5 Kesalahan yang Bisa Membahayakan Kesehatan Anda


Sebagian dari tugas-tugas pekerjaan kita sangat-sangat sederhana sehingga Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk mengerjakannya. Anda sebenarnya adalah seorang otopilot, yang duduk santai di dalam cockpit, yang puas dengan ilmu pengetahuan yang akan Anda coba gunakan untuk membuat kacau segala sesuatunya.
Atau akankah demikian halnya? Bagaimana jika selama ini Anda sebenarnya telah merusak segala sesuatu yang Anda kira Anda bisa melakukannya sejak dulu? Seperti mencuci tangan Anda. Dan membersihkan gigi dengan benang. Bahkan mengoleskan tabir surya di kulit Anda. Surprise, surprise: Ada kemungkinan besar Anda melakukan pekerjaan tersebut secara salah.
Kabar baiknya: “Membuat koreksi kecil terhadap sesuatu yang telah Anda kerjakan selama ini bisa mempunyai dampak besar terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan,” kata Ted Epperly., seorang penasehat pengobatan keluarga dari Men's Health. Di bawah ini adalah lima kesalahan yang tidak boleh Anda lakukan lagi.
KESALAHAN#1: Memberishkan gigi dengan benang sebelum menyikat gigi
Di mata batin Anda Anda bisa membayangkan benang gigi (floss) membersihkan partikel-partikel makanan, dan kemudian sikat gigi menuntaskannya. Kecuali untuk satu hal: Manfaat membersihkan gigi dengan benang lebih untuk membersihkan kotoran bekas makanan yang tak terlihat—baik dengan mata batin Anda atau maupun di dalam cermin—daripada untuk membersihkan serpihan-serpihan kubis yang menclok di sela-sela  gigi Anda. “Benang gigi lebih efektif untuk membersihkan kotoran mikroskopik di sela-sela gigi Anda setelah Anda membersihkan kotoran yang lebih besar dengan sikat gigi,” kata dokter gigi Manhattan Jennifer Jablow, D.D.S. Setelah menyikat gigi, ludahkan sisa-sisa pasta gigi, tapi jangan buru-buru membersihkan mulut dengan berkumur-kumur hingga Anda selesai membersihkan gigi Anda dengan benang. Dengan melakukan ini Anda membantu men-transfer fluoride yang terkandung dalam pasta gigi ke dalam celah-celah di antara gigi-gigi Anda, sehingga memaksimalkan kemampuan fluorida tersebut membasmi kuman, kata penasehat gigi dari Men's Health Kenneth Young, D.D.S.
PAUL RYAN'S WORKOUT SECRET: Discover how to build a body like his—in a fraction of the time!—in The Truth about Paul Ryan's Workout.

KESALAHAN #2: Menggunakan pengering tangan elektrik bukannya handuk kertas

Setiap orang yang mengatakan pengering tangan elektrik lebih bersih daripada handuk kertas adalah tukang ngecap. Membersihkan tangan dengan sebuah alat pengering tradisional bisa meningkatkan jumlah bakteria di permukaan kulit Anda hingga sebesar 45 persen, menurut temuan sebuah studi dalam Journal of Applied Microbiology. “Kebanyakan pengering menyerap udara dari kamar mandi dan kemudian menghembuskan setiap kontaminan yang terbang di udara langsung ke tangan Anda,” kata ahli mikrobiologi dari Universitas Westminster Keith Redway, M.Sc. Masalah lainnya: Membersihkan kedua tangan Anda secara bersama-sama bisa merangsang bakteria yang ada di dalam pori-pori Anda naik ke permukaan kulit Anda. Yang terbaik adalah tetap menggunakan handuk kertas, yang bisa mengurangi jumlah mikroba di telapak tangan Anda hingga hampir 60 persen. Jangan khawatir dengan limbah kertas: Banyak fasilitas sekarang menggunakan handuk-handuk ramah lingkungan yang terbuat dari kertas daur ulang.

KESALAHAN #3: Membersihkan tangan setelah menggunakan tabir surya

Inilah saatnya Anda tidak perlu mencuci tangan Anda. Jika Anda membersihkan tangan Anda dengan sabun setelah mengoleskan tabir surya, maka berarti Anda membiarkan permukaan kulit Anda yang krusial terekspos terhadap sinar UV yang berbahaya. “Saya sering melihat orang yang cepat menua pada tangan mereka karena mereka lupa mengoleskan tabir surya di sana,” kata dermatologist dari Northwestern University Amy Derick, M.D. Oleskan tabir surya di tangan Anda kira-kira sama banyaknya dengan ketika Anda mengoleskan lotion pelembab—dan jangan lupa juga mengoleskannua di kuku Anda pula. Ya, kuku adalah sel-sel mati, namun tisu di lapisan bawahnya aktif dan rentan terhadap melanoma dan kanker kulit lainnya, kata Skin Cancer Foundation mengingatkan.
IMPROVE YOUR HEALTH EVERY DAY! Join the more than 1 million people whofollow Men's Health on Twitter or sign up for our FREE daily newsletter

KESALAHAN #4: Menambah larutan contact lens

Jika Anda tidak pernah mengganti oli mobil Anda dan hanya menambahnya, Anda tahu apa yang akan Anda dapat? Sebuah mesin yang penuh dengan oli kotor. Well, Anda sebenarnya sedang mempraktikkan cara perawatan yang sama buruknya dengan lensa kontak Anda. Dalam sebuah studi di University of Texas, 90 persen orang mengira menggunakan larutan (solusi) yang segar untuk lensa kontak berarti hanya dengan menambahkan beberapa tetes larutan pada larutan yang sudah ada pada wadah lensa (lens case) Anda. Bahayanya? Larutan sisa daya disinfektan-nya lemah, sehingga oleh FDA dikatakan bisa meningkatkan resiko infeksi yang bisa merusak penglihatan. Tindakan Anda: Bersihkan, bilas, dan keringkan case lensa Anda setiap kali Anda mengeluarkan lensa dari sana. Kemudian isi dengan larutan yang baru (fresh solution).

KESALAHAN #5: Menggunakan hidrogen peroksida pada luka

Bleach (pemutih) adalah disinfektan yang sangat manjur, namun Anda tidak menuangkannya pada luka Anda, kan? Dan banyak di antara kita memilih bleach yang disebut hydrogen peroxide, dengan tidak menyadari bahwa meski berkhasiat membunuh kuman namun kulit kita juga bisa menderita karenanya. “Bleach mengurangi jumlah fibroblasts, sejenis sel yang krusial untuk membersihkan dan memulihkan tisu yang rusak,” kata David Bar-Or, M.D., direktur riset trauma di Swedish Medical Center di Colorado dan pengarang dari sebuah studi tentang bahaya dari dioksida. Bersihkan saja luka Anda dengan air dan sabun dan oleskan krim berbasis petrolatum (seperti Aquaphor). Kemudian tutupi luka Anda dengan perban adhesif. Petrolatum bisa menciptakan lingkungan yang lembab (moist), yang berguna untuk  penyembuhan luka-luka kecil, menurut para peneliti di Jerman. (By Bill Phillips and the Editors of Men's Health, Sep 13, 2012)
For our complete list of shocking ways you're sabotaging your health, check outSimple Health Habits You're Doing All Wrong.
Reporting and writing by Paige Greenfield

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger