13 Kejadian Aneh yang Terjadi pada Hari Jumat Tanggal 13


INTISARI
·          Banyak orang Amerika yang menghubung-hubungkan hari Jumat tanggal 13 dengan kemalangan dan tahyul.

·          Secara teknis, hari Jumat tanggal 13 adalah sama saja dengan hari-hari lain, dengan kejadian-kejadian yang sama yang biasa terjadi sehari-hari.

·          Namun demikian, di bawah ini adalah sebuah daftar kejadian-kejadian aneh yang kebetulan terjadi pada hari Jumat tanggal 13.

Hari Jumat tanggal 13 identik dengan kesialan dan tahyul—sedemikian rupa sehingga sebagian orang sebisa mungkin menolak terbang, membuat perjanjian bisnis atau menikah pada hari buruk ini.
Sebanyak 21 juta orang di AS takut pada hari Jumat tanggal 13, menurut Stress Management Center and Phobia Institute di Asheville, N.C., yang memperkirakan terjadi kerugian sebesar $800 juta hingga $900 juta dalam dunia bisnis setiap hari Jumat tanggal 13 karena rasa takut akan hari naas tersebut. (Top 10 Phobias)

Tapi apakah benar ada alasan untuk sedemikian terpengaruh oleh suatu hari yang secara teknis sama saja dengan hari-hari lain? Tentu tidak, kata para ilmuwan. Anda bisa memilih tanggal berapa saja dari kalender atau hari apa saja dalam sejarah dan menemukan beberapa kejadian aneh terjadi. Iseng-iseng, kami telah memilih 13 kejadian—sebagian tragis, sebagian lain aneh saja—yang terjadi pada hari Jumat tanggal 13.
  1. 13 Oktober, 1307 – Pengikut Raja Philip IV dari Perancis menyerang kediaman para Knight Templar (kelompok ksatria yang dibentuk pada tahun 1118 untuk melindungi peziarah di Tanah Suci selama masa Perang Salib ke-2 dan berhasil ditumpas pada tahun 1312), yang terdiri dari para prajurit yang juga biarawan (warrior monks), mereka memenjarakan beberapa ribu orang dengan tuduhan melakukan aktifitas illegal. Tidak ada satupun dari tuduhan ini yang terbukti, namun ratusan dari mereka harus menderita siksaan pedih untuk membuat mereka mengaku, dan lebih dari seratus tewas, menurut buku “Hikayat Knights Templar” (Warner Books, 1995).
  2. 13 Agustus, 1521 – Hernán Cortés sang penakluk menangkap Cuauhtémoc, penguasa Tenochtitlán, dengan mengklaim kota tersebut sebagai wilayah Spanyol dan sekaligus menandai akhir Kekaisaran Aztec. Cortés mengangkat dirinya sendiri sebagai penguasa baru dan menamai kota tersebut Mexico City, menurut Smithsonian National Museum of American History.
  3. 13 November, 1789 - Benjamin Franklin menulis “Semuanya seperti berjanji bahwa mereka akan berakhir; namun di dunia ini tidak ada sesuatupun yang pasti kecuali kematian dan pajak,” menurut dokumen pemerintah AS.
  4. 13 September, 1940 – Lima bom Jerman menghantam Istana Buckingham dan menghancurkan Palace Chapel, sebagai bagian dari strategi kampanye serangan bom “Blitz”-nya Hitler, menurut laporan-laporan dari surat kabar Inggris The Guardian.
  5. 13 Juni, 1952 – Sebuah pesawat militer Swedia DC-3 yang membawa sebuah kru yang terdiri dari delapan orang menghilang di perairan internasional di laut Baltik. Peristiwa ini dikenal sebagai "Catalina affair" karena salah satu dari dua pesawat penyelamat Catalina yang dikirim untuk mencari pesawat naas tersebut diserang oleh pasukan Soviet. Pada tahun 1991, angkatan udara Soviet mengakui bahwa mereka telah menembak pesawat DC-3 tersebut pula, menurut BBC.
  6. 13 Juli, 1956 – AS dan Inggris menolak permohonan India dan Yugoslavia untuk menghentikan uji coba senjata nuklir ruang angkasa , menurut The New York Times.
  7. 13 November, 1970 – Sebuah angin topan raksasa di Asia Selatan menewaskan hampir 300.000 orang di Chittagong, Bangladesh, dan menciptakan banjir yang menewaskan sebanyak 1 juta orang di delta sungai Gangga.
  8. 13 Juni, 1986 – Si kembar dari The Olsen, Mary-Kate dan Ashley, lahir.
  9. 13 Januari, 1989 – “Virus hari Jumat tanggal 13” menyerang ratusan komputer IBM di seluruh Inggris Raya, menyapu bersih file-file program dan menimbulkan kecemasan yang besar pada saat virus-virus komputer skala besar masih merupakan ancaman yang relatif baru.
  10. 13 Oktober, 1989 – Indeks Dow Jones (The Dow Jones Industrial Average) mengalami kejatuhan terbesar ke dua yang pernah mereka alami ketika itu. Dijuluki mini-crash Jumat tanggal 13, Dow jatuh  sebanyak 190,58 poin ketika itu. Sekarang, kejatuhan sebesar itu bahkan tidak termasuk dalam kelompok 10 kejatuhan terbesar.
  11. 13 Maret, 2009 – "SAW – The Ride” dibuka taman hiburanThorpe Park di Inggris, yang kemudian ditutup sementara hanya karena “masalah awal yang sepele” menurut laporan-laporan berita Inggris.
  12. 13 Agustus, 1999 – Hari yang sebenarnya merupakan ulang tahun Alfred Hitchcock yang ke-100.
  13. 13 September, 2013 –Tanggal yang direncanakan sebagai hari peluncuran film serial Friday the 13th yang ke-13, yang ceritanya berkisar seputar si pemakai topeng hockey, Jason Voorhees. (Fri Jul 13, 2012 10:03 AM ET ,Content provided by Remy Melina, Lifes Little Mysteries) 
More From LifesLittleMysteries.com

Copyright 2012 Lifes Little Mysteries, a TechMediaNetwork company. All rights reserved. This material may not be published, broadcast, rewritten or redistributed.


comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger