5 Suplemen Terpenting bagi Tubuh Anda


Saya biasanya meminum segenggam suplemen nutrisi setiap hari. Faktanya, kebanyakan orang terheran-heran menyaksikan resimen suplemen harian saya tersebut.
Saya membawa makanan suplemen tersebut dalam perjalanan—membagi-bagi jatah harian ke dalam kantong plastik dan menyisipkannya ke dalam kopor saya.
Namun baru-baru ini saya meninggalkan AS untuk melaksanakan misi kesehatan di Tibet dan bawaan saya dibatasi hanya 50 pond. Jadi tidak ada tempat bagi suplemen saya.
Jadi saya harus memutuskan …
“Jika saya hanya bisa membawa lima jenis suplemen, apa sajakah itu?”
Saya hanya punya tempat untuk lima suplemen per hari, jadi kelima suplemen tersebut harus yang paling penting.
Jadi inilah dia. Ngomong-ngomong… kelimanya adalah suplemen yang saya anjurkan bagi Anda bila Anda adalah orang yang baru mulai minum suplemen—atau suplemen yang tidak boleh Anda lewatkan ketika Anda ingin menghemat uang. Anyway, inilah dia ….
1. Multi-vitamin kualitas tinggi
Menduduki tempat pertama adalah sebuah multi-vitamin yang berkualitas tinggi. Suplemen ini penting karena multi-vitamin “mengisi tempat kosong” dari asupan makanan Anda (betapa pun baiknya makanan Anda tersebut), jadi Anda tidak perlu khawatir kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menjalani fungsinya dengan optimal.
Pastikan Anda tidak membeli suplemen satu-sehari dari toko langganan Anda seperti yang diiklankan di TV. Suplemen jenis ini hampir tidak ada gunanya karena ingredient-nya berbasis “minimum” berdasarkan Anjuran Batas Harian (Recommended Daily Allowance (RDA)) yang resmi, yang sekarang sudah diubah menjadi Anjuran Asupan Harian (Recommended Daily Intake (RDI)).
RDA dibuat berdasarkan Kebutuhan Harian Minimum Minimum (Daily Requirement (MDR)) yang ditetapkan oleh pemerintah. Ini berarti nutrisi yang terkandung di dalam kebanyakan multi-vitamin yang populer hanya mengandung dosis minimum dari yang diperlukan untuk mencegah penyakit-penyakit akibat kekurangan nutrisi, seperti scurvy (vitamin C), beriberi (vitamin B1), dan lainnya. Ini tentu saja bukan sebagai jaminan kesehatan yang optimal.
Multi-vitamin yang banyak dipakai (yang mainstream) ini terkenal lemah. Sebagai contoh, Consumer Reports baru-baru ini menyimpulkan bahwa Centrum adalah vitamin terburuk bagi orang tua di kelasnya. (Beginilah adalah dampak dari iklan itu!)
Consumer Report juga menemukan bahwa The Vitamin Shoppe’s One Daily tidak bisa larut dalam lingkungan perut yang terstimulasi, di samping mengandung vitamin A yang lebih rendah dari yang ditulis dalam labelnya.
Anda bisa menghindari jebakan ini dengan cara berpegang teguh pada multi-vitamin bioavailable yang berkualitas tinggi yang harganya cukup murah dan sudah diuji laboratorium. Salah satu yang jadi favorit saya adalah Ultimate Daily Support dari Real Advantage, yang diramu oleh Dr. William Campbell Douglass. Ini adalah multi-vitamin yang hebat yang mengandung sejumlah vitamin, mineral, antioksidan, asam amino, dan enzim yang mudah terserap dan menjadi  bioavailable dengan cepat. Ini adalah multi-gizi yang saya konsumsi di Tibet.
Produk terkemuka yang lain adalah Forward Multi-Nutrient, yang diramu oleh Dr. Julian Whitaker, seorang teman dan associate yang sudah saya kenal hampir selama 20 tahun. Julian adalah seorang pionir dalam bidang orthomolecular dan obat-obatan alternatif dan telah melakukan banyak hal untuk melegalisasi cara pengobatan alami. Dia juga merupakan seorang legenda hidup yang merupakan murid dari Dr. Linus Pauling.
2. Supplemen omega-3 yang berkualitas
Minyak ikan adalah suplemen yang paling laris saat ini—dan dengan alasan yang tepat. EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) yang terdapat di dalam minyak ikan omega-3 mempunyai efek positif yang besar terhadap kesehatan manusia.
DHA memperlambat produksi trigliserida yang tak diinginkan di dalam liver Anda, sehingga membuat liver Anda menjadi sangat protektif terhadap penyakit jantung dan diabetes.
Sebagai tambahan, minyak ikan sangat efektif dalam mengurangi inflamasi. Cara kerjanya dengan memicu pelepasan prostaglandins (zat alami yang mengatur imunitas, inflamasi, pembekeuan darah, fungsi otak, dan sejumlah fungsi esensial lainnya).
Tidak ada tempat yang cukup di sini untuk menuliskan semua manfaat penyembuhan dari omega-3. Namun pada pokoknya mencakup: Menyembuhkan dinding pembuluh darah … membuat ketipisan darah (blood thin) (yang bisa meminimalkan pembekuan) mengalir dengan lambat …. Menurunkan tekanan darah … menstabilkan gula darah …. Dan mempercerah mood.
Asosiasi Kesehatan Jantung Amerika merekomendasikan dosis harian DHA dan EPA dari minyak ikan sebanyak 500-1.000 mg untuk mengurangi penyakit jantung—tapi saya pikir ini adalah dosis yang terlalu kecil. Saya lebih suka memilih 6.000 hingga 9.000 iu per hari yang terbagi dalam tiga dosis yang setara—dan saya merasa ini sangat membantu dalam mengatasi penyakit atritis yang saya derita.
Hanya ada satu masalah. Besarnya permintaan akan minyak ikan telah menyebabkan kehidupan laut terancam. Pemancingan ikan yang berlebihan temah menyusutkan persediaan ikan di laut dan menyebabkan laut dalam keadaan krisis.
Bahkan minyak yang diekstraksikan dari krill (sejenis udang-udangan (crustaceans) yang kecil yang kaya akan omega-3) juga bisa membayakan. Hal ini dikarenakan krill adalah rantai makanan laut yang paling bawah —dan ikan yang lebih besar tergantung pada krill ini untuk mempertahankan kehidupan mereka. Memanen krill berarti merenggut sumber makanan utama semua jenis ikan.
Inilah sebabnya mengapa saya lebih suka mendapatkan omega-3 dari phytoplankton laut (juga dikenal sebaga “ganggang mikro”) sekarang ini.
Phytoplankton adalah sumber makanan omega-3 berbasis tumbuhan yang mensuplai EPA dan DHA pada krill dan jenis-jenis ikan lainnya. Jika dibudidayakan secara besar-besaran, di dalam tank-tank yang berdasar tanah, phytoplankton terbebas dari kontaminan merkuri, logam berat, dan polusi laut. phytoplankton adalah sumber makanan yang baik—dan dengan mengkonsumsi phytoplankton berarti Anda tidak merenggut jatah makanan ikan di laut.
3. Co-enzyme Q-10
CoQ-10 (juga dikenal sebagai ubiquinol) adalah sebuah nutrient yang dihasilkan oleh “pabrik energi” yang terdapat di dalam sel-sel Anda yang disebut mitochondria. Mengkonsumsi suplemen CoQ-10 bisa meningkatkan kerja sel dalam memproduksi dan menggunakan energi. CoQ-10 juga membantu tubuh Anda membakar lemak … memperbaiki rasio kolesterol …. Meningkatkan level energi fisik Anda … dan memperbaiki fungsi thyroid dan pankreas.
Akan tetapi, statins, obat penurun kolesterol—yang banyak—(atau “yang secara gila-gilaan”?) diresepkan—sebenarnya menyebabkan tubuh Anda kekurangan akan CoQ-10 yang alami. Statins memblok produksi kolesterol di dalam liver, di mana CoQ-10 juga diproduksi. Tanpa CoQ-10 yang cukup, statins bisa menyebabkan kerusakan liver … detak jantung yang tak beraturan … kelemahan otot … kram pada tungkai … serangan jantung dan stroke (dua kondisi fatal yang seharusnya bisa dicegah oleh statins).
Obat-obatan lain juga bisa membatasi produksi CoQ-10 dalam tubuh Anda, termasuk: Obat penyakit diabetes … obat antidepresan … obat terapi penggantian hormon wanita … dan obat-obat penurun tekanan darah. Jika Anda mengkonsumsi obat-obatan ini, maka Anda memerlukan mengkonsumsi suplemen CoQ-10 pula.
Ketika Anda berbelanja, Anda mungkin menemukan label yang berbunyi “CoQ-10” atau “Coenzyme Q-10”, tetapi yang lebih aktif adalah yang berlabel “QH” atau “ubiquinol”. Ini adalah bentuk CoQ-10 yang lebih kuat, meski tidak terlau penting untuk dibeli, terutama jika harga yang menjadi pertimbangan. Minum 100 mg dua atau tiga kali dua kali sehari, karena tubuh Anda tidak bisa memetabolisasikan dosis yang lebih tinggi.
4. Magnesium citrate
Anda tentu telah mendengar tentang kalsium dan kesehatan tulang yang abadi—tapi tahukah Anda bahwa magnesium dan kalsium itu seperti si kembar yang dempet? Kalsium bahkan tidak bisa diserap tanpa adanya magnesium. Tanpa magnesium, kalsium sangat tidak efektif dalam menjaga kesehatan tulang Anda dan mengatur tone otot dan saraf Anda.
Faktanya, riset terbaru menunjukkan bahwa orang Amerika jauh lebih banyak membutuhkan kalsium daripada yang dianjurkan dalam RDI saat ini—dan bahwa Anda harus mengkonsumsi kalsium dan magnesium dua kali lebih banyak dari yang disarankan dalam RDI untuk mendapatkan kesehatan yang maksimal.
Magnesium boleh jadi merupakan mineral yang paling penting bagi tubuh Anda karena magnesium merupakan kunci bagi berjalannya 300 fungsi esensial tubuh, dan digunakan oleh semua organ dalam tubuh Anda. Magnesium mengaktifkan enzim-enzim … memberi power bagi energi Anda … dan membantu tubuh Anda menyerap vitamin D, potassium, dan zinc.
Mayoritas orang Amerika kekurangan magnesium karena terlalu banyak memakan makanan olehan yang berkualitas rendah. Sayur-sayuran dan buah-buahan yang tumbuh di tanah yang kekurangan mineral tidak mengandung magnesium yang cukup.
Jika Anda mengalami masalah gula darah, perlu Anda ketahui bahwa magnesium bisa membantu mengatur gula darah dan aktifitas insulin. Lagi pula, kemampuan magnesium untuk merileksasi otot-otot dan saraf menjadikannya  sebagai teman terbaik bagi Anda yang berusaha melawan anxiety (kegelisahan) … hipertensi … sindrom gangguan tungkai (restless leg syndrome) … gangguan tidur … dan ritme jantung yang tidak normal.
Mengkonsumsi suplemen magnesium boleh jadi merupakan tantangan, karena suplemen magnesium ini berbentuk besar dan sulit dicerna. Itulah sebabnya saya menyukai Natural Calm, tepung magnesium rasa buah yang mudah larut di dalam air. Saya minum suplemen ini di malam hari karena efek relaksasi yang dikandungnya. Mulailah dengan dosis rendah, karena suplemen jenis ini bisa menyebabkan kotoran menjadi lunak (sebenarnya tidak begitu buruk bagi yang mengalami kesulitan buang air besar). Alternatif lainnya adalah spray khusus  magnesium chloride liquid yang diserap melalui kulit, yang tidak akan memberi pengaruh apa-apa bagi perut Anda.
5. Sunshine vitamin D
Suplemen ini dengan cepat menjelma menjadi vitamin ajaib dalam kehidupan kita. Setiap minggu, tampaknya, ada saja penemuan baru tentang manfaat ajaib vitamin D ini. Kebanyakan orang Amerika sangat kekurangan vitamin D karena para dokter menganggap matahari adalah musuh kita—dan kulit Anda mengubah sinar matahari menjadi vitamin yang esensial ini.
Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa vitamin yang mengagumkan ini bisa melindungi semua jenis kanker (bahkan kanker kulit dan melanoma!) … memperkuat tulang … mencegah dan bahkan menyembuhkan diabetes … melindungi tubuh dari penyakit jantung … menurunkan tekanan darah … menghilangkan depresi … dan membangkitkan mood.
Kapan saja Anda bisa, luangkan waktu selama 20 menit untuk berjemur di bawah sinar matahari—tanpa menggunakan tabir surya (sunscreen). (Tubuh Anda mentransformasi sinar matahari menjadi semua vitamin D yang dibutuhkannya.) Jika akses Anda terhadap sinar matahari terbatas karena musim atau letak geografis, maka minumlah 2.000-2.500 iu suplemen vitamin D kualitas baik setiap hari. (Orang tua dan orang Amerika-Afrika membutuhkan dosis yang lebih tinggi.) Rekomendasi resmi menganjurkan hanya 600 iu, yang sebenarnya terlalu rendah. Pastikan Anda membeli vitamin D3 (bukan D2) karena yang D3 87% lebih kuat daripada vitamin D2.
Tidak perlu lagi “suplemen berlebihan”
Mengkonsumsi kelima suplemen di atas berarti Anda telah menyediakan semua kebutuhan dasar yang penting dan menyediakan nutrisi yang optimal bagi tubuh Anda (asalkan Anda makan makanan yang sehat).
Sekarang saya ingin mendengar pendapat Anda. Apakah Anda punya suplemen favorit yang belum saya masukkan? Apakah Anda mempunyai cerita tentang suplemen tertentu atau obat-obatan herbal tertentu yang telah mengubah kesehatan Anda?
Silakan bagi-bagi pengalaman Anda tentang suplemen nutrisi di sini sehingga kita semua bisa mengambil manfaat dari pengalaman Anda tersebut. (by Jim Healthy, on Thu Sep 29, 2011 7:24pm PDT)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger