Google Rilis Platform Baru untuk Berbagi Informasi tentang Bahasa-Bahasa yang Terancam Punah

["Navajo Elderly Woman Outdoors In Bright Sun" on Shutterstock]
Topics:  ♦  ♦ 

Google telah meluncurkan sebuah platform pertukaran informasi online untuk memberi sedikit daya tahan ekstra bagi lebih dari 3.000 bahasa-bahasa yang terancam punah.
Disebut endangeredlanguages.com, situs tersebut dibuka untuk membantu memperbaiki cara pertukaran material dari sumber-sumber digital dalam bahasa yang digunakan oleh hanya sedikit orang, mulai dari bahasa Navajo di Amerika Serikat, hingga bahasa Aragon di Spanyol, hingga bahasa Koro di India dan bahasa Burunge di Tanzania.
Ini adalah sebuah platform online yang terbuka di mana siapa saja bisa memperoleh dan memulai membagi-bagikan material-material yang ditulis dalam bahasa-bahasa yang dalam keadaan hampir punah tersebut,” kata Miguel Alba, kepala bagian pemasaran Google di Mexico.  
“Sekarang ada sekitar 7.000 bahasa yang digunakan di seluruh dunia, namun separuhnya diperkirakan tidak akan bertahan hidup hingga akhir abad ini,” kata Alba.
Diharapkan bahasa-bahasa tersebut akan mendapatkan dosis energi ekstra jika para pengguna Internet saling berbagi teks, video, foto-foto, dan file-file audio dalam bahasa-bahasa tersebut.
“Umumnya bahasa-bahasa yang terancam punah itu kini diabaikan oleh pembicaranya karena bahasa-bahasa tersebut tidak dipandang positif dan mereka memilih menggunakan bahasa lain yang dipandang lebih ekonomis dan lebih menguntungkan secara sosial, kata antropolog Fransisco Barriga.
Namun jika para pengguna bahasa-bahasa tersebut menyadari bahwa bahasa mereka itu kini  terefleksi secara positif di media kelas dunia mereka akan mulai memperhatikan bahasa mereka tersebut dengan cara lebih serius, dari semua yang mereka bisa kehilangan, kata Barriga.  (By Agence France-Presse, Wednesday, July 18, 2012 10:26 EDT)
["Navajo Elderly Woman Outdoors In Bright Sun" on Shutterstock]

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger