10 Aturan Menulis dari Zadie Smith


 “Berhentilah menjadi orang yang bersedih seumur hidup karena tidak pernah merasa puas.”
Dalam musim dingin tahun 2010, terinspirasi oleh 10 aturan menulis dari Elmore Leonard yang terbit dalam The New York Times hampir satu dekade sebelumnya, The Guardian menghubungi sebagian dari beberapa penulis yang paling dikenal saat ini dan meminta mereka masing-masing membuat 10 daftar aturan menulis. Yang paling saya sukai adalah daftar yang dibuat Zadie Smith—sebuah perpaduan yang indah dari yang praktis, yang filosofis, dan yang puitis:
  1. Pada waktu masih kanak-kanak pastikan Anda membaca banyak buku. Meluangkan waktu lebih banyak untuk membaca dibandingkan dengan kegiatan lainnya.
  2. Ketika dewasa cobalah membaca hasil karya Anda sendiri sebagai orang asing, atau yang lebih baik, sebagai musuh Anda.
  3. Jangan meromantisasi ‘vokasi’ Anda. Anda bisa menulis sebuah kalimat-kalimat yang baik atau tidak bisa sama sekali. Tidak ada yang disebut ‘gaya hidup pengarang’. Semua yang pokok adalah apa yang Anda tinggalkan di halaman buku yang Anda tulis.
  4. Hindari kelemahan-kelemahan Anda. Tapi lakukan ini dengan tanpa mengatakan pada diri sendiri bahwa segala sesuatu yang tidak bisa Anda lakukan sebenarnya memang tidak penting dilakukan. Jangan tutupi keragu-raguan diri Anda dengan meremehkan.
  5. Sisakan ruang yang cukup untuk waktu antara menulis dan mengedit tulisan.
  6. Hindari kelompok orang, geng, grup. Kehadiran kelompok tidak akan membuat tulisan Anda lebih baik.
  7. Menulislah dengan komputer yang tidak disambungkan ke Internet.
  8. Lindungi ruang dan waktu di mana Anda menulis. Jangan biarkan siapa saja mendekatinya, bahkan orang yang paling penting bagi Anda sekalipun.
  9. Jangan keliru antara penghargaan dengan prestasi.
  10. Sampaikanlah kebenaran dengan cara apapun yang Anda kuasai—katakan saja. Berhentilah menjadi orang yang bersedih seumur hidup karena tidak pernah merasa puas.

Benar-benar sebuah tambahan yang indah bagi petuah-petuah menulis lainnya, termasuk 8 aturan menulis hebat (8 rules for a great story) dari Kurt Vonnegut, 10 tips meyakinkan (10 no-bullshit tips) dari David Ogilvy, 11 petunjuk (11 commandments) dari Henry Miller, 30 keyakinan dan teknik (30 beliefs and techniques) dari Jack Kerouac, 6 pokok menulis (6 pointers) dari John Steinbeck, dan belajar bersintesis (synthesized learnings) dari Susan Sontag.
Novel terbaru dari Smith, NW, yang sudah ditunggu-tunggu selama tujuh tahun, terbit akhir bulan ini. (by Maria Popova)
Image via The Guardian

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger