Anak Prasekolah yang Dirawat di Rumah Lebih Ramping



 Preschool-aged children who stayed at home with their parents were more likely to be slimmer than those who attended daycare, found a Canadian study.

ANATOLIY SAMARA/SHUTTERSTOCK.COM

Dalam penelitian mereka, para ilmuwan menyimpulkan bahwa anak-anak yang berusia 2,5 hingga 5 tahun lebih cenderung mempunyai persepsi negatif tentang teman sekelas mereka yang mengalami kebelihan berat badan, di mana mereka cenderung menganggap mereka lebih ‘kejam’ dibandingkan dengan teman mereka yang lebih kurus.
Anak-anak yang berusia prasekolah yang tinggal di rumah dengan orang tua mereka lebih cenderung menjadi lebih kurus dibandingkan dengan mereka yang ditiitpkan di tempat penitipan anak (daycare), menurut temuan sebuh studi di Kanada.

Jika anak-anak Anda mengikuti daycare, mungkin Anda perlu mempertimbangkan menambah aktifitas fisik mereka dan memberi perhatian ekstra terhadap diet mereka setelah sebuah penelitian di Kanada menemukan bahwa anak-anak yang masih kecil (young children) yang dititipkan di daycare 50 persen lebih besar kemungkinan mengalami kelebihan berat badan dibandingkan dengan mereka yang tinggal di rumah dengan orang tua mereka.

Untuk penelitian mereka tersebut, para peneliti dari Universitas Montreal dan Pusat Penelitian Rumah Sakit CHU Saint-Justine meneliti sekitar 1.650 keluarga yang mempunyai anak yang lahir antara tahun 1997-1998 di Quebec.

Anak-anak tersebut diklasifikasikan menurut jenis perawatan yang mereka terima ketika mereka masih dalam usia prasekolah, yang didefinisikan sebagai 1,5 hingga 4 tahun.

Secara keseluruhan, 30 persen dari anak-anak tersebut menghabiskan waktu mereka di daycare; 35 persen dititipkan dengan keluarga famili atau home-based daycare; 11 persen dirawat oleh anggota keluarga besar mereka; 5 persen dirawat oleh nenek mereka; dan 19 persen tinggal di rumah dengan orang tua mereka.

Setelah mengikuti perkembangan keluarga-keluarga tersebut 10 tahun kemudian, para peneliti menemukan adanya hubungan antara anak-anak yang menghabiskan kebanyakan waktu mereka dalam usia prasekolah di tempat penitipan anak (daycare) dengan  meningkatnya kecenderungan mengalami kelebihan berat badan.

Faktanya, dengan menghabiskan waktu lima jam di tempat penitipan anak (non-parental childcare), peluang anak-anak tersebut mengalami kelebihan berat badan atau kegemukan meningkat sebanyak 9 persen dalam dekade pertama.

Hasil penelitian tersebut diterbitkan dalam Journal of Pediatrics dan dirilis minggu lalu.

Meski studi tersebut tidak meneliti alasan-alasan yang memungkinkan timbulnya obesitas tersebut, para peneliti menekankan bahwa mencegah kegemukan pada anak-anak bisa dimulai dengan cara meningkatkan aktifitas fisik dan makan secara sehat.

Sementara itu, sebuah studi lain di Kanada, kali ini dari Universitas Ryerson di Toronto, menemukan bahwa penilaian yang stereotip tentang teman yang mengalami kelebihan berat badan dimulai pada usia prasekolah.

Dalam penelitian mereka, para ilmuwan menyimpulkan bahwa anak-anak yang berusia 2,5 hingga 5 tahun cenderung mempunyai persepsi negatif tentang teman sekelas mereka yang mengalami kebelihan berat badan, di mana mereka cenderung menganggap mereka lebih ‘kejam’ dibandingkan dengan teman mereka yang lebih kurus.

http://www.nydailynews.com/life-style/health/preschool-kids-home-slimmer-daycare-peers-study-article-1.1205143

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger