Hal-hal yang Perlu Anda Persiapkan Jika Anda Ingin Mencapai Usia 100 Tahun


Editor Yahoo! Telah menyeleksi artikel ini sebagai sebuah artikel favorit tahun 2012. Artikel ini muncul pertama kali di Yahoo! Finance pada bulan Juni dan menjadi salah satu artikel paling populer pada bulan itu. Para pembaca mengingatkan bahwa hidup panjang umur bisa jadi mempunyai keuntungan dan kerugiannya tersendiri jika usia Anda telah melampaui semua usia orang-orang yang Anda cintai. “Ayah saya hidup hingga usia 103 tahun,” kata user Don C. “Ketika ditanya apa yang menyebabkan dia berumur panjang, dia menjawab ‘Ini hanya sebuah kesialan’”.
Peluang Anda mencapai usia 100 tahun bisa jadi lebih baik dari yang Anda kira—khususnya jika Anda menambah waktu tidur dan memperbaiki diet Anda.
Para senior di AS yang mencapai usia 100 tahun cenderung mengatakan hubungan sosial, latihan olah raga dan aktifitas spiritual adalah kunci untuk panjang umur.
Riset dari UnitedHealthcare meneliti para centenarians (mereka yang usianya mencapai 100 tahun) dan para baby boomers (mereka yang lahir antara tahun 1946-1964), menanyai para centenarian tersebut tentang “rahasia-rahasia panjang umur” mereka dan mengevaluasi apakah para baby boomers tersebut sedang mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai usia 100.
Temuan utamanya: banyak baby boomers yang kini menjalani gaya hidup yang bisa mengarah pada panjang umur dan hidup yang bermanfaat—dengan dua pengecualian. Lebih dari tujuh dari 10 centenarian—71%--mengatakan mereka menjalani tidur delapan jam atau lebih setiap malamnya. Kebalikannya, hanya 38% dari boomers yang mengatakan mereka tidur dengan lama yang sama. Dan menyangkut kebiasaan makan, lebih dari delapan dari 10 centenarian mengatakan mereka mengkonsumsi makanan berimbang secara teratur, dibandingkan dengan baby boomers yang hanya sedikit di atas dua-pertiganya (68%).
Laporan tersebut--“100@100 Survey” (lihat format PDF-nya di UnitedHealthGroup.com)—dimulai dengan beberapa angka yang mengejutkan. Pada awal tahun 2010, AS diperkirakan mempunyai 72.000 orang centenarian, menurut sebuah Lembaga Sensus. Pada tahun 2050, angka tersebut—dengan semakin menuanya generasi baby boom—diperkirakan akan mencapai 600.000. Sementara itu, diperkirakan 10.000 generasi baby boom setiap harinya—pada dekade mendatang—akan mencapai usia 65.
Bagaimana cara mencapai usia 100 tahun? Centenarian mengatakan hubungan sosial, latihan olahraga, dan aktifitas sosial sebagai sebagian dari kunci untuk panjang umur. Di antara para centenarian yang disurvei, hampir sembilan dari 10—genap 89%--mengatakan   mereka berkomunikasi dengan salah satu anggota keluarga atau seorang teman mereka setiap hari; sekitar dua pertiga (67%) mengerjakan sembahyang, melakukan meditasi atau ambil bagian dalam sejenis aktifitas spiritual; dan hanya sedikit di atas separuh (51%) yang mengatakan bahwa mereka melakukan latihan olahraga hampir setiap hari.
Dalam masing-masing area tersebut, para baby boomers, sebagaimana terbukti, cukup bisa mengimbangi para centenarian. Persentase yang sama dari baby boomers dan juga centenarian—89%--mengatakan mereka berhubungan dengan teman-teman mereka atau dengan anggota keluarga mereka secara teratur. Enam puluh persen dari baby boomers yang disurvei mengatakan bahwa aktifitas spiritual adalah bagian penting dari hidup mereka, dan hampir enam dari 10 baby boomers (59%) berolahraga secara teratur.
Lagi, tidur dan diet adalah dua area di mana generasi baby boomers kekurangan. Tidak mengejutkan, salah satu area di mana boomers lebih aktif adalah di tempat kerja. Tiga perempat (76%) dari baby boomers yang disurvei mengatakan mereka bekerja atau melakukan hobi hampir setiap hari; dibandingkan dengan para centenarian yang hanya 16%.
Akhirnya, para peneliti beralih pada masalah budaya dan meminta para centenarian dan boomers untuk memilih seseorang—dari sebuah daftar tentang 14 orang terkenal (termasuk Presiden Obama, penyanyi Paul McCartney dan aktor Tom Hanks dan Julia Roberts)—untuk menjadi tamu makan malam mereka. Pilihan yang paling banyak dari para centenarian dan baby booomers adalah sama: aktris dan komedian Betty White. (By Glenn, Ruffenach | MarketWatch – Sat, Jun 23, 2012 5:42 AM EDT)



More From MarketWatch


http://finance.yahoo.com/news/baby-boomers-live-100-144233325.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger