Sayuran yang Wajib Dimakan yang Paling Banyak Dicari Wanita

By Jenny Everett, SELF magazine

seledri air (watercress)


DI PASAR, kita sering merasa kebingungan ketika hendak memilih sayuran—ada banyak sekali pilihan. Akhir-akhir ini, kubis telah menarik perhatian banyak orang sebagai makanan super yang mengandung banyak vitamin dan nutrient. Tetapi, secara estetis, kita lebih tertarik pada seledri air (watercress), karena penampilannya yang cantik, dan daun-daunnya yang mungil.

Terbukti, seledri air adalah pesaing kuat dari kubis. Faktanya, meski masih perlu diteliti lebih lanjut, sebuah studi terbaru menemukan bahwa seledri air bisa mengurangi resiko kanker payudara, berkat adanya senyawa yang menghambat protein yang bisa menyebabkan pertumbuhan tumor dalam sayuran ini.

“Di samping adanya kandungan senyawa tersebut dalam studi ini, secangkir seledri air mengandung banyak vitamin A dan C dan bisa memenuhi kebutuhan vitamin K Anda sepanjang hari, sebuah nutrient yang membantu menjaga kekuatan tulang Anda dan kesehatan jantung Anda—dan hanya mengandung empat kalori,” kata Monica Reinagel, M.S., seorang nutrisionis, chef dan blogger untuk situs kami yang baru,  Nutrition Data.

“Seledri air juga merupakan sebuah diuretik yang lunak, yang bisa membantu Anda mengurangi cairan yang berlebihan (excess fluid) ketika Anda sedang mengalami kembung (bloated) karena kebanyakan garam atau sebelum datang bulan,” katanya menambahkan.

Di bawah ini adalah tiga cara mudah untuk menambahkan seledri air ke dalam makanan Anda

  1. Pasangkan dengan Ayam atau Ikan. Sulforaphane, sebuah antoksidan yang terdapat dalam sayuran kelompok cruciferous (seperti allysum, candytuft, kubis, lobak, brokoli, dll), akan menjadi 13 kali lebih efektif dalam melawan radikal-radikal bebas penyebab kanker jika dimakan bersama selenium mineral, yang ditemukan dalam makanan laut, unggas dan beberapa jenis sayuran lain. 
  1. Campurkan ke dalam Pasta Hangat. Sayuran yang sedikit layu akan lebih mudah dicerna oleh tubuh, yang dengan demikian akan memeungkinkan tubuh Anda menyerap lebih banyak zat-zat gizi. Kami menyukai resep ini (this recipe) untuk memasak Linguine dengan Cabe, Kepiting, dan Seledri Air yang diambil dari buku resepnya Nigella Lawson, “Forever Summer”.
  1. Jadikan Sebagai Bagian dari Makanan Kesehatan Jantung Serbaguna. Riset pendahuluan telah menghubungkan seledri air dengan penyakit jantung cardiovaskuler. Meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada hewan dan manusia, namun telah terbukti bahwa seledri air bisa mengurangi triglycerides (sebuah faktor resiko penyakit cardiovaskuler). Untuk lebih meningkatkan khasiatnya bagi jantung, pasangkan sayuran ini dengan item-item yang lain dari SELF's hearty-healthy shopping list. Dan shrimp, watermelon and watercress salad yang akan menghentak cita rasa Anda.(Yahoo! Shine)

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger