7 Trik Latihan yang Bisa Menurunkan Lemak dengan Lebih Cepat

Lelah berlatih di gym tapi berat badan tak kunjung turun? Kami menemukan trik-trik sederhana yang bisa mengubah resimen latihan yang biasa menjadi latihan pengentasan lemak yang optimal. Apakah Anda hanya menggunakan dua dari tujuh trik di bawah ini ataukah seluruhnya, tip-tip dari orang dalam di bawah ini  akan membantu Anda membakar kalori yang Anda impikan.

1.  Ketahuilah: “Anda akan mampu melakukan latihan dengan lebih nyaman dan lebih keras jika tubuh Anda dalam keadaan dingin,” kata Len Kravitz, Ph.D, koordinator ilmu olahraga (exercise science) di Universitas New Mexico. “Kalau tubuh terlalu panas maka tubuh Anda akan mengalami stress, sehingga Anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan latihan itu sendiri,” Artinya: Akan lebih sedikit lemak yang terbakar.

Lakukan: Ketika berlatih di rumah, letakkan sebuah kipas angina di depan tempat Anda berlatih. Berlatih di gym? Pilihalah treadmill yang ada kipasnya.

Health.com: Fastest fat burners ever

2.  Ketahuilah: “Menggunakan monitor detak jantung akan membuat tubuh Anda membakar lebih banyak kalori dengan lebih mudah karena alat tersebut memperlihatkan seberapa keras Anda melakukan latihan tersebut,” kata Kravitz. “Menjaga detak jantung Anda berada di zona yang benar akan mencegah Anda dari membuang waktu sia-sia, sehingga setiap menit waktu yang Anda gunakan akan membawa hasil maksimal.”

Lakukan ini: Belilah sebuah alat monitor detak jantung dan pakailah setiap kali Anda melakukan latihan. Kami menyukai alat monitor Dual Watch and Heart Rate Monitor keluaran Life Fitness (harga $60; di took-toko CVS di seluruh negeri (AS)). Cara kerjanya sederhana dan mudah digunakan. Alat ini tidak membutuhkan sebuah ban dada (chest strap) yang tak nyaman itu—hanya dengan menyentuh permukaannya dengan ujung jari Anda. Dan tersedia dalam berbagai tipe.

3.  Ketahuilah: “Melakukan pemanasan selama lima menit sebelum melakukan latihan akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih banyak,” kata Heather Dillinger, seorang pelatih fitness pribadi kelas atas di IDEA Health and Fitness Association. “Pemanasan tidak hanya melemaskan otot-otot Anda tapi juga meningkatkan jangkauan gerak dari otot-otot tersebut, sehingga akan membuat Anda menggunakan lebih banyak serat otot ketika Anda berlatih.

Lakukan ini: Pilihlah cara pemanasan yang melibatkan semua otot Anda, bukan hanya otot tungkai. Pilihan yang paling mudah: berjalan lambat selama tiga hingga lima menit sambil menggerakkan lengan Anda ke depan dan ke belakang.

Health.com: 10 ways to walk off fat faster

4.  Ketahuilah: “Menyimpan energi pada bagian awal latihan kardiovaskuler untuk  digunakan sepenuhnya pada bagian akhir latihan akan menggagalkan upaya Anda menurunkan berat badan sebanyak banyaknya,” kata ahli metabolisme Dixie Stanforth, dari jurusan pendidikan kinesiologi dan kesehatan di Universitas Texas, di Austin.

Lakukan ini: Dripada memulai latihan dengan lambat dan menyelesaikannya dengan kuat, lebih baik melakukan latihan kardiovaskuler dengan intensitas yang tinggi sejak awal. Setelah melakukan pemanasan, cobalah melakukan latihan dengan intensitas yang tinggi selama 15 menit kemudian kurangi kecepatan menjadi sedang selama lima belas menit berikutnya.

Health.com: 50 fattiest foods in the states

5.  Ketahuilah: “Dua kali latihan yang sedikit lebih efektif daripada satu kali,” kata Stanforth. Karena setiap kali Anda melakukan latihan dengan intensitas yang tinggi, metabolisme Anda akan terus berpacu selama hingga jam setelah selesai latihan. Membagi latihan menjadi dua kali akan mempercepat metabolisme Anda sebanyak dua kali lipat, sehingga waktu pembakaran kalori Anda menjadi lebih banyak.

Lakukan ini: Bagi latihan Anda menjadi beberapa sesi latihan kecil, namun dengan intensitas yang tinggi—lebih baik, satu kali di pagi hari dan satu kali pula di malam hari.

Health.com: The 7 best fat-blasters

6.  Ketahuilah: Jika Anda yakin bahwa Anda membakar lemak selama melakukan latihan, maka akan tercipta koneksi antara pikiran dan tubuh Anda yang pada akhirnya akan membuat Anda kehilangan lemak lebh cepat, kata Dillinger menjelaskan. Dalam sebuah studi di Harvard pada tahun 2007, para partisipannya yang merasa percaya bahwa mereka mendapatkan latihan yang baik mengalami penurunan lemak lebih banyak di tubuh mereka daripada mereka yang melakukan latihan yang sama namun tidak percaya.

Lakukan ini: Lain kali ketika Anda melakukan sebuah kegiatan, ingatkan diri Anda setiap menit bahwa Anda melakukannya dengan bersungguh-sungguh. Move mental yang sedikit ini boleh jadi akan memotivasi Anda untuk melakukan latihan dengan lebih keras, sehingga lemak yang berkurang akan jauh lebih besar.

Health.com: 5 foods that are more fattening than you think

7.  Ketahuilah: “Semakin sedikit waktu istirahat Anda di antara setiap latihan yang keras, maka semakin banyak kalori yang terbakar,” kata Dillinger. “Dengan menjaga waktu istirahat tetap pendek, maka rata-rata detak jantung Anda akan tetap tinggi, yang secara alamiah akan menambah jumlah kalori yang Anda gunakan.”

Lakukan ini: Aturan terbaiknya adalah, beristrirahat hanya selama 30 detik di antara masing-masing sesi latihan (artinya Anda akan memerlukan sebuah jam dengan jarum penunjuk detik). (By Myatt Murphy)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger