3 Alasan Mengapa Level Gula Darah Anda Tinggi

Three reasons your blood glucose might be high
Tidak peduli betapa pun kerasnya Anda mencoba menjaganya, terkadang gula darah Anda tetap naik. Meski Anda sudah mengusahakan yang terbaik menurut Anda, gula darah Anda boleh jadi tetap tinggi dan Anda tidak tahu kenapa. Biasanya, biang keroknya adalah salah satu dari tiga hal  di bawah ini atau kombinasi dari ketiganya.

Para ahli penyakit diabetes berpendapat bahwa tiga pemicu gula darah menjadi tinggi boleh jadi adalah karena memakan terlalu banyak karbohidrat, stress, atau karena obat-obatan yang Anda gunakan. Joslin Diabetes Center menganjurkan para penderita diabetes untuk mengatasi tiga pemicu ini.

Karbohidrat
Karena tidak semua karbohidrat adalah sama, maka perhatikan baik-baik makanan yang akan Anda makan. Sebagai contoh, sebuah bagel (semacam donat yang besar) mengandung karbohidrat sebanyak empat hingga lima kali lebih banyak daripada sepotong roti panggang (toast). Mengurangi memakan karbohidrat adalah cara terbaik untuk mengontrol level gula darah Anda. Hati-hati dengan karbohidrat tersembunyi. Makanan-makanan yang diberi label tak mengandung gula (sugar free) tidaklah selalu bebas dari karbohidrat. Bahkan es krim bebas gula (sugar free ice cream) mengandung 14 gram karbohidrat karena es krim tersebut terbuat dari susu.

Stress
Stress, apakah itu stress fisik atau stress mental, bisa menyebabkan level gula darah Anda melambung tinggi. Stress fisik boleh jadi disebabkan sakit (illness), cedera atau hormon yang menyebabkan glukosa gula darah Anda naik. Begitu Anda sembuh, maka gula darah Anda akan kembali. Bahkan sakit pilek (cold) saja bisa menyebabkan level gula darah Anda baik. Dan jika Anda meminum sirup obat batuk yang mengadung gula, maka level gula darah Anda akan bertambah naik.

Obat-obatan
Jika Anda sedang mengkomsumsi beberapa jenis obat sekaligus, maka level gula darah Anda boleh jadi akan naik pula. Sebagian obat tekanan darah, yang dikenal sebagai diuretik atau water pills (pil air), bisa menaikkan level glukosa darah. Obat penyakit arthritis dan pil KB juga bisa menyebabkan level glukosa darah naik.

Ada banyak alasan mengapa level glukosa darah Anda bisa jadi terlalu tinggi, dan setiap orang boleh jadi mempunyai respon yang berbeda-beda. Akan tetapi, jika level gula darah Anda naik, pertimbangkan tiga hal di atas dan usahakan mengendalikannya untuk menurunkan gula darah Anda kembali. (Margaret Minnicks/Diabetes Examiner)

Suggested Links
http://www.examiner.com/article/three-reasons-your-blood-glucose-might-be-high

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger