Meditasi Terbukti Bisa Mengembangkan Otak: Hanya Dalam Tempo Delapan Minggu Bisa Meningkatkan Kemampuan Belajar dan Memori

Practising simple meditation techniques such as concentrating on your breathing helps build denser grey matter in parts of the brain associated with learning and memory (stock image)
Meditasi benar-benar merupakan olahraga bagi pikiran, menurut para ilmuwan yang telah menemukan bahwa meditasi bisa membuat ukuran otak menjadi lebih besar.

Melakukan teknik-teknik meditasi sederhana seperti melakukan konsenstrasi pada tarikan napas Anda bisa membantu membuat grey matter pada pada bagian otak yang berhubungan dengan belajar dan memori, mengontrol emosi dan rasa welas asih (compassion) menjadi lebih padat.

Meditasi selama delapan minggu bisa menghasilkan perubahan-perubahan struktural yang cukup besar untuk ditangkap oleh alat scan MRI, demikian hasil temuan para ilmuwan Amerika.

Ahli neurosains Harvard Dr. Sara Lazar mengatakan: ‘Jika Anda menggunakan bagian tertentu dari otak Anda, maka bagian itu akan bertumbuh karena Anda menggunakannya. Ini benar-benar merupakan latihan mental. Pada dasarnya, idenya adalah “gunakan atau Anda akan kehilangan dia”. Hal ini sama halnya dengan kita membangun otot kita.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Lazar dan para koleganya, 16 orang relawan menjalani scan otak sebelum dan setelah delapan minggu mereka menjalani kursus ‘pemusatan perhatian’ (‘mindfulness’ course).

Mindfulness adalah bentuk meditasi yang kini semakin populer di mana tujuannya adalah untuk memfokuskan pikiran (thoughts) pada sensasi-sensasi tubuh dan melepaskan diri dari pikiran-pikiran yang mengganggu (‘chatter of the mind’).

Para relawan tersebut menjalani sesi-sesi kelompok mingguan di mana mereka melakukan latihan pernapasan, yoga lunak (gentle yoga) dan menjalani sebuah ‘scan tubuh’, memfokuskan pikiran-pikiran pada salah satu bagian tubuh dalam setiap kali sesi. Mereka juga diminta melakukan hal itu selama setengah jam setiap hari.

Scan MRI dilakukan sebelum dan setelah mereka menjalankan sesi-sesi tersebut dan hasilnya dibandingkan dengan para relawan yang tidak mengikuti kursus mindfulness.
Setelah depalan minggu, mereka yang mengikuti kursus meditasi mindfulness ternyata mempunyai grey matter yang lebih tebal pada beberapa bagian otak mereka. Ini termasuk hippocampus sebelah kiri, sebuah struktur kecil berbentuk sepatu kuda yang terdapat pada otak bagian tengah yang terlibat dalam memori, belajar dan pengaturan emosi.

Bagian-bagian lain yang juga ‘menjadi lebih kuat’ adalah posterior cingulate cortex—yang juga penting bagi memori dan emosi; temporo-parietal junction, yang berperan dalam menimbulkan rasa empati; dan cerebellum, yang membantu mengkoordinasi gerakan.

Mereka yang tidak menjalani kursus meditasi mindfulness tidak mengalami perubahan-perubahan struktur otak seperti itu.

Dr Lazar mengatakan latihan mental bisa menstimulasi neuron-neuron yang membentuk grey matter untuk membentuk koneksi yang lebih padat di antara mereka. (By Stephen Adams, Mail On Sunday Health Correspondent)

http://www.dailymail.co.uk/health/article-2826953/Proof-meditation-grow-brain-just-eight-weeks-improve-learning-memory.html?ito=social-facebook

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger