Gherkin, Diphthong, Hornswoggle Dan Kerfuffle: Empat Kata Terbaik?


“Gherkin”—saya suka mengatakannya. Kata itu kedengarannya mirip-mirip bahasa Indian. “Kertuffle.” Kata yang menyenangkan, dengan begitu banyaknya huruf F dijejalkan ke dalam kata yang bersuku tiga ini. “Diphtong” adalah kata yang nakal karena dia menyembunyikan sebuah huruf H yang tidak bunyi, yaitu huruf H setelah huruf P; hurufnya ada, tetapi kita tidak pernah memperhatikannya. Dan “hornswoggle?” Hanya dengan mendengar kata ini, saya merasa berada di atas dek sebuah kapal fregat, ada burung-burung camar yang terbang melayang di udara, dan seseorang yang sedang berdansa.
 The Final Four.
Salah satu dari empat kata ini, yang merupakan “Empat Kata Final” dari kontes “Daftar Kata Terbaik” susunan Ted McCagg, menjadi juara pada minggu ini.
Anda boleh jadi setuju atau tidak setuju dengan McCagg, direktur kreatif dari sebuah lembaga di Portland, Oregon, namun adalah menyenangkan melihat bagaimana dia menyeleksi kandidat kata-katanya, kata-kata yang dia sukai. Dia memulainya (Anda bisa melihat semua kontes dalam blog-nya, dan di sana ada sebuah deskripsi yang hebat tentang proses yang dia jalani yang ditulis oleh Megan Garber di TheAtlantic.com) dengan putaran alfabetis. Dia dan istrinya memetik kata-kata yang mereka sukai dengan tanpa berpikir panjang dan meletakkan kata-kata tersebut di dalam braket, ala March Madness. Sebagai contoh, di bawah ini adalah kata-kata dimulai dengan huruf P kesukaan mereka.
Best Word Ever — "P"
Dan di bawah ini kata-kata dengan huruf Y
Best Word Ever — "Y"
Kemudian pemenang regionalnya diadu satu sama lain, sehingga kata “kowtow” naik melawan “kertuffle,” dan “akimbo” melawan “xenophobe.”
 Final 32 — West Bracket.
“Diphtong” harus mengantisipasi “sphincter” dalam ronde berikutnya. Tidak diragukan lagi di beberapa bar di Las Vegas, ada orang yang bertaruh dengan memegang kata "onomatopoeia," dan menantang kata "eke" ...
 Final 32 — Southwest Bracket.
… hingga akhirnya, “hornswoggle,” kata kesukaan saya secara pribadi, karena beberapa hal harus tersisih oleh sebuah kata yang mengandung dua bunyi vokal (vowel sounds) yang berdampingan yang terdapat pada suku kata yang sama tersebut.
Ya, pemenangnya, Kata Terbaik yang Pernah Ada, adalah “diphthong.”
Mengapa “diphthong?” Mungkinkah kata itu adalah sebuah sugesti bawah sadar dari pakaian dalam yang seksi? Tidak, kata Ted pada TheAtlantic.com. Adalah huruf H. Huruf H yang tidak bunyi tersebut, katanya, “yang membedakannya.”  (by ROBERT KRULWICH)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger