Apa yang Menyebabkan Otak Membeku?

(Photo: Getty Images)
Q; Apa sebenarnya yang menyebabkan otak membeku? Dan pertanyaan yang lebih bagus—bagaimana cara mencegah otak membeku?
A: Ahhh, otak yang mengagumkan itu membeku. Saya sendiri sudah sering mengalaminya, sayangnya. Jeleknya sakit kepala es krim adalah rasa sakitnya—yang bukan kepalang. Sedangkan yang baiknya adalah, sakit kepala es krim bisa hilang dalam sekejab, dalam beberapa detik saja, atau kebanyakan dalam beberapa menit. 
Bagi saya, sakit kepala jenis ini tampaknya datang secara perlahan, dengan rasa sakit mulai pada level 3 dan terus meningkat hampir seketika hingga level 8 atau 9. (Saya pernah ditanya tentang level rasa sakit yang saya rasakan di dalam ruang emergensi sekali atau dua kali.) Tetapi biasanya sakit kepala ini mereda sama cepatnya dengan ketika dia datang, dan saya bersyukur karena itu.
Dan sakit kepala es krim tidak hanya berasal dari es krim—sakit kepala jenis ini bisa datang dari memakan atau meminum makanan atau minuman yang benar-benar aingin. Seperti Slurpees. Faktanya, pada tahun 1994, 7-Eleven bahkan menggunakan istilah Brainfreeze sebagai merk untuk menggambarkan rasa minuman tersebut sebagai sedap dan dingin membeku.
Jadi apa yang pertama-tama menyebabkan timbulnya sakit kepala es krim? Sakit kepala es krim pasti berhubungan dengan reseptor-reseptor syaraf yang berada di langir-langit mulut kita. Ketika Anda menggigit es krim, sebagian dari es tersebut menyentuh bagian atas mulut Anda, atau yang dikenal sebagai hard palate (palatum keras). Hal ini kemudian memicu syaraf-syaraf yang ada di palatum tersebut menjadi dingin—dan ini terjadi dengan cepat. Syaraf-syaraf tersebut kemudian mengirim pesan emergensi kepada otak bahwa akan terjadi dingin di sana, dan untuk mengakomodasi hal ini, pembuluh-pembuluh darah di dalam otak jadi menyempit. Ketika darah yang hangat mengalir kembali melalui pembuluh darah—dengan cepat! Anda mendapatkan sakit kepala yang menyengat yang mirip dengan migraine. Ouch! Tetapi jangan khawatir, sakit kepala jenis ini tidak menunjukkan adanya masalah yang serius.
Jadi apa yang perlu Anda lakukan? Well, jika sakit kepala es krim itu telah timbul, maka kemungkinan dia akan menghilang pula dengan cepat. Untuk mempercepat hilangnya sakit kepala ini, Anda bisa menyentuhkan lidah Anda ke langit-langit mulut Anda dan menahannya, ini akan membuat palatum  Anda menjadi hangat dan meredakan reaksi dari otak. 
Untuk mencegah terjadinya otak membeku sejak awal, cobalah makan makanan dingin dengan lebih lambat daripada biasanya, dan hindarkan es krim tersebut menyentuh langit-langit mulut Anda, jika bisa. Tidak mungkin? Tidak juga: Saya telah mencoba membuktikan hal ini, dan bukan hanya memungkinkan, tapi juga berhasil. (Benar, saya sendiri merasakan otak saya membeku dalam melakukan percobaan untuk menulis artikel ini. Begitulah saya mendedikasikan diri untuk apa yang saya tulis. Sama dedikasinya dengan Matt Damon yang menambah berat badannya sebanyak 40 ponds untuk sebuah peran dalam film.)
Jadi jangan takut. Anda tetap bisa menikmati es krim favorit Anda tanpa menimbulkan sakit kepala yang menyengat. Tapi pastikan Anda memberi saya sedikit. (By Chanie Kirschner, Mother Nature Network)
(Photo: Getty Images)
— Chanie

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger