Protein Penyebab Kanker Ternyata Juga Bisa Memperbaiki Cedera Otak


Para peneliti di Universitas Kopenhagen menemukan bahwa sebuah protein, yang dikenal bisa menyebabkan sel-sel kanker menyebar ke seluruh tubuh, adalah juga merupakan salah satu molekul yang bisa memicu proses perbaikan di dalam otak. Temuan ini merupakan pokok bahasan dalam sebuah paper yang diterbitkan minggu ini dalam Nature Communications. Temuan tersebut sekaligus menunjukkan jalan ke arah penelitian-penelitian baru tentang penyakit-penyakit otak degeneratif seperti Alzheimer’s.

Bagaimana cara memulihkan cedera otak adalah pertanyaan fundamental yang dihadapi para peneliti. Para ilmuwan sudah cukup akrab dengan protein S100A4 selama ini sebagai sebuah faktor dalam metastasis, atau cara penyebaran kanker. Ini adalah kali pertamanya protein tersebut terbukti mempunyai peran dalam perlindungan dan perbaikan otak.

“Protein ini tidak biasanya terdapat di dalam otak, melainkan hanya ketika terjadi trauma atau degenerasi. Ketika kami menghapus protein tersebut pada tikus kami temukan bahwa otak tikus-tikus tersebut menjadi kurang terlindung dan kurang mampu mencegah cedera. Kami juga menemukan bahwa S100A4 bekerja dengan cara mengaktifkan jalur sinyal (signalling pathways) di dalam neuron,” kata Postdoc Oksana Dmytriyeva, yang bekerja dalam riset tersebut dalam sebuah tim di Laboratorium Protein di Departemen Neuroscience and Pharmacology di Universitas Kopenhagen.

Si jahat yang jadi pahlawan

Penelitian tersebut beranjak dari pengalaman selama bertahun-tahun berkecimpung dengan S100A4 dalam perannya yang lebih berbahaya dalam hal penyebaran penyakit kanker. Temuan tersebut merepresentasikan sebuah perkembangan yang signifikan bagi Kelompok Neuro-Oncology yang baru yang baru pindah ke Kelompok Laboratorium Protein di Universitas Kopenhagen dari Masyarakat Kanker Denmark pada bulan Oktober lalu tersebut.

“Kami terkejut menemukan bahwa protein ini mempunyai peran yang seperti ini, karena kami pikir protein tersebut adalah murni protein kanker. Kami sangat tertarik akan hal ini dan kami berencana meneruskan penelitian kami ini ke arah yang praktis. Kami berharap temuan kami ini pada akhirnya akan bermanfaat bagi orang yang membutuhkan treatment akan gangguan-gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer’s, meski tampaknya jalan ke arah itu masih sangat panjang,” kata Oksana Dmytriyeva.

More information: The scientific paper The metastasis-promoting S100A4 protein confers neuroprotection in brain injury can be found online in the journal Nature Communications. www.nature.com/nco… mms2202.html

Journal reference: Nature Communications

Provided by University of Copenhagen

Ads by Google

Dermatologist - Improved treatment for acne scars, dull and sagging skin - www.myskinclinic.fromyourdoctor.com

Human Neural Progenitors - Potent, proven and published hNP1 progenitors (passage>8X). - www.neuromics.com

Colon Cancer - Call 6361 0230 for Effective Colonscopy & Gastroscopy at Fortis - www.fortiscolorectalhospital.com

http://medicalxpress.com/news/2012-11-reconsidering-cancer-bad-guy.html#jCp

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger