Pria Penderita Autis Bertahan Hidup dengan Makan Katak, Akar Pohon, Selama Tiga Minggu


SALT LAKE CITY — Ayah seorang anak laki-laki berusia 28 tahun yang menderita austis yang telah berhasil bertahan hidup selama tiga minggu berada di wilayah terpencil di sebelah selatan Utah mengatakan bahwa anaknya tersebut sedang mencari pengalaman mendaki gunung ketika itu namun dia terdampar di wilayah gurun pasir yang gersang.
John LaFever mengatakan pada hari Jumat bahwa anak laki-lakinya William membuat sebuah kesalahan krusial: melakukan sebuah perjalanan sepanjang 25 mil menelusuri Sungai Escalante tanpa makanan dan peralatan yang tampaknya hilang dicuri sebelum perjalanannya dimulai.
 “Dia tidak menyadari betapa berbahayanya perjalanan yang akan dia lakukan,” kata LaFever pada The Associated Press.
“Kami juga tidak tahu kalau dia pergi ke sana. Syukurlah dia selamat.”
Pejabat berwenang mengatakan William LaFever, dari Colorado Springs, Colo., tampaknya tidak menyadari berapa jauh jarak yang dia tempuh dari Boulder, Utah, ke Page, Arizona.
William LaFever kini drirawat karena menderita kelaparan dan dehidrasi di Dixie Regional Medical Center di St. George, kata ayahnya.
“Dia memulai perjalanannya dengan berbekal segala sesuatu yang dia perlukan untuk bertahan hidup—namun perlengkapannya tersebut hilang dicuri,” kata John LaFever. “Dia kira dia bisa melakukan ini sendirian tanpa perlu persediaan makanan dan peralatan, yang sebenarnya merupakan sebuah keputusan yang salah.”
William telah sering melakukan perjalanan dengan ransel di wilayah pegunungan Colorado dan “tidak pernah mengalami masalah sama sekali,” kata John LaFever. Canyon (ngarai) di Utah kering dan berliku ternyata “berbeda sama sekali.”
William telah berjalan sejauh sekitar 50 mil selama sekurangnya tiga minggu sebelum dia ditemukan pada hari Kamis oleh helikopter Patroli Jalan Raya Utah.
“Dia berada di tempat yang benar ketika helikopter tersebut terbang di atas kepalanya. Jika dia sedang berada di bawah pohon mereka tentu tidak akan melihatnya,” kata John LaFever. “Dia tidak lagi sanggup berjalan, dia sangat lemah. Dia hanya mampu melambaikan tangan pada helikopter tersebut. Dan ketika helikopter tersebut mendarat, dia hanya ingin berbicara dengan seseorang. Dia akan pulih dari keadaan seperti ini.” 
Ibunya William LaFever, Anita Jennings dari Colorado Springs, mengatakan pada hari Jumat bahwa anaknya tersebut masih “menderita sejenis shock.”
“Saya berterima kasih sekali mereka telah menemukannya,” katanya.
Jenning mengatakan anak laki-lakinya tersebut percaya bahwa dia adalah seorang Indian Amerika dan dia baru-baru ini menjual apartemennya di Colorado Springs dan menjual banyak harta bendanya untuk pergi ke gurun di Utah.
Dia mengatakan bahwa keluarganya mencoba menghalanginya tetapi mereka tidak berhasil.
“Dia orangnya keras kepala. Tidak ada yang bisa Anda lakukan selain menurutinya. Keinginannya sangat kuat,” katanya.
Pilot helikopter Patrol Jalan Raya Utah Shane Oldfield mengatakan ketika dia melihat LaFever, orang itu sedang berbaring di sebuah sungai dengan hanya menggunakan pakaian dalam.
Oldfield mengatakan LaFever dalam keadaan sangat kurus, dia memperkirakan berat tubuh laki-laki setinggi 6 kaki itu kurang dari 100 pond ketika mereka menemukannya.
Oldfield menggambarkan LaFever sebagai “sangat beringas” karena dia pada mulanya menolak masuk ke helikopter.
“Dia memerlukan waktu sekurangnya 15 hingga 20 menit hanya duduk-duduk di sana dan kami ingin membawanya ke rumah sakit,” kata Oldfield.
Mereka akhirnya mencapai kesepakatan, mereka memberinya waktu sekitar delapan menit untuk makan sebuah granola dan minum sedikit Gatorade sebelum penerbangan.
“Dia sadar dia perlu diselamatkan, namun dia tidak buru-buru, kata Oldfield. “Dia sudah lama tidak melihat orang.”
Oldfield mengatakan LaFever sangat suka bicara, dan dia menceritakan bahwa dia telah makan katak sehari sebelumnya.
“Namun makanan tersebut tidak cocok bagi perutnya sehingga dia tidak mau makan katak lagi,” kata Oldfield.
Sang pilot tersebut percaya kondisi mental LaFever memungkinkan dia melihat sebuah situasi dengan cara berbeda dengan orang kebanyakan.
“Itu adalah sebuah pengalaman spiritual baginya,” kata Oldfield. “Dia memandang pengalaman tersebut sebagai sesuatu yang positif, sebuah peristiwa yang bisa mengubah hidupnya. Dia merasa gurun tersebut memanggilnya. Itulah sebabnya mengapa dia pergi ke sana.
“Saya kira dia beruntung bisa selamat,” kata sang pilot menambahkan.
Hiker biasa bertahan hidup dengan makan katak, akar pohon dan minum air sungai di “sebagian wilayah yang paling curam  yang berbahaya yang bisa Anda temukan di mana-mana di muka Bumi ini—tebing terjal, dinding batu, batu pasir, semak-semak, juniper,” kata juru bicara perempuan kepolisian Garfield County, Becki Bronson.
Deputi Ray Gardner, yang baru-baru ini menyelesaikan latihan dalam operasi search and rescue (SAR) bagi orang yang menderita autis dan berada di dalam helikopter tersebut, mengatakan LaFever tidak akan selamat jika tidak ditemukan dalam tempo sehari lagi. Dia mempelajari dalam trainingnya bahwa orang yang menderita autis secara khas tertarik pada air, sehingga mereka terbang menyisir sungai dalam pencarian yang mereka lakukan.
LaFever sedang mencoba mencapai Page karena ayahnya mengatakan padanya dia akan mengirim uang padanya ke sana, kata kepolisian steempat.
William LaFever menelepon ayahnya pada tanggal 6 atau 7 Juni untuk mengatakan bahwa dia sedang melakukan hiking di wilayah Boulder dengan ditemani anjingnya, dan bahwa seseorang telah mencuri peralatan hikingnya dan dia kehabisan uang. Jon LaFever mengatakan pada anak laki-lakinya tersebut untuk meminta tumpangan ke Page untuk mengambil kiriman uangnya.
Di luar pengetahuan ayahnya, William LaFever tampaknya memutuskan untuk berjalan kaki  menuju Sungai Escalante dan kemudian menumpang perahu menyeberangi Danau Powell untuk menuju Page, bukannya mencoba mencari tumpangan mobil seperti yang dikatakan ayahnya, kata polisi setempat.
Di suatu tempat, anjingnya pergi meninggalkan dirinya, kata Gardner.
By Associated Press,
___
Associated Press writer Lynn DeBruin contributed to this report. Elliott reported from Denver.
Copyright 2012 The Associated Press. All rights reserved. This material may not be published, broadcast, rewritten or redistributed.

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger