Olahraga Juga Bisa Membuat Kulit Awet Muda


Work it out: A new study has found that regular exercise can cause the skin's aging process to reverse, even in participants who took it up later in life
Lupakan krim-krim anti-penuaan yang mahal itu, para ilmuwan telah menemukan bahwa berolahraga secara teratur boleh jadi merupakan kunci untuk meremajakan kulit yang mulai menua.

Para peneliti di McCaster University di Ontario menemukan bahwa bahkan orang yang mereka teliti yang baru mulai berolahraga dalam usia tuanya bisa mendapatkan kulit mereka lebih muda dengan berolahraga .

‘Saya tidak ingin melebih-lebihkan hasil-hasil penelitian kami ini, tapi, benar, ini cukup berharga untuk dilihat,’ kata Dr Mark Tarnopolsky, yang mengawasi penelitian tersebut, pada The New York Times.
 
Penelitian tersebut dimulai pada tikus, ketika para ilmuwan memperhatikan bahwa dengan menjauhkan hewan pengerat ini dari exercise wheels (alat olahraga berupa roda) menyebabkan tikus-tikus tersebut cepat lemah, gundul dan sakit.

Sedangkan tikus-tikus yang diberi exercise wheels, lebih sehat secara keseluruhan, bulu-bulunya tidak rontok dan bahkan tidak beruban.

Tertarik oleh temuan hasil mereka itu, tim tersebut melanjutkan untuk meneliti sebuah kelompok yang terdiri dari 229 orang laki-laki dan wanita sukarelawan yang berusia antara 20 hingga 84 tahun.

Separuh dari para partisipan diminta untuk melakukan sekurangnya tiga jam aktivitas fisik mulai dari yang moderat hingga yang gencar setiap minggunya, sedangkan separuh lainnya tetap tidak melakukan apa-apa.

Semua relawan kemudian diminta menyerahkan sepotong kulit dari pantat mereka—sebuah area yang jarang terkena kerusakan akibat sinar matahari—dan hasilnya, tentu saja, sampel dari mereka yang berolahraga menunjukkan kulit yang kelihatan lebih muda.

Bagian akhir dari penelitian mereka itu meneliti orang-orang yang berusia lebih dari 65-tahun yang sebelumnya tidak menyukai olahraga, tapi kemudian melakukan serangkaian latihan fitness selama tiga bulan.

Ketika membandingkan contoh-contoh kulit pantat yang diambil sebelum dan sesudah mereka melakukan latihan fitness, para peneliti mengatakan hasil-hasilnya mengejutkan, dengan catatan bahwa baik lapisan dalam maupun lapisan luar kulit mereka terlihat seperti mereka masih berusia 20 hingga 40 tahun.

‘Seuatu yang beda yang telah mereka lakukan hanyalah olahraga,’ kata Dr Tarnopolsky menyimpulkan. Adalah mencengangkan mengetahui betapa olahraga bisa mengubah tubuh kita dengan cara-cara yang rumit.’

Meski dia mengakui bahwa contoh kulit yang diambil tersebut hanya sedikit saja dan masih diperlukan lebih banyak penelitian, namun hasil-hasil temuan tersebut cukup menunjukkan salah satu kelebihan dari melakukan olahraga; yang bisa meningkatkan banyak manfaat kesehatan lain yang sudah dikenal selama ini, termasuk meningkatkan kesehatan otak dan kardiovaskuler.

Dan bagi kita semua yang menganggap penampilan adalah segalanya, ini adalah alasan yang paling tepat untuk melakukan rolahraga. (By Annabel Fenwick Elliott)

Read more:
http://www.dailymail.co.uk/femail/article-2607298/Can-exercise-actually-REVERSE-aging-Promising-new-study-reveals-working-make-skin-appear-FORTY-years-younger.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger