4 Cara Smartphone Anda Merusak Kesehatan Anda


Jarang waktu satu bulan berlalu kini tanpa ada sebuah studi terbaru yang menyimpulkan bahwa smartphone adalah A) merusak hidup Anda, atau B) tidak merusak hidup Anda.


Kita semua pernah mendengar tentang adanya hubungan potensial antara penggunaan HP dengan tumor otak. Dan meski penelitian tersebut masih bersifat inkonklusif, namun studi-studi yang menyimpulkan bahwa HP sangat aman bagi kesehatan cenderung kurang cermat dan dirancang dan didanai oleh industri HP, sedangkan studi-studi yang menyimpulkan bahwa HP mempunyai resiko merusak kesehatan dilakukan dengan ilmu yang lebih baik dan tidak mempunyai konflik kepentingan.
Terlebih lagi, baru-baru ini saya melihat ada penelitian yang menghubungkan radiasi HP  terhadap gangguan tidur, perubahan-perubahan tingkah laku pada anak-anak, dan berkurangnya jumlah sperma dan disfungsi ereksi pada pria yang menyimpan HP di kantung depan pakaian mereka. Lagi, ini adalah studi-studi kecil, yang mudah ditolak, namun satu hal yang jelas: Radiasi HP tidak membuat tubuh kita lebih sehat. Anda bisa meminimalisir bahaya ini dengan langkah-langkah sederhana seperti berikut:
* Jangan menelepon ketika HP Anda berada di tempat yang sinyalnya lemah, karena radiasi radio frekuensi yang dikeluarkannya meningkat. Tunggu hingga sinyalnya penuh, atau jangan menelepon.

* Gunakan wireless headset atau speakerphone, sehingga HP Anda berada pada posisi yang aman ketika Anda sedang menelepon.
* Simpan HP Anda dengan posisi bagian depan (keypad) menghadap ke tubuh Anda ketika Anda menyimpan HP di saku baju Anda; radiasi terpancar dari bagian belakang HP, sehingga lebih banyak radiasi yang menjauh dari tisu-tisu yang berharga dalam tubuh Anda.
Baru-baru ini, angggota parlemen dari Partai Demokrat Dennis Kucinich memperkenalkan RUU baru yang akan, beberapa di antaranya, mendanai penelitian-penelitian yang lebih luas dan—pada saat yang sama—mewajibkan pencantuman label peringatan di kemasan HP.  Namun demikian, jangan menunggu hingga Kongres bertindak untuk mulai mencurigai smartphone Anda. Kita kesampingkan dahulu bahaya radiasi, di bawah ini adalah empat cara lain (sudah terbukti secara ilmiah) smartphone bisa mengganggu kesehatan Anda.
1. HP Anda sebenarnya ... Merusak Kemampuan Anda untuk Fokus
Anda tidak memiliki HP Anda—tapi HP Anda yang memiliki Anda. Para peneliti di Finlandia menemukan bahwa kebanyakan orang secara obsesif mengecek layar menu, berita, e-mail, dan berbagai aplikasi di HP mereka, meski kemungkinan mereka mendapat informasi baru dan menarik itu semakin berkurang. “Semakin banyak Anda melakukan itu, maka semakin sedikit yang Anda dapat,” kata penulis peneliti Antti Oulasvirta, Ph.D.
Tindakan Anda: Oulasvirta merekomendasikan Anda menentukan waktu khusus untuk menyentuh HP Anda, seperti pada jam tepat (on the hour)—atau selama setengah jam jika masih kurang.
ARE YOU MEN'S HEALTH FIT? Build the body you want in the time you have with Men's Health Speed Shred. The 18 workouts in the 8-DVD series are all 30 minutes long, so you can easily fit them into your life—morning, noon, or night!

2. HP Anda sebenarnya ... Membawa Penyakit

Semua perbuatan menyentuh, mengetik, dan menggeser (swiping) bisa membuat touchscreen HP Anda berkuman seperti keyboard komputer, menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Applied Microbiology. “Kami menemukan bahwa sekitar 20 persen hingga 30 persen virus yang terdapat pada permukaan kaca yang serupa dengan layar monitor smartphone akan berpindah ke jari Anda,” kata Tim Julian, Ph.D. Dan hanya selangkah lagi menuju mulut atau mata Anda.
Tindakan Anda: Jika HP Anda mempunyai Gorilla Glass (banyak yang punya, termasuk iPhone) dan tidak dilapisi (coated), maka Anda bisa dengan aman membersihkan layar HP Anda tersebut dengan alat pembersih yang mengandung disinfektan, seperti Clorox’s. juga penting menghindari mengetik SMS sambil menangis, sehingga Anda tidak punya alasan untuk menghapus air mata.
BOOST YOUR HEALTH WITH FOOD! Check out our list of the 40 Foods with Superpowers—foods that, even in moderation, can guard against cold and flu, strengthen your heart, and boost your metabolism so you can lose weight more quickly.

3. HP Anda sebenarnya ... Menyakiti Mata Anda

Kombinasi dari menyimpan HP terlalu dekat dan memelototi huruf-huruf yang sangat kecil bisa menyebabkan mata lelah (eye strain), sakit kepala, dan mata kering, dan penglihatan kabur, menurut penelitian dari SUNY State College of Optometry.
Tindakan Anda:  Besarkan ukuran huruf hingga dua kali lebih besar dari ukuran terkecil yang bisa Anda baca, kata penulis peneliti Mark Rosenfield, O.D., Ph.D., dan jaga jarak antara layar HP dan mata Anda tetap sekitar 16 inci. Jika Anda membaca selama beberapa menit, lakukan break secara teratur selama 20 detik.

4. HP Anda sebenarnya ... Menyebabkan Anda Stress

Anda membeli HP sehingga Anda bisa mendapatkan akses informasi selama 24 jam sehari, tapi sekarang Anda tampak tidak punya waktu lagi untuk bersantai. Mengapa? Karena Anda tidak pernah tak bisa dijangkau, Anda selalu berharap bisa dijangkau. Nyatanya, sebuah studi di Universitas Worcester menunjukkan bahwa stress yang konstan (constant stress) seperti ini sebenarnya bisa mengecoh orang untuk mempercayai bahwa HP mereka bergetar  oleh adanya SMS baru atau email meski tidak ada pesan masuk apa-apa.
Tindakan Anda: Mulailah dengan mematikan HP Anda selama satu jam setiap hari, dan perlahan tingkatkan hingga selama 2 jam. Dan, tidak, waktu Anda tidur tidak dihitung. (By Bill Phillips and the Editors of Men's Health, Nov 12, 2012)
JUMPSTART YOUR DAY! Here's an email you won't want to miss: the FREE Men's Health Daily Dose newsletter, which is chock-full of work, fitness, health, and relationships advice that can improve your life before your second cup of coffee.
Additional writing and research by Margaret Niemiec
http://health.yahoo.net/experts/menshealth/4-ways-your-smartphone-hurting-your-health

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger