7 Hal yang Tidak Boleh Anda Lakukan di Facebook

Oleh Consumer Report Magazine
Kamis, 12 mei 2010

Menggunakan Password yang Lemah

Hindari menggunakan nama atau kata-kata sederhana yang ada di dalam kamus sebagai password Anda, meskipun dikombinasikan dengan angka di ujungnya. Tapi, gunakan gabungan huruf besar dan huruf kecil, dan simbol-simbol. Sebuah password sekurangnya harus terdiri dari delapan karakter. Salah satu teknik yang bagus dalam membuat password adalah dengan cara memasukkan angka atau simbol-simbol di tengah kata, seperti variant dari kata  “house” beikut ini: h027usEs!

Meninggalkan Tanggal Lahir Lengkap di Profil Anda

Tanggal lahir adalah target ideal pencurian identitas, pencuri bisa menggunakannya untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai diri Anda, dan memungkinkannya mendapatkan akses ke rekening bank atau kartu kredit Anda. Jika Anda sudah terlanjur mencantumkan tanggal lahir, bukalah halaman profil facebook anda dan klik ‘info’, dan edit informasinya. Pada bagian basic information, gunakan hanya tanggal dan bulan saja, atau jangan gunakan sama sekali.

Mengabaikan Penggunaan Privacy Control

Untuk sebagian besar profil Facebook Anda, Anda bisa membatasi akses untuk hanya ke teman Anda, ke temannya teman Anda, atau ke Anda sendiri. Batasi akses ke foto-foto, tanggal lahir, religious view, dan informasi keluarga, di antaranya. Anda bisa memberikan akses hanya ke orang tertentu, atau grup tertentu terhadap item-item seperti foto-foto, atau block orang-orang tertentu sehingga tidak bisa melihatnya. Perlu juga dipertimbangkan untuk menghapus info kontak seperti nomer telepon dan alamat, jika Anda tidak ingin orang lain mengakses informasi tersebut.

Mem-posting Nama Anak Anda dalam Sebuah Captions 

Jangan gunakan nama anak-anak Anda dalam tag foto-foto atau captions. Jika orang lain melakukan ini, hapus dengan meng-klik Remove Tag. Jika anak Anda tidak Anda masukkan dalam facebook Anda, dan orang lain menuliskan namanya dalam captions, minta orang itu menghapus namanya.

Memberi Tahu Bahwa Anda Akan Berpergian

Memberi tahu bahwa Anda akan berpergian meninggalkan rumah sama dengan memberi tanda “rumah tak berpenghuni” di pintu rumah Anda. Tunggu sampai Anda kembali dari berpergian, barulah Anda boleh bercerita betapa menyenangkan liburan yang telah Anda jalani dan jangan beri tahu tanggal Anda melakukan perjalanan tersebut.

Membiarkan Search-Engine Menemukan Anda

Untuk menghindari orang lain mengakses page Facebook Anda, masuklah ke account, kemudian privacy setting, kemudian search, kemudian klik Facebook Search results dan pilih, beri tanda hitam, Only Friends. Pastikan pilihan Everyone tidak diberi tanda hitam, dan tidak diberi tanda gembok. Lihat contoh:

contoh privacy setting
contoh privacy setting

Membiarkan anak-anak menggunakan Facebook Tanpa Pengawasan

Facebook membatasi anggotanya hanya untuk usia 13 tahun ke atas, akan tetapi anak-anak di bawah usia 13 juga menggunakannya. Jika ada anak Anda usia di bawah 13 menggunakan Facebook, maka cara terbaik dalam mengawasinya adalah dengan menjadi teman online-nya. Gunakan alamat e-mail Anda sebagai kontak untuk akun-akun mereka sehingga Anda akan menerima notifikasi mereka dan memonitor aktifitas mereka. “Apa yang mereka anggap biasa bisa menjadi masalah yang serius”, kata Charles Pavelites seorang supervisor special agent pada Pusat Penanganan Pengaduan Kejahatan Internet, seorang anak yang mem-post-kan komen “Mama akan sebentar lagi  pulang, Saya harus mencuci piring”, setiap hari pada saat yang sama, sesungguhnya sedang memberi tahu terlalu banyak tentang kebiasaan pulang perginya orang tuanya. (yahoo.com)***

Consumer report has no relationship with any advertises on Yahoo!
Copywrited 2009, Consumers Union of U. S., Inc. All Rights Reserved

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger