11 Manfaat Tidur


Tidur membuat Anda merasa lebih sehat, tapi manfaat tidur lebih dari sekedar bisa meningkatkan mood Anda atau menghilangkan lingkaran-lingkaran di bawah mata Anda.
Tidur yang cukup adalah kunci dari kebiasaan hidup sehat, dan bisa bermanfaat bagi jantung, berat tubuh, pikiran Anda, dan banyak lagi.
“Tidur biasanya diabaikan, seperti kita memarkir mobil kita di dalam garasi dan mengeluarkannya lagi di pagi hari,” kata David Rapoport, MD, direktur Program Gangguan Tidur NYU
Kini tidak lagi. Di bawah ini adalah sebagian manfaat kesehatan dari tidur yang nyenyak yang telah ditemukan oleh para peneliti.
Memperbaiki memori
Pikiran Anda secara mengejutkan sibuk ketika Anda tertidur. Selama Anda tertidur Anda bisa memperkuat memori atau “mempraktikkan” skill-skill yang Anda pelajari ketika Anda sedang terjaga (inilah proses yang disebut konsolidasi).
“Jika Anda sedang mencoba mempelajari sesuatu, apakah itu yang bersifat fisik atau mental, maka Anda akan mempelajarinya hingga titik tertentu dengan praktik,” kata Dr. Rapoport, yang merupakan seorang associate profesor di NYU Langone Medical Center. “Namun sesuatu terjadi ketika Anda sedang tertidur yang bisa membuat Anda mempelajari sesuatu itu dengan lebih baik.”
Dengan kata lain jika Anda sedang mencoba mempelajari sesuatu yang baru—apakah itu bahasa Spanyol atau gerakan tennis yang baru—maka Anda akan bisa mempelajarinya dengan lebih baik setelah Anda tidur.
Hidup lebih panjang?
 
Terlalu banyak atau terlalu sedikit tidur dihubung-hubungkan dengan usia yang lebih pendek—meski tidak jelas apakah hal itu merupakan penyebab atau akibat. (Penyakit juga bisa mempengaruhi pola tidur.)
Dalam sebuah studi pada tahun 2010 tentang kaum wanita yang berusia 50 hingga 70 tahun, ternyata lebih banyak kematian terjadi pada wanita yang tidur kurang dari lima jam atau lebih dari enam setengah jam semalam.
Tidur juga mempengaruhi kualitas hidup.
“Banyak hal yang kita anggap biasa ternyata dipengaruhi oleh tidur,” kata Raymonde Jean, MD, direktur pengobatan tidur dan associate direktur critical care di St. Luke’s-Roosevelt Hospital Center di New York City. “Jika Anda tidur lebih baik, tentu Anda bisa hidup lebih baik pula. Hal ini sangat jelas.”
Mengatasi peradangan
 
Peradangan (inflamasi) dihubungkan dengan penyakit  jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan penuaan dini. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur—enam jam atau kurang semalam—mempunyai level darah protein inflamasi (inflammatory protein) yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidur lebih lama.
Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa protein reaktif-C, yang dihubung-hubungkan dengan resiko serangan jantung, adalah lebih tinggi pada orang yang tidur enam jam atau kurang semalam.
Orang yang menderita apnea tidur atau insomnia bisa mengalami perbaikan dalam tekanan darah dan inflamasi jika diberi perawatan gangguan-gangguan tidur, kata Dr. Rapoport.
Memicu kreatifitas
 
Tidurlah di malam hari dengan baik sebelum Anda mengeluarkan kanvas dan kuas atau kertas dan pena di pagi harinya.
Sebagai tambahan dari mengkonsolidasikan memori, atau membuat memori menjadi lebih baik, otak Anda tampak akan melakukan reorganisasi dan restrukturisasi memori, yang akan menghasilkan lebih banyak kreatifitas pula.
Para peneliti di Harvard University dan Boston College menemukan bahwa kita tampaknya memperkuat komponen-komponen emosional dari memori selama tidur berlangsung, yang akhirnya bisa membantu memicu proses kreatif.
Menjadi pemenang
 
Jika Anda adalah seorang atlit, ada satu cara sederhana untuk memperbaiki performa Anda: tidur.
Sebuah studi di Stanford University menemukan bahwa para pemain football perguruan tinggi yang mencoba tidur sekurangnya 10 jam semalam selama tujuh hingga delapan minggu mampu memperbaiki waktu rata-rata lari sprint mereka dan mengalami kelelahan di siang hari yang lebih sedikit dan mendapat lebih banyak stamina.
Hasil-hasil dari studi ini merefleksikan temuan-temuan terdahulu yang terlihat pada para pemain tennis dan perenang.
Meningkatkan nilai Anda
 
Anak-anak berusia antara 10 dan 16 tahun yang mengalami gangguan pernapasan tidur, yang termasuk mendengkur, apnea tidur, dan jenis-jenis gangguan pernapasan lainnya ketika tidur, cenderung lebih besar kemungkinan akan mengalami masalah dalam hal perhatian dan pelajaran, menurut sebuah studi pada tahun 2010 dalam jurnal Sleep. Hal ini bisa mengarah pada “gangguan fungsional yang signfikan di sekolah,” tulis para penulis dalam pnelitian tersebut.
Dalam sebuah studi lainnya, para mahasiswa yang kurang tidur mendapat nilai yang lebih buruk dibandingkan dengan mereka yang tidur cukup.
“Jika Anda sedang mencoba mengejar deadline, maka Anda sering mengabaikan tidur,” kata Dr. Rapoport, “namun hanya kurang tidur yang parah dan berulang-ulang sajalah yang bisa mengganggu pembelajaran.”
Mempertajam perhatian
 
Kurang tidur bisa mengakibatkan simptom seperti ADHD pada anak-anak, kata Dr. Rapoport.
“Anak-anak tidak bereaksi terhadap kekurangan tidur dengan cara yang sama dengan orang dewasa,” katanya menambahkan. “Di mana orang dewasa menjadi mengantuk, sedangkan anak-anak menjadi hiperaktif.”
Sebuah studi pada tahun 2009 di dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak yang berusia tujuh dan delapan tahun yang tidur kurang dari delapan jam semalam lebih cenderung menjadi hiperaktif, kurang perhatian, dan impulsif.
“Kami mendiagnosis dan mengukur tidur dengan mengukur perubahan-perubahan elektrik di dalam otak,” kata Dr. Rapoport. “jadi tidak mengejutkan kalau cara kita tidur mempengaruhi otak kita.”
Memiliki berat tubuh yang sehat
 
Jika Anda sedang berpikir akan menjalankan diet, maka Anda mungkin perlu merencanakan tidur lebih awal pula.
Para peneliti di Universitas Chicago menemukan bahwa para pelaku diet yang melakukan istirahat dengan baik berhasil menghilangkan lebih banyak lemak—56% dari jumlah penurunan berat tubuh mereka—dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur, yang mengalami kehilangan massa otot lebih banyak. (Namun mereka mengalami penurunan berat tubuh yang hampir sama tidak tergantung pada berapa lama mereka idur.)
Para pelaku diet dalam studi tersebut juga merasa lebih lapar ketika mereka tidur lebih sedikit.
“Tidur dan metabolisme dikontrol oleh sektor otak yang sama,” kata Dr, Rapoport. “Ketika Anda merasa mengantuk, maka hormon tertentu di dalam darah Anda akan naik, dan hormon yang sama bisa meningkatkan nafsu makan.”
Mengurangi stress
 
Ketika menyangkut masalah kesehatan stress dan tidur hampir merupakan satu kesatuan dan sama—dan keduanya bisa mempengaruhi kesehatan kardiovaskuler.
“Tidur bisa secara nyata mengurangi tingkat stress, dan dengan tidur orang bisa mempunyai kontrol yang lebih baik akan tekanan darah mereka,” kata Dr. Jean. “Juga dipercaya bahwa tidur bisa mempengaruhi tingkat kolesterol, yang memainkan peran penting dalam kesehatan jantung.
Mengindari kecelakaan
 
Administrasi Keselamatan Jalan Raya Nasional AS melaporkan pada tahun 2009 bahwa kelelahan merupakan pemicu utama para sopir mengalami kecelakaan tunggal yang mobilnya melenceng keluar jalan raya—bahkan lebih banyak dari alkohol!
“Rasa kantuk sering disepelekan sebagai sebuah masalah oleh kebanyakan orang, namun harga yang harus dibayar masyarakat untuk itu teramat mahal,” kata Dr. Rapoport. Kantuk bisa mempengaruhi waktu reaksi dan pembuatan keputusan.”
Menghindari depresi
 
Tidur dengan baik lebih banyak bermanfaat bagi kebaikan tubuh secara keseluruhan dibandingkan dengan hanya mengindari iritabilitas.
“Kurang tidur bisa menyebabkan depresi,” kata Dr. Jean. “Tidur malam yang baik benar-benar bisa membantu orang yang murung mengurangi kecemasan mereka. Anda akan mendapatkan lebih banyak stabilitas emosional dengan tidur yang baik.”
Jika Anda pikir hari-hari kerja sepanjang seminggu adalah penyebab timbulnya kecemasan atau kegelisahan Anda, Dr. Rapoport mengingatkan bahwa tidur tidak mesti selalu ditumpuk di akhir pekan.
“Jika Anda tidur lebih banyak di akhir pekan, itu karena Anda tidak tidur cukup dalam seminggu itu,” katanya. Masalahnya adalah tentang mencari keseimbangan. (Alyssa Sparacino, Monday, July 16, 2012)

More from Yahoo! Health
More helpful info from Yahoo! Health:
You can also find more great content by visiting our homepage.
http://health.yahoo.net/articles/sleep/photos/11-surprising-health-benefits-sleep#0

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger