Mengenal Sindroma Klein-Levin atau 'Sleeping Beauty'

Nicole Delien from Pennsylvania suffers from a rare disorder that manifests itself through long sleeping episodes
Nicole Delien/ Image credits: Daily Mail
Nicole Delien dari Pennsylvania yang berusia 17 tahun menderita penyakit langka yang membuat dirinya tertidur dalam banyak episode seperti sinetron.

Sindroma Klein-Levin, atau “sleeping Beauty,” hanya menyerang 1.000 orang di seluruh dunia, di mana kebanyakan di antaranya adalah anak-anak muda laki-laki.

Selama menjalani episode-tidurnya, Nicole tidur antara 18 hingga 19 jam sehari, dan dia pernah tertidur selama 32 hingga 64 hari satu kali pada beberapa kali kesempatan. Paling lama dia tidur adalah 64 hari, mulai dari hari Thanksgiving hingga Januari, tulis Daily Mail.

Dia terjaga selama episoda tidurnya tersebut, hanya untuk makan dan pergi ke WC. Dia melakukan itu dalam keadaan seperti bermimpi, seperti dalam keadaan berjalan sambil tidur, kata ibunya menjelaskan.

Menurut sebuah tinjauan kasus oleh Oxford Journal, kondisi tersebut terwujud tidak hanya melalui periode hypersomnia atau tidur berlebihan, namun juga melalui gangguan kognitif dan tingkah laku.

Simptom Klein-Levin termasuk disorientasi, halusinasi, tingkah laku seperti anak-anak, dan makan berlebihan, yang kebanyakan terjadi selama episode tidur sambil berjalan (sleepwalking).

Ketika Nicole terjaga, dia tidak ingat apa-apa yang terjadi selama masa dia tidur, di mana dia kehilangan semua hari libur besar—Thanksgiving, Natal, hari ulang tahun dan sebuah perjalanan ke Disney World dengan keluarganya, sebagai seorang anak.

Ibunya Vicky Delien tergerak untuk mendapatkan diagnosis bagi kondisi putrinya tersebut. Akan tetapi, dia harus berbicara dengan banyak dokter di rumah sakit berbeda, sebelum ada yang berhasil mengidentifikasi kondisi tersebut dengan tepat.

Seorang dokter ahli di Allegheny General Hospital in Pittsburgh, Pennsylvania, mengatakan padanya bahwa putrinya tersebut kemungkinan besar menderita penyakit “Sleeping Beauty,” dan bahwa ilmu kedokteran bisa menawarkan beberapa cara pengobatan.

Nicole belum mengalami episode tidur kembali semenjak bulan Maret lalu, namun dia terus-menerus khawatir akan jatuh tertidur kembali suatu waktu nanti. Deskripsi penyakit tersebut di
website Kleine-Levin Syndrome Foundation, mengungkap bahwa gadis itu boleh jadi tidak akan pernah aman, karena segala sesuatunya bisa memicu penyakit tersebut kambuh kembali.  

“Orang yang terkena penyakit ini akan tertidur selama periode berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tanpa mengalami simptom apa-apa, dan kemudian mereka terjaga kembali dengan sedikit peringatan,” menurut blurb di situs tersebut.

http://news.softpedia.com/news/17-Year-Old-Girl-Slept-for-64-Days-Sleeping-Beauty-Syndrome-308154.shtml

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger