Snowflake Gorilla Bulai Itu Ternyata Terlahir dari Perkawinan Sedarah, Menurut Hasil Penelitian

LiveScience.com/Photo By Photographic Archive of the Barcelona Zoo

Seekor gorila albino yang terkenal yang hidup selama 40 tahun di Kebun Binatang Barcelona mendapatkan warna putihnya tersebut sebagai hasil perkawinan sedarah (inbreeding) kedua induknya, menurut riset terbaru.

Snowflake adalah seekor gorila jantan dataran rendah dari belahan dunia Barat. Dia dilahirkan di alam bebas dan tertangkap pada tahun 1966 oleh penduduk desa di Equatorial Guinea. Sebagai gorila putih satu-satunya yang diketahui di dunia, Snowflake merupakan selebriti kebun binatang hingga kematiannya akibat kanker kulit pada tahun 2003.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui apa penyebab kulit gorila tersebut berwarna putih, namun mutasi genetik yang pasti tidak pernah ditemukan terjadi pada gorila ini. Kini, para peneliti Spanyol telah merangkai genom dari gorila tersebut secara keseluruhan, yang kemudan mengungkap bahwa Snowflake kemungkinan merupakan anak dari hasil perkawinan sesaudara sekandung. [Photos: Snowflake the Albino Gorilla]

Penjelasan tentang albinisme 

Pada manusia, empat mutasi genetik diketahui sebagai penyebab albinisme, sebuah sindrom yang ditandai dengan kurangnya pigmen kulit, mata, dan rambut. Orang yang mengalami albinisme mempunyai resiko gangguan penglihatan dan kanker kulit yang tinggi karena kurangnya pigmen tersebut. [Album: Amazing Albino Animals]

Dengan menggunakan darah beku dari Snowflake, para peneliti yang diketuai oleh Thomas Marques-Bonet dari Institut de Biologia Evolutiva di Universitas Pompeu Fabra merangkai keseluruhan genom dari gorila yang sudah meninggal dunia tersebut. Mereka kemudian membandingkan rangkaian  (sequence) genom tersebut dengan rangkaian genom manusia dan gorila yang tidak albino, Marques-Bonet dan para koleganya kemudian mempersempit penyebab Snowflake menjadi albino ke sebuah gen tunggal, yang dikenal sebagai SLC45A2. Snowflake mewarisi bentuk mutan dari gen ini dari kedua orang tuanya.

Gen tersebut telah terlebih dahulu dihubung-hubungkan pada kasus albino pada tikus, kuda, ayam dan sebuah spesies ikan.

Berikutnya, para peneliti menelusuri genom-nya Snowflake untuk mencari bentang DNA yang identik dengan DNA hasil perkawinan sedarah. Mereka menemukan ternyata 12 persen dari gen yang ditemukan dalam segelintir darah beku Snowflake tersebut ternyata identik, sebuah jumlah yang cukup untuk menunjukkan bahwa adanya sebuah perkawinan antarsaudara sekandung sebagai kemungkinan terbesar penyebab lahirnya Snowflake. 

Ancaman perkawinan sedarah?

Tidak ada orang yang pernah melaporkan adanya perkawianan sedarah pada gorila dataran rendah di belahan bumi Barat, kata Marques-Bonet pada LiceScience, meski sebagian sub-spesies gorila lain dengan populasi yang rendah dikenal suka melakukan perkawinan dalam keluarga. Dan dengan hilangnya habitat mereka, gorila boleh jadi mengalami kesulitan mencari sebuah tempat untuk lari dari keluarga asal mereka.
“Jika tempat mereka hidup terus menerus menyempit akibat ulah manusia, maka lebih besar kemungkinannya gorila-gorila tersebut akan terpaksa tetap tinggal bersama kelompok mereka dan hal itu akan meningkatkan consanguinity,” atau pertalian darah di antara mereka, kata Marques-Bonet.  

Proses perangkaian genom-nya Snowflake tersebut hanyalah bagian kecil dari sebuah proyek yang lebih besar untuk merangkai genom-genom dari simpanse dan gorila yang terlahir di alam bebas, kata Marques-Bonet. Tujuan akhirnya adalah untuk memahami betapa banyak variasi genetik yang ada dalam polulasi hewan jenis kera (ape) di alam bebas, dan bagaimana hal itu dibandingkan dengan variasi yang terlihat pada manusia.

Para peneliti melaporkan temuan mereka tersebut pada tangal 31 Mei dalam jurnal BMC Genomics. (By Stephanie Pappas, LiveScience Senior Writer | LiveScience.com – Sat, Jun 15, 2013)

Follow Stephanie Pappas on Twitter & Google+. Follow us @livescience, Facebook & Google+. Original article on LiveScience.com .
Copyright 2013 LiveScience, a TechMediaNetwork company. All rights reserved. This material may not be published, broadcast, rewritten or redistributed.
Sponsored Links
http://news.yahoo.com/snowflake-albino-gorilla-inbred-study-finds-153725014.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger