Diet Terbaik bagi Kulit Anda


Tentu, diet Anda bisa menjaga tubuh Anda tetap ramping dan sehat, namun dampaknya tidak hanya sampai di situ. Makanan yang Anda makan—mulai dari antioksidan untuk melawan kerutan yang terdapat di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran hingga lemak sehat yang menghidrasi yang terkandung di dalam ikan—bisa mempengaruhi kulit Anda hampir sebesar pengaruhnya terhadap lingkar pinggang Anda. Apakah cara Anda makan membantu atau malah merusak kulit Anda? Kami bertanya pada para dokter terkemuka tentang pendapat mereka terhadap manfaat enam diet yang populer bagi wajah. Bacalah di bawah ini untuk mengetahui apakah diet Anda lulus uji kecantikan, dan temukan bagaimana Anda bisa mengubah apa yang Anda makan untuk mendapatkan kulit yang A-plus.

Diet Mediteranea
Diet Mediteranea Diet, Resep Mediteranea
Keterangan: Ikan, sayur-sayuran berdaun hijau, minyak zaitun, dan buah-buahan adalah bintang dari makanan yang sehat bagi jantung. Tapi manfaatnya tidak hanya sampai di situ—diet  Mediteranea juga bisa melindungi tubuh terhadap melanoma, sejenis kanker yang paling berbahaya, menurut sebuah studi terbaru dari Italia. Dalam bidang kosmetik, asam lemak omega-3 yang terdapat di dalam ikan bisa membantu menjaga membran-membran kulit tetap kuat dan elastik.
Minyak zaitun, tomat, dan anggur merah juga merupakan antioksidan yang bisa membantu memblokir reaksi-reaksi kimia yang bisa menyebabkan kerusakan kulit akibat sinar matahari, kata Leslie Baumann, MD, CEO dari Baumann Cosmetic and Research Institute di Miami Beach, Florida.
Diet Vegetarian/vegan
Vegetarian Baru, Skinny Bitch
Keterangan: Apakah Anda melewatkan makan daging dan produk-produk hewan lainnya demi kesehatan Anda, karena alasan etis, atau keduanya, berarti Anda mungkin makan sayur-sayuran dan buah-buahan dan gandum utuh (whole grains) sebagai gantinya—kabar baik bagi kulit Anda. Antioksidan yang terdapat dalam makanan-makanan seperti ini bisa menetralisir radikal-radikal bebas yang berkontribusi terhadap kerutan, spot-spot kecoklatan, dan tanda-tanda penuaan lainnya.
Diet yang berupa sayur-sayuran cenderung rendah lemak, jadi ikut sertakan pula biji lenan yang dihaluskan (ground flaxseeds) dan minyak zaitun dan safflower untuk menjaga kulit Anda tetap bisa menahan air, sehingga membuat kulit Anda menjadi ebih supel, kata Dr. Baumann.
Diet Kaya Protein, Rendah Karbon
Diet South Beach, Atkins
Keterangan: Mengurangi konsumsi roti putih, pasta, dan gula halus juga bisa menurunkan kortisol hormon stress dan mengurangi jerawat, kata dermatolog Fransesca Fusco, MD. Rencana diet pengganti dengan whole grain, sayur-sayuran dan buah-buahan segar, dan daging tanpa lemak juga bisa meningkatkan antioksidan, zinc penghilang noda, dan protein pembangun kolagen.
Tapi hati-hatilah dengan rencana diet yang sarat dengan daging. “Terlalu banyak mengkonsumsi lemak hewan bisa menyebabkan meningkatnya produksi radikal-radikal bebas, yang diperkirakan bisa mengganggu proses seluler yang normal,” kata dermatolog estetik Lisa Airan, MD.
Minum banyak air untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Pilihlah ikan dan protein-protein yang tanpa lemak lainnya, bukan hanya daging merah. Makanlah sayur-sayuran yang berdaun yang kaya akan antioksidan setiap hari.
Diet Rendah Lemak
Makan Lebih Banyak, Tubuh Lebih Ringan
Keterangan: Mengurangi asupan lemak jenuh bagus bagi jantung dan garis pinggang Anda. Diet yang rendah lemak hewan juga bisa mencegah timbulnya radikal-radikal bebas yang bisa membuat kulit menua secara prematur, kata Dr. Airan.
Namun demikian, kulit Anda memerlukan sedikit lemak, khususnya lemak dari jenis yang baik yang ditemukan di dalam kacang-kacangan dan minyak zaitun. Lemak membantu tubuh Anda menyerap antioksidan-antioksidan yang baik bagi kulit dan vitamin-vitamin yang larut, dan menguatkan membran-membran sel—dan akhirnya epidermis Anda—untuk mendapatkan kulit yang selembut salju dan lebih supel.
Dapatkan sekurangnya 20% kalori Anda dari lemak, terutama jenis lemak tak jenuh,” kata dermatolog Cheryl Karcher, MD.
Diet Makanan Mentah
Makan Makanan Mentah untuk Engergi
Keterangan: Orang yang suka makan makanan mentah—yang suka melahap terutama sayur-sayuran dan buah-buahan, kacang-kacangan, dan toge-togean dan biji-bijian—percaya bahwa makanan yang tidak dimasak bisa menjaga enzimnya tetap utuh, membantu pencernaan, energy, dan menurunkan berat badan. Meski klaim ini tidak secara universal diterima oleh para dokter, namun tidak ada yang membantah bahwa makanan-makanan yang tidak dimasak ini bisa membuat kulit bahagia (happy complexion). Lagi pula, minyak-minyak sehat yang terdapat di dalam kacang-kacangan, buah alpukat, dan minyak zaitun bisa menjaga membran-membran sel tetap kuat dan lembut. Kelemahannya: “Ketika Anda makan daging dalam jumlah yang sangat sedikit, maka sulit bagi Anda untuk mendapatkan building blocks yang cukup bagi kolagen,” kata Dr. Airan.
Bagaimana dengan Diet Mereka yang Menyukai Karbohidrat (CarbLovers Diet?)
Yang pokok dari rencana diet Health adalah Resistant Starch (RS), sejenis karbohidrat yang berfungsi seperti serat, yang bergerak melalui jalur digestif tanpa dicerna, diserap, atau dikonversi ke dalam glukosa sepenuhnya. Memenuhi piring makan Anda dengan makanan RS bisa meningkatkan metabolisme dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, yang bisa membantu Anda mengenyahkan makanan-makanan yang bisa merusak kulit, seperti snack yang kaya akan lemak dan gula, sembari menurunkan gula darah dan level insulin.
Hasilnya: sebuah tubuh yang sehat dan kulit yang clear, kata Dr. Karcher. CarbLovers juga menyediakan banyak asam lemak omega-3 yang bisa menghaluskan kulit, antioksidan yang kaya akan whole grains, dan protein pembangun kolagen. (The Editors of Health, Thursday, August 23, 2012)


comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger