Menggunakan Tabir Surya Setiap Hari Bisa Cegah Penuaan Dini (Dan Belum Terlambat Memulainya Sekarang)

(Photo: Getty Images)
Sebuah studi terbaru telah menemukan bahwa menggunakan tabir surya setiap hari bisa bermanfaat lebih dari sekedar mengurangi resiko terkena kanker kulit—tetapi juga bisa secara drastis mengurangi efek photoaging, atau kulit kelihatan lebih tua akibat sering terkena sinar matahari. Dan ada kabar baik lainnya: Bahkan meski Anda kelupaan menggunakan tabir surya di usia muda Anda, usia paruh baya pun belumlah terlambat untuk menuai manfaat dari penggunaan pelindung sinar matahari ini.


“Kami merasa cukup frustrasi melihat kenyataan bahwa bagi sebagian masyarakat, ternyata pesan untuk melindungi kulit dari sinar matahari ini tampaknya tidak sampai,” kata Dr. Adele Green, seorang profesor dari Queensland Institute of Medical Research di Universitas Queensland di Australia, pada USA Today. “Kini kita tahu bahwa melindungi tubuh kita dari kanker kulit dengan cara menggunakan tabir surya mempunyai manfaat tambahan yaitu bisa membuat Anda tampak lebih muda. 


Para dermatolog terkemuka setuju. “Saya telah membicarakan hal ini selama bertahun-tahun, dan saya tahu hal ini benar,” kata Dr. Debra Jaliman, seorang dermatolog kosmetik dan penulis buku "Skin Rules: Trade Secrets From a Top New York Dermatologist," pada Yahoo! Shine dalam sebuah wawancara melalui telepon. “Saya tidak mengatakan bahwa saya telah melakukan penelitian untuk itu, tapi saya tahu ini karena berbagai alasan lain, dan saya telah bekerja dalam bidang kesehatan kulit selama bertahun-tahun.

Studi tersebut, yang diterbitkan baru-baru ini dalam jurnal Annals of Internal Medicine, juga meneliti apakah suplemen beta-karotin bisa mempunyai efek anti-aging. Beta-karotin adalah sejenis antioksidan yang dikenal sebagai karotenoid, dan telah banyak dihubung-hubungkan dengan berkurangnya resiko penyakit kanker kulit.

Untuk melakukan uji coba secara acak, para peneliti membagi 903 partisipan ke dalam empat kelompok: yaitu kelompok yang menggunakan tabir surya dalam spektrum yang luas setiap hari dan 30 miligram beta-karotin, kelompok yang menggunakan tabir surya setiap hari dan menggunakan sebuah plasebo, kelompok yang menggunakan beta-karotin namun hanya menggunakan tabir surya secara periodik, dan kelompok yang menggunakan tabir surya secara periodik dan menggunakan sebuah plasebo. (Semua partisipan berusia 55 atau kurang; para peneliti memutuskan adalah tidak etis untuk membuat sebuah kelompok di mana para partisipannya tidak menggunakan tabir surya sama sekali.)

Dua kelompok yang menggunakan tabir surya setiap hari menggunakan produk blocking UVA/UVB dengan SPF 15 atau lebih tinggi; mereka mennggunakan produk tersebut di kepala, leher, lengan, dan tangan setiap pagi setelah mandi, dan mengoleskannya kembali setelah beberapa jam. Dua kelompok lain menggunakan tabir surya pada waktu dan pada bagian tubuh yang mereka anggap perlu saja.

Para peneliti memantau para partisipan selama empat setengah tahun, dan menggunakan mold kulit yang menyerupai dempul untuk membuktikan adanya garis-garis dan kerutan-kerutan halus. Kemudian mereka menemukan bahwa kelompok-kelompok yang menggunakan tabir surya setiap hari menunjukkan tanda-tanda penuaan 24 persen lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang menggunakan tabir surya secara periodik. Hasil tersebut ternyata sama saja pada setiap orang tidak tergantung berapapun usia mereka, sehingga para partisipan yang berusia setengah baya pun bisa mendapatkan manfaat dari penggunaan tabir surya secara reguler.

“Efektifitas promosi pemakaian tabir surya setiap hari dengan menekankan fungsinya sebagai pencegah kanker kulit kemungkinan secara substansial akan lebih tinggi setelah kita menekankan bahwa tabir surya juga mempunyai manfaat tambahan yaitu sebagai pencegahan penuaan kulit,” tulis para peneliti dalam laporan mereka.

Penggunaan beta-karotin tidak mempunyai pengaruh secara keseluruhan terhadap penuaan kulit, kata para peneliti.

Pada tahun 2012, BPOM-AS memutuskan bahwa produsen tabir surya bisa memberitahu pada label produk mereka bahwa produk-produk yang mereka buat bisa mengurangi resiko kanker kulit dan penuaan kulit jika digunakan dengan benar menurut petunjuk, namun mereka juga harus menganjurkan agar para konsumen tetap mematuhi peringatan-peringatan lain, seperti mengoleskan tabir surya sekurangnya setiap dua jam sekali (lebih sering jika Anda berkeringat atau berenang), menghindari keluar rumah jika sinar matahari sedang terik-teriknya (biasanya antara pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang), dan menggunakan baju berlengan panjang, celana panjang, dan topi bertepi lebar untuk melindungi kulit jika memungkinkan.

Jika Anda hanya memiliki waktu selama beberapa menit di pagi hari, maka perlu kiranya mengoleskan tabir surya pada tempat-tempat yang paling besar kemungkinan terkena sinar matahari—wajah, leher, dan tangan. Semua jenis tabir surya, bahkan jenis “sport” atau jenis yang “anti-air,” perlu dioleskan berulang-ulang, dan Anda harus menggunakan tabir surya meski Anda menghabiskan waktu seharian mengemudi atau bekerja di dalam ruangan, kata Dr. Jaliman, sang dermatolog kosmetik menyarankan. 

“Misal Anda pergi ke tempat kerja dengan berjalan kaki dan Anda hanya berada di luar ruangan selama 15 menit, atau Anda menumpang kereta bawah tanah dan hanya berada di luar ruangan selama 5 menit,” kata Dr. Jaliman pada Yahoo! Shine. “Kerusakan kulit akibat sinar matahari bersifat kumulatif. Waktu 5 menit atau 15 menit tersebut berakumulasi terus-menerus seumur hidup.

Bahkan di dalam ruangan pun, sinar UVA bisa masuk melalui jendela bersama dengan sinar matahari, katanya menjelaskan.

“Oleskan tabir surya setiap pagi seperti halnya menyikat gigi dan jangan merasa terganggu karenanya,” kata Dr. Jaliman pada Yahoo! Shine. “Hanya diperlukan waktu 30 detik. Benar, saya telah menghitungnya.” (By Lylah M. Alphonse, Senior Editor, Yahoo! Shine | Beauty on Shine – Tue, Jun 4, 2013 2:27 PM EDT)

http://shine.yahoo.com/beauty/daily-sunscreen-use-can-slow-skin-aging--and-it-s-not-too-late-to-start-now--182709073.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger