Masalah Kesehatan di balik Senyum Anda


Gigi Sehat, Tubuh Sehat
 
Gigi yang bagus bukan hanya berguna untuk menghemat biaya perawatan gigi—tetapi juga bisa membantu melindungi tubuh dari berbagai sumber penyakit. Di bawah ini adalah lima alasan mengapa Anda harus merawat alat pengunyah Anda tersebut dengan baik.

Penyakit Jantung dan Stroke
 
Berbagai penelitian telah menetapkan bahwa inflamasi dan bakteria di dalam mulut dan gusi bisa menjalar ke aliran darah, sehingga bisa menimbulkan penebalan arteri dan meningkatkan resiko serangan jantung; sedangkan plak-plak lemak yang terbentuk di dalam pembuluh bisa pecah, masuk ke otak dan menyebabkan stroke.
Perlu lebih diyakinkan lagi? Salah satu penelitian terbaru yang diterbitkan dalam British Medical Journal yang menganalisis data dari lebih 11.000 orang dewasa memastikan bahwa para partisipan yang dilaporkan kurang sering menggosok gigi mereka mengalami peningkatan resiko terkena serangan jantung sebesar 70% dibandingkan dengan mereka yang mengyikat gigi mereka sebanyak dua kali sehari. Jadi bantulah jantung Anda dengan menyikat gigi dan merawat mulut Anda dengan baik.
Diabetes
Para dokter telah lama tahu bahwa diabetes tipe 2 telah meningkatkan kemungkinan menyebabkan penyakit periodontal, namun mencegah timbulnya infeksi gusi terbukti bisa mencegah timbulnya penyakit diabetes sejak awal. Sebuah penelitian terbaru dari Mailman School of Public Health di Universitas Columbia yang mengikuti perkembangan dari 9.296 partisipan nondiabetes selama lebih dari 20 tahun menemukan bahwa orang yang mempunyai resiko terkena penyakit periodontal lebih tinggi mempunyai resiko mengalami diabetes tipe 2 dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang mengalami infeksi gigi yang rendah atau tidak mengalami infeksi sama sekali.
Meski penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan alasan pastinya, namun salah satu teori menyatakan bahwa infeksi oral yang serius bisa menyebabkan inflamasi tingkat rendah dalam tubuh Anda dan inflamasi tersebut bisa melumpuhkan kemampuan Anda untuk memproses gula.
Infeksi Pernafasan
Menjaga mulut Anda tetap bersih dan sehat bisa juga membantu menjaga paru-paru Anda tetap terlindungi menurut sebuah studi terbaru dalam Journal of Periodontology. Dalam sebuah pool yang terdiri dari 200 partisipan yang berusia 20 hingga 60 tahun, para peneliti menemukan bahwa para pasien yang menderita penyakit pernafasan seperti pneumonia, bronkhitis akut, infeksi saluran pernapasan atas, atau COPD mempunyai kesehatan periodontal yang lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang berada dalam kelompok kontrol. Alasan hal ini tampaknya terletak pada bakteria yang disebabkan oleh penyakit periodontal tersebut, yang terbentuk di kerongkongan atas. Dari sana bakteria tersebut bisa dengan mudah terhisap masuk ke dalam jalur pernafasan bawah dan menghalangi pernafasan atau berkembang menjadi penyakit-penyakit paru-paru yang sebih serius.
Kanker Payudara
Seiring dengan sains yang terus-menerus menemukan hubungan yang sangat jelas antara kesehatan mulut dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan, kini lebih banyak lagi studi dilakukan yang mengeksplorasi bagian-bagian tubuh yang berbeda lainnya. Studi terbaru dari Karolinska Institute di Stockholm, Swedia mengisyaratkan bahwa wanita boleh jadi 11 kali lebih besar kemungkinan akan mengalami kanker payudara jika mereka mempunyai gigi yang rontok atau penyakit gusi. Dan karena ini adalah penelitian pertama yang membahas hal ini, tentu dibutuhkan lebih banyak lagi penelitian untuk mendukung hasil penelitian tersebut, namun sejauh ini berbagai peneltian tampak sejalan dengan temuan-temuan terbaru yang menyatakan bahwa kesehatan gigi yang buruk bisa secara langsung mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan.
Masalah Kehamilan
Jika Anda sedang hamil atau sedang merencanakan kehamilan maka kesehatan mulut Anda harus mendapatkan perhatian lebih banyak lagi. Karena adanya fluktuasi hormonal dan meningkatnya aliran darah ke seluruh tubuh selama kehamilan, maka kemungkinan Anda akan memperhatikan perubahan-perubahan pada gigi dan gusi Anda menjadi lebih besar. Menurut American Academy of Periodontists, sekitar limapuluh persen wanita hamil mengalami gingivitis, sebuah kondisi yang menyebabkan gusi mengalami inflamasi, pendarahan, bengkak, atau menjadi lunak. Membiarkannya tanpa diperiksakan ke dokter akan menimbulkan penyakit periodontal, sebuah infeksi serius yang bisa menimbulkan berbagai masalah di dalam ruang persalinan. Meski penelitian masih terus dilakukan, namun beberapa studi mengisyaratkan adanya hubungan langsung antara bakteria yang terinfeksi di dalam mulut Anda dengan kelahiran prematur, angka kelahiran yang rendah, dan preeclampsia. Untuk amannya, rajin-rajinlah menggosok gigi Anda, flossing (membersihkan gigi dengan benang gigi), dan mengunjungi dokter gigi, dan pastikan Anda memberi tahu dokter gigi Anda akan rasa sakit atau masalah-masalah gigi yang lain yang Anda alami dalam Sembilan bulan terakhir ini. (Lauren A. Greene, Friday, July 6, 2012)

More from Yahoo! Health
More helpful info from Yahoo! Health:
You can also find more great content by visiting our homepage.


comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger