Apakah Lapisan Ozone Itu


ozone layer
Image credit: Flickr NASA Earth Observatory
Apakah Ozon itu?
Ozon adalah salah satu dari trace gas (sebuah gas yang membentuk kurang dari 1% dari volume atmosfer Bumi) yang terdapat  secara alami, yang juga dikenal sebagas Gas-gas Rumah Kaca, yang membentuk atmosfer kita.
Di mana Ozon ditemukan?
Ozon secara alami berwujud sebagai sebuah lapisan (lapisan ozon) di dalam Stratosfer (salah satu dari lima lapisan atmosfer). Pentingnya lapisan ozon di dalam atmosfer Bumi dibuktikan oleh fakta bahwa lapisan ozon tersebut bertugas menghalangi sebagian besar dari Sinar Ulta-Violet (UV) yang berbahaya  dari mencapai Bumi, yang kalau tidak akan menimbulkan banyak penyakit termasuk kerusakan mata dan kanker kulit. Peran penting dari lapisan ozon yang lain adalah di dalam atmosfer yang rendah lapisan ozon bertugas menjebak panas dari matahari dan me-radiasi ulang sinar matahari tersebut ke segala arah (yang dikenal sebagai efek rumah kaca). Hal ini bisa menjaga Bumi tetap hangat dan tanpa ini temperatur Bumi bisa mencapai level sub-nol setiap malamnya. Selain berbentuk alami Ozon juga tercipta melalui aktifitas manusia (ditemukan di Troposfer, lapisan yang terdekat dengan Bumi) dan bisa menimbulkan bahaya bagi semua bentuk kehidupan di Bumi.
ozone layer
Image credit: Flickr NASA Goddard Photo and Video
Bahaya Ozon:
Karena perannya yang berbeda, maka ozon alami yang ditemukan di dalam Stratosfer disebut ozon yang “baik” dan ozon yang terdapat di dalam Troposfer (buatan manusia) dinamakan ozon yang “jahat”. Ancaman terhadap kehidupan yang terbesar di Bumi adalah ketidakseimbangan (akibat perkembangan teknologi dari manusia) antara ozon yang baik dan ozon yang jahat, di mana ozon yang baik menjadi kekurangan sedangkan ozon yang “jahat” meningkat jumlahnya di dalam udara yang kita hirup. Kekurangan  ozon yang “baik” juga diakibatkan oleh induistrialisasi, ketika banyak industri menggunakan bahan-bahan kimia buatan pabrik yang mengandung klorin dan/atau bromine (disebut ODS atau ozone-depleting substances (zat perusak ozon). Zat-zat kimia ini mengambang di dalam Stratosfer dan kini menyebabkan menipisnya lapisan ozon.
Tindakan apa yang diambil dalam level internasional untuk melindungi Ozone
Pemerintah berbagai negara telah menandatangani sebuah perjanjian internasional yang melarang produksi sejumlah besar zat-zat yang dipercaya sebagai bisa menyebabkan menipisnya lapisan ozon (Protokol Montreal) dan banyak sekali prakarsa lainnya yang kini diajukan dan diimplementasikan oleh masyarakat industri global untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
Bagaimana cara kita berpartisipasi?
Pada level individual kita bisa memberi kontribusi dengan cara:
·  Mengunakan produk-produk yang diberi label “Ramah-ozon”
·  Memilih membeli AC dan kulkas yang bebas CFC
·  Memastikan bahwa AC rumah, kantor, dan mobil kita terawat dengan baik, dan digunakan secara bijak 
·  Tidak menggunakan/ mengganti pemadam api yang menggunakan halon dengan yang lain (karbon dioksida atau foam)
·  Menyadarkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat di sekitar kita.

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger