Kucing Bisa Membahayakan Kesehatan Manusia


Kucing peliharaan beresiko menimbulkan penyakit dan bahkan bisa menyebabkan kematian pada manusia, demikian menurut para ahli.

Seribu orang sehari terinfeksi oleh sebuah parasit yang dinamakan toxoplasma yang dibawa oleh hewan jenis kucing, sebagai akibatnya hampir 70.000 orang menjadi sakit setiap tahunnya.

Parasit tersebut bisa menyebabkan cacat lahir, kebutaan dan demensia dan telah dihubung-hubungkan dengan penyakit seperti skizofrenia dan gangguan-gangguan psikotik lainnya.

Parasit tersebut umumnya dibawa oleh kucing, karena kucinglah hewan satu-satunya tempat parasit tersebut berkembang biak, menurut laporan Daily Express.

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Food Standards Agency di Inggris, parasit tersebut bisa berpindah ke tubuh manusia jika manusia memakan makanan yang sudah tercemar oleh parasit tersebut.

Secara khusus studi tersebut menunjukkan bahwa beberapa ekor domba telah terekspos parasit tersebut setelah melakukan kontak dengan kotoran kucing, dengan demikian manusia bisa terinfeksi dengan cara memakan daging domba yang dimasak kurang matang.

Manusia juga beresiko terkena infeksi dari makanan atau air yang telah terkontaminasi oleh kotoran kucing atau dari kontak dengan kotoran kucing. Parasit tersebut juga bisa menimbulkan resiko serius pada bayi dalam kandungan.

Dikabarkan satu dalam seratus dari delapan juta kucing yang ada di Inggris berpotensi membawa parasit tersebut.

Food Standards Agency diminta mencantumkan skala toxoplasma dalam daftar “risk profile” yang mereka buat.

Toxoplasma adalah lebih penting, atau sama pentingnya, dengan salmonella,” kata Richard Holliman dari Rumah Sakit St George di London.

“Masalahnya bisa membahayakan. Seorang anak yang lahir dengan Toxoplasma bawaan akan cacat semumur hidup,” katanya menambahkan.

Para ahli menginginkan agar toxoplasma digolongkan sebagai penyakit yang wajib dilaporkan.  (ANI Sep 5, 2012, 04.43PM IST)


comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger