Alasan Mengapa Pekerjaan Anda Bisa Membuat Anda Gemuk


Mengingat banyak di antara kita yang menghabiskan waktu lebih dari sepertiga dalam hidupnya di tempat kerja, maka tingkah laku kita di kantor mempunyai dampak yang besar terhadap kesehatan dan berat tubuh kita. Nyatanya, dalam sebuah survei yang dilakukan CareerBuilder yang dirilis awal tahun ini, 44 persen pekerja kita mengatakan mereka mendapat peningkatan berat tubuh dari pekerjaan mereka saat ini—dan lebih dari seperempat pekerja mendapat penambahan berat tubuh si atas 10 pond. Tentu, bukan rahasia lagi bahwa kue ulang tahun yang ada di kantor bisa menambah garis pinggang Anda, namun hati-hati pula akan biang kerok yang kurang mendapat perhatian seperti di bawah ini:
Anda Biasa Makan Siang di Restoran
Apakah Anda sedang menjamu para klien Anda atau hanya sedang tidak suka membawa makanan dari rumah, makan makanan restoran di siang hari bisa menghambat usaha Anda untuk menurunkan berat badan. Dalam sebuah studi yang baru-baru ini terbit dalam Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, wanita yang sering makan di luar (di restoran) mengalami penurunan berat badan yang lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak makan di restoran—terutama makan di restoran di siang hari (lunch). Mereka yang lunch di restoran sekurangnya sekali seminggu mengalami penurunan berat badan lima pond lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang jarang makan siang di restoran. Efek tersebut boleh jadi merupakan sebuah kombinasi dari kurang makan makanan bergizi dan porsi makan yang lebih besar.
Solusinya: Solusi yang jelas adalah dengan lebih sering membawa lunch dari rumah; sebuah cara mudah adalah dengan menyediakan lebih banyak makanan untuk makan malam (dinner) dan membawa sisanya di keesokan harinya. Ketika Anda makan di luar, kerjakan pekerjaan rumah Anda di awal: pilihlah makanan yang paling sehat dari menu restoran yang ada di Internet sehingga Anda bisa tahu dengan pasti apa yang sedang Anda makan.
Pulang Pergi ke Tempat Kerja dengan Cara yang Buruk
Kini semakin biasa bagi kebanyakan kita untuk meluangkan waktu selama satu jam atau lebih di dalam mobil, bus, atau KA untuk pulang pergi ke tempat kerja, yang sebenarnya menimbulkan kerugian ganda bagi kita: Perjalanan pulang pergi ke tempat kerja bisa membuat kita jengkel, lelah, dan stress, sehingga membuat kita terpancing untuk makan lebih banyak untuk menyenangkan hati kita, dan hal itu juga mencuri waktu berharga kita untuk melakukan olahraga.
Solusinya: Karena olahraga adalah penghilang stress yang terkenal, cari cara untuk membuat lebih banyak gerakan dalam perjalanan Anda. Jika Anda menumpang kendaraan umum, bisakah Anda berhenti sebelum sampai dan kemudian berjalan kaki selama 10 menit? Jika Anda mengemudi sendiri, parkirkan mobil Anda sejauh mungkin dari pintu kantor Anda. Dan jika Anda seperti saya yang cenderung merasa kelaparan dan rakus ketika berjalan memasuki rumah sepulang kerja (ini adalah resep untuk kudapan sebelum makan), sediakan makanan sehat untuk camilan sambil Anda mengemudi.
Anda Bekerja Hingga Lembur
Bekerja hingga lembur bisa menyebabkan level stres Anda membubung tinggi dan menggerogoti waktu tidur Anda; yang merupakan sebuah kombinasi yang buruk bagi hormon-hormon lapar Anda. Telah didokumentasikan dengan baik bahwa orang yang tidur terlalu sedikit akan lebih banyak mengidamkan makanan junk-food dan cenderung mengalami peningkatan berat badan.
Solusinya: Ini tidak mudah, karena perekonomian saat ini telah menyebabkan kebanyakan kita bekerja ekstra keras untuk tetap bertahan. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah agar kita ekstra hati-hati akan junk-food yang selalu mengintai dan rencanakan makanan Anda. Anda harus siap mengatakan tidak pada mangkuk permen di kantor Anda jika Anda melihat ada apel merah yang mengkilap dan satu stoples selai kacang di meja Anda.
Anda Mengetik dan Berbicara Sepanjang Hari
“Penyakit duduk” adalah masalah yang serius—penyakit ini dihubung-hubungkan tidak saja dengan penambahan berat badan, tetapi juga dengan penyakit kardiovaskuler, diabetes, dan kematian dini. Jika jari-jemari Anda merupakan satu-satunya bagian tubuh Anda yang secara konsisten bekerja sepanjang hari kerja Anda, maka sudah saatnya Anda mengubahnya.
Solusinya: Carilah teman kerja yang serupa sehingga Anda bisa membantu satu sama lain aktif. Buat rencana untuk bangun dari meja Anda dan berjalan ke arahnya untuk mengobrol beberapa kali sehari, dan luangkan waktu selama 10 menit (atau lebih jika bisa) untuk berjalan ke tempat makan siang. Saya juga pernah melihat rekan-rekan kerja saya berdiri selama melakukan rapat pendek untuk menghindari duduk atau menerima telepon sambil berdiri. (By Liz Vaccariello, Sep 20, 2012)
MORE FROM READER’S DIGEST
Take advantage of this exclusive offer:

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger