Ini Akibatnya Jika Anda Tidak Memakai Shampo Selama 6 Bulan

feature_image_template
Photo via Margaret Badore

Bayangkan Anda membuang semua shampo dan kondisioner dari kamar mandi Anda…selamanya. Inilah yang oleh penulis yang bernama Katherine Martinko dan rekannya Margaret Badore coba dilakukan selama satu bulan dan mereka mendokumentasikan hasil percobaan mereka itu dalam tulisan mereka: The No Shampoo Experiment“. Enam bulan kemudian, Martinko membuang benda-benda pembersih rambut yang dahulunya wajib ada di dalam kamar mandinya dan menggantikan benda-benda itu dengan benda-benda yang terdapat di dalam dapurnya: baking soda (soda kue) dan apple cider vinegar (cuka sari apel). Dia mengalami hal-hal yang mengejutkan dan dia menyukai perubahan pada rambutnya yang kini lebih sehat (yang ramah lingkungan pula). Dia menggambarkan dirinya sebagai seorang “yang kokoh mengatakan  ‘no shampoo’ dan tidak berniat kembali lagi.

Khawatir tentang masa penyesuaian pada waktu memulai? Menurut Martinko, dia tidak mengalami perubahan-perubahan negatif apapun pada rambutnya. Dia telah menemukan bahwa rambutnya secara konsisten menjadi lebih tebal dan lebih mudah diatur. Menghindari shampo membuat jarak waktu antara mencuci rambut yang satu dengan yang berikutnya lebih lama (4-5 hari), dan rambut menjadi tidak banyak berminyak, lebih lembut, lebih berkilau dan tidak terlalu menggumpal (less frizzy) daripada sebelumnya. Dia menggambarkan rintangan terbesarnya adalah masalah psikologis dan mengatasi bau “bumbu salad” di kamar mandi. Bau tersebut, dia perhatikan, menghilang dengan cepat. 

Martinko telah menambahkan bumbu dapur lainnya untuk perawatan rutin rambutnya: santan kelapa. Dia temukan bahwa mengusapkan sedikit santan kelapa pada rambutnya yang lembab  (damp) akan membuat rambut menjadi longgar alami. Ketika dia menggunakan shampo pada waktu berpergian, dia temukan rambutnya menjadi lebih kering, lebih menggumpal dan terlihat lebih banyak berminyak dalam tempo dua hari. Dia juga temukan bahwa kulit kepalanya lebih gatal. Sebagian shampo tampaknya bisa menghilangkan minyak alami rambut, sedangkan vinegar (cuka) dan soda tidak.

Keuntungan besar lainnya dari mencoba soda dan vinegar: keduanya lebih ramah terhadap bumi—dan sangat murah. Tidak menggunakan pembungkus plastik untuk shampo, kondisioner, gel atau botol untuk hairspray, yang dibutuhkan hanyalah satu kotak kardus soda dan satu botol gelas vinegar. Dalam tempo enam bulan, Martino hanya menghabiskan satu kotak soda dan setengah botol apple cider vinegar (cuka sari apel).

Meski cara ini mungkin tidak cocok bagi semua orang, atau jenis rambuat apa saja, tapi tampaknya tak ada salahnya dicoba! Saya sendiri akan mencobanya nanti malam…tapi saya belum akan membuang botol shampo saya, siapa tahu ini tidak berhasil.
Inilah resep dari Martinko: 

“Masukkan 2 sendok makan baking soda (soda kue) ke dalam sebuah gelas ukuran 500 mL. Basahkan rambut Anda. Isi gelas dengan air dan aduk untuk membuat baking soda larut. Curahkan ke kepala Anda dan usapkan pada rambut Anda. Bilas. Masukkan 2 sendok makan apple cider vinegar (cuka sari apel) ke dalam wadah yang sama. Tambahkan air, curahkan ke kepala, dan bilas langsung.

Takaran di atas untuk rambut yang panjang. Jika rambut Anda pendek atau medium, gunakan 1 sendok makan baking soda dan vinegar dalam 1 cangkir air. Jika rambut Anda tampaknya tidak cukup bersih ketika mengering, perbanyak sodanya di lain kesempatan.)” (Written by Meghan K. Toups, MS)

About the Author:
Meghan Toups is a frequent contributor on Expanded Consciousness, she is a Nationally Certified Counselor and Licensed Professional Counselor in the state of Georgia. Meghan also received her health coaching certification and training from the Institute for Integrative Nutrition, where she was trained in more than one hundred dietary theories and studied a variety of practical lifestyle coaching methods. Feel free to contact Meghan HERE.


http://expandedconsciousness.com/2014/09/29/the-no-shampoo-experiment-6-months-later/

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger