Alkohol dan Seks

Woman and man drinking.
Photo by iStockphoto/Thinkstock.

Penelitian-penelitian medis mengisyaratkan bahwa minum minuman beralkohol dalam jumlah yang “moderat,” biasanya didefinisikan sebagai tidak lebih dari satu kali minum per hari bagi wanita dan dua kali minum bagi pria, bisa menyebabkan umur lebih panjang. Salah seorang pembaca Explainer bertanya-tanya: Mengapa wanita dianjurkan minum dalam jumlah yang jauh lebih sedikit?

Kanker payudara, sebagai salah satu contoh. Dalam studi-studi epidemiologi, sebuah lengkungan “berbentuk-J” (“J-shaped” curve) menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol dalam jumlah sedang (moderat) adalah menguntungkan bagi kesehatan, sedangkan konsumsi alkohol yang berlebihan bisa merugikan kesehatan. Namun hal itu tidak berlaku bagi semua penyakit. Bahkan  konsumsi alkohol dalam jumlah yang moderat sekalipun bisa meningkatkan resiko terkena penyakit sirosis liver, hipertensi, dan berbagai jenis kanker. Yang paling problematik d antaranya adalah kanker payudara, yang menyerang hampir sebanyak 230.000 wanita Amerika per tahun dan membunuh hampir 40.000 di antaranya. Sebagian penelitian telah memberi isyarat bahwa bahkan minum minuman beralkohol dalam jumlah yang moderat sekalipun bisa meningkatkan resiko kanker payudara pada wanita sepanjang hidupnya sebanyak 50 hingga 100 persen. Banyak dokter berpendapat bahwa berdasarkan perbedaan ini saja kiranya sudah cukup untuk membuat rekomendasi yang berbeda pada pria dan wanita dalam hal konsumsi minuman beralkohol.

Dalam kebanyakan studi yang menunjukkan bahwa minum minuman beralkohol dalam jumlah sedang itu bermanfaat, ditemukan bahwa hasil yang positif itu tidak tampak pada wanita dibandingkan dengan pria. Dua kali minum sehari bisa mengurangi resiko diabetes, penyakit jantung, atau kematian pada pria, sebagai contoh, namun efek yang berlawanan berlaku bagi wanita. Perbedaan tersebut tetap ada meski para peneliti memasukkan faktor  berat tubuh dalam perhitungannya.

Para dokter masih mencoba mencari tahu mengapa tubuh wanita memberi toleransi berbeda pada alkohol dibandingkan dengan pria. Salah satu teori mengatakan karena tubuh wanita mengandung lebih sedikit air per pond-nya dibandingkan dengan pria, sehingga jumlah alkohol yang sama bisa menimbulkan kosenstrasi yang lebih tinggi di dalam darah pada wanita. Di samping itu, enzim perut yang me-metabolisme alkohol tampaknya bekerja kurang efisien pada tubuh wanita, sehingga kebanyakan alkohol yang dikonsumsi wanita langsung menuju aliran darah. Sebagian peneliti juga percaya bahwa estrogen berinteraksi dengan alkohol dengan cara yang bisa meningkatkan kerusakan pada liver. Ada indikasi-indikasi bahwa perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi juga bisa mempengaruhi metabolisme alkohol, namun observasi ini masih menjadi kontroversi.

Rekomendasi untuk minum minuman beralkohol sebanyak dua kali sehari bagi pria dan satu kali bagi wanita tidaklah berasal dari jaman dahulu kala, meski tampaknya demikian. Dokter Inggris dari abad ke-19 Francis Anstie merekomendasikan agar para pasien tetap minum di bawah “tiga atau empat gelas port wine sehari.” Dia tidak membuat rekomendasi terpisah bagi pria dan wanita. Pada tahun 1979, para Psikiater di Royal College Inggris mencatat bahwa minum bir “empat pint per hari (1 pint = 473,176 mililiter), untuk meningkatkan dosis sebanyak dua kali lipat, atau satu botol anggur ukuran standar, adalah anjuran yang bisa diterima.” Dewan Penelitian Medis dan Kesehatan Nasional Australia merekomendasikan pada tahun 1987 agar pria minum tidak lebih dari empat porsi minuman beralkohol per hari, jumlah yang lebih banyak dari negara-negara berbahasa Inggris lainnya, namun mereka sependapat bahwa wanita seharusnya hanya minum dua porsi atau kurang. Pada tahun 2001, dewan tersebut mengubah anjuran mereka, dengan merekomendaskan tidak lebih dari dua porsi minuman baik bagi pria maupun bagi wanita. (By Brian Palmer| Posted Tuesday, Oct. 16, 2012, at 4:40 PM ET)

Got a question about today’s news? Ask the Explainer.
Explainer thanks reader Sean McKee for asking the question.

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger