihkan HP Anda, tapi buka terlebih dahulu penutup bagian belakangnya, jika Anda bisa. Sebuah vacuum cleaner juga bisa dipakai, meski alat ini menarik udara dengan arah yang berlawanan. Namun selama alat tersebut bisa meniupkan udara dingin ke dalam sirkuti HP Anda untuk mengeringkannya, maka akan baik digunakan.

Jangan taruh HP Anda di dalam oven, meskipun dengan temperatur yang rendah. Panas dari oven bisa merusak sirkuit pada HP Anda, dan membuat komponen-komponen internalnya meleleh. Anda juga tidak boleh menggunakan alat pengering tiup (blow dryer), kecuali jika alat tersebut mempunyai setelan nirpanas (heatless). Kipas angina bis dipakai, tapi microwave tentu tidak bisa.

Langkah  5: Kubur HP tersebut di dalam beras

Dasar dari eksperimen ini adalah untuk mengetes apakah menguburkan HP yang basah ke dalam beras yang ditutup rapat bisa membuat HP menjadi kering, dan bisa dihidupkan kembali. Ide menggunakan beras ini adalah karena butiran beras yang kering bisa menyerap lengas (moisture). Jadi ambillah wadah plastik yang bisa ditutup, dan isi dengan beras secukupnya untuk menutupi HP smartphone Anda tersebut.(Plastik yang ada ritsleting-nya juga bisa dipakai, jika keadaan darurat.) kemudian kubur HP Anda di dalam beras tersebut, bersama-sama dengan baterainya dan bagian-bagiannya yang lain. Tunggu selama 24 jam—tapi Becky membiarkannya selama 48 jam, dalam percobaannya.

Apakah yang lebih baik daripada beras? Silica gel, benda yang sering terdapat di dalam kotak pakaian baru atau sepatu untuk membuatnya tetap kering. Tapi kebanyakan dari kita tidak mempunyai kotak sepatu yang penuh dengan silica gel di rumah kita, jadi beras bisa digunakan sebagai gantinya. Boleh jadi HP Anda akan kemasukan beras di sela-selanya, tapi apa boleh buat, ini adalah keadaan yang gawat darurat, dan Anda tidak punya banyak waktu.

Apakah Anda harus menggunakan beras putih atau beras coklat? Tidak jadi soal, selama beras tersebut dalam keadaan keras, kering, dan belum dimasak. Anda juga bisa menggunakan beras dari makanan kotak seperti Rice-a-Roni. Tapi jangan tambahkan bumbunya, kecuali jika Anda menginginkan bau sayur-sayuran timbul dari HP Anda,

 
Step 6: Hidupkan HP 
Setelah menunggu selama 2 jam, tibalah saat yang ditunggu-tunggu. Pasang kembai HP Anda, charge dan coba hidupkan.

Hasil dari percobaan kami ternyata tidak menggembirakan: HP BlackBerry-nya berhasil dihidupkan kembali, dengan tanpa tanda-tanda kerusakan jangka panjang. Tapi iPhone dan Droid-nya gagal. Setelah direndam dalam beras selama dua hari dan baterainya di-charge penuh, kedua HP tersebut tetap tidak bisa dihidupkan.

Satu dari tiga boleh jadi tidak menggembirakan. Tapi karena kerusakan akibat tercelup air kebanyakan tidak ditanggung asuransi, tidak ada salahnya dicoba.  (By Jared Spurbeck  Wed Jun 1, 12:01 pm ET)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger