Teleskop NASA yang Sakit-sakitan Temukan 503 Calon Planet Alien Baru

(SPACE.com/Photo By NASA)

Pesawat ruang angkasa NASA Kepler telah mendeteksi adanya 503 dunia alien yang baru, sebagian di antaranya boleh jadi bisa menampung kehidupan sebagaimana yang kita ketahui.

“Sebagian dari calon planet-planet baru ini berukuran kecil saja dan sebagian berada dalam zona yang bisa dihuni (habitable zone) dari bintang-bintang dari planet tersebut, namun masih banyak yang perlu dikerjakan untuk memverifikasi hasil ini,” tulis manajer misi Kepler Roger Hunter, dari Pusat Riset Ames milik NASA di Moffett Field, California, dalam sebuah update hari Jumat, tanggal 7 Juni. 

Tangkapan terbaru ini membuat perhitungan Kepler atas calon-calon exolanet meningkat menjadi 3.216. Namun hanya 132 di antaranya yang telah dikonfirmasi dengan observasi lanjutan hingga saat ini, tetapi para ilmuwan misi memperkirakan sekurangnya 90 persen dari jumlah tersebut akan menjadi nyata. [7 Greatest Kepler Discoveries (So Far)]

Temuan-temuan baru tersebut diambil dari observasi yang dilakukan Kepler selama tiga tahun pertama beroperasinya pesawat ruang angkasa tersebut, dari bulan Mei 2009 hingga Maret 2012, kata para peneliti. Teleskop tersebut belum melakukan perburuan planet semenjak mengalami kerusakan dalam sistem pemantapan orientasi (system orientation-maintaining)-nya bulan lalu.

Masa depan yang tak pasti

Pesawat ruang angkasa Kepler (Kepler spacecraft) seharga $600 juta tersebut diuncurkan pada bulan Maret 2009, yang sekaligus menandai dimulainya sebuah misi 3,5 tahun untuk menentukan betapa banyaknya planet-planet serupa Bumi di seantero galaksi Bima Sakti.

Kepler mengetahui adanya exoplanets dengan cara mendeteksi kerlipan cahaya kecil yang timbul ketika exoplanets tersebut melintas di depan muka dari bintang-bintang mereka dari persfektif intsrumen tersebut. Observatorium tersebut bisa melakukan pekerjaaan dengan presisi yang tinggi ini dengan cara mengunci 150.000 lebih bintang-bintang yang dijadikan target dengan menggunakan perangkat serupa giroskop yang dinamakan roda reaksi (reaction wheels).

Kepler diluncurkan dengan empat roda reaksi—tiga roda yang digunakan dan satu roda cadangan. Namun satu roda, yang dikenal sebagai roda nomer dua, rusak pada tahun 2012. Dan yang kedua (nomer empat) rusak pula pada bulan lalu, sehingga melumpuhkan kemampuan pesawat tersebut dalam menunjukkan ketepatan posisi.

Jika sekurangnya satu dari roda-roda yang rusak tersebut tidak bisa diperbaiki, maka masa perburuan planet oleh Kepler ini hampir bisa dipastikan berakhir dan perlu dibentuk sebuah misi baru bagi pesawat ruang angkasa tersebut.

Para insinyur telah mengidentifikasi sejumlah test yang bisa membantu kemungkinan memfungsikan kembali roda-roda yang rusak tersebut, kata Hunter. Mereka kini sedang mengembangkan commands tersebut pada testbed Kepler di Ball Aerospace di Boulder, Colorado, di mana pesawat ruang angkasa tersebut dibangun.

“Tampaknya diperlukan waktu selama beberapa minggu sebelum mereka siap mengimplementasikan commands tersebut pada roda-roda reaksi pada pesawat ruang angkasa tersebut,” tulis Hunter dalam update tertanggal 7 Juni. “Kami akan terus memberikan update jika ada perubahan-perubahan penting pada saat rencana ini dibuat dan dijalankan.”

Masih akan ada banyak temuan

Apakah Kepler bisa disehatkan kembali atau tidak, namun misi penemuan exoplanet akan terus berlangsung dalam tahun-tahun mendatang, kata para peneliti.

Kepler telah mengumpulkan data dalam jumlah besar, dan para anggota tim sejauh ini baru meneliti kira-kira separuh dari data tersebut.

“Kami punya data-data excellent untuk dua tahun lagi,” kata kepala investigator Kepler Bill Borucki yang juga bekerja di NASA Ames pada wartawan bulan lalu. “Jadi saya pikir hal yang paling menarik adalah, penemuan-penemuan yang menarik masih akan terjadi dalam dua tahun ke depan.” (By Mike Wall | SPACE.com – Fri, Jun 14, 2013)

Follow Mike Wall on Twitter @michaeldwall and Google+. Follow us @Spacedotcom, Facebook or Google+. Originally published on SPACE.com.
Copyright 2013 SPACE.com, a TechMediaNetwork company. All rights reserved. This material may not be published, broadcast, rewritten or redistributed.

http://news.yahoo.com/ailing-nasa-telescope-spots-503-alien-planet-candidates-195511983.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger