Jenis Kepribadian Anda Ditentukan oleh Internet

Five, a start-up, can analyze Facebook posts, including those by the social network's co-founder, Mark Zuckerberg, to determine personality types based off of select key attributes.
Photo illustration by The New York Times/Images: by Robert Galbraith/Reuters and Five

Dalam beberapa cara, Internet telah menjadi sebuah game tentang “jenis dan dijeniskan.” Sekarang Anda bisa memainkannya di rumah pula.

Perusahaan-perusahaan seperti Facebook, Google dan Twitter memperhatikan pertanyaan-pertanyaan, update dan antusiasme yang kita tulis dalam layanan mereka, kemudian mereka mencoba menggolongkan jenis iklan apa yang paling mempunyai efek persuasif terhadap kita. 

Pada hari Selasa lalu, sebuah perusahaan pemula di Berkeley, California yang dinamakan Five mem-post-kan sebuah tool (lihat: a tool) yang memberi sebuah sense tentang apa yang mungkin perusahaan-perusahaan web besar lihat ketika mereka memperhatikan kita.

Dengan menggunakan sebuah link ke post-post dalam Facebook, Five menganalisis bahasa yang kita gunakan dalam menulis, dan menentukan afiliasi relatif kita terhadap lima atribut kepribadian: openness (keterbukaan), extraversion (ekstraversi), agreeableness (keramahan), conscientiousness (kesadaran) and neuroticism (neurotisisme). Five kemudian membandingkannya dengan orang-orang terkenal (berdasarkan tulisan-tulisan dan pernyataan-pernyataan mereka yang disiarkan), dan juga teman-teman Facebook Anda.

Berdasarkan respon-respon awal terhadap situs tersebut di Twitter, “orang-orang tampaknya mengidentifikasi dengan cukup kuat terhadap jenis-jenis kepribadian yang kami ajukan tersebut,” kata Nikita Bier, co-founder Five, yang sedang mengerjakan sebuah produk untuk percakapan online yang akan menggunakan teknologi yang serupa. “Hanya sekitar 10 persen yang mengatakan kami langsung salah tentang kepribadian mereka.” 

Masalahnya sebagian mungkin adalah ketidakjelasan dalam menulis secara keseluruhan, yang bisa menimbulkan identifikasi yang sama dengan yang dirasakan orang ketika membaca horoskop yang paling general di surat kabar.

Ada sejumlah penelitian yang signifikan tentang hubungan antara kata-kata yang kita pilih dengan kepribadian yang kita punya. H. Andrew Schwartz, seorang peneliti di Universitas Pennsylvania yang pernah menerbitkan penelitian tentang topik ini, menjadi penasihat bagi Five. 

Mr.Bier mengatakan pokok utama dari latihan ini bukanlah soal presisi, tapi untuk memberi sense bagi orang banyak tentang apa yang perusahaan-perusahaan media sosial sedang lakukan terhadap mereka, mungkin dengan cara yang lebih hebat.

“Kualitas prediktif dari kelima jenis kepribadian tersebut adalah bagus untuk iklan,” katanya. “Orang dengan kepribadian yang lebih terbuka suka pergi ke kedai kopi, dan mempunyai apartemen yang menarik. Anda mungkin ingin memberi mereka iklan tentang Ikea. Orang neurotik sering mengkhawatirkan kesehatan mereka, jadi berilah mereka iklan tentang vitamin.”

Berdasarkan sebuah sampel yang sama sekali tidak ilmiah (meski si penulis telah mengetahui pokok ini sejak lama), analisis Five agak kurang akurat, dan agak membingungkan.

Saya sendiri, tampaknya, sekitar 30 persen lebih menyerupai si kapitalis ventura Marc Andreessen daripada seperti istri saya. Saya juga sama neurotiknya dengan Mark Cuban, si pemilik tim basket Dallas Mavericks, kurang mengapresiasi seni daripada Mahatma Gandhi, dan hanya sedikit lebih koperatif daripada LeBron James, si bintang tim basket Miami Heat.

Saya tahu hanya tiga dari 10 “teman” Facebook saya yang sangat serupa dengan saya. Saya sedikit mirip dengan kebanyakan orang yang saya sebenarnya kenal dan suka di Facebook.

Kedengarannya tak asing?

(By QUENTIN HARDY / June 11, 2014 7:00 am)
 
http://bits.blogs.nytimes.com/2014/06/11/your-personality-type-defined-by-the-internet/?_php=true&_type=blogs&smid=fb-nytimes&WT.z_sma=TE_YPT_20140611&bicmp=AD&bicmlukp=WT.mc_id&bicmst=1388552400000&bicmet=1420088400000&_r=3&

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger