9 Mitos Tentang Teknologi Terbantahkan

Gord McKenna/Flickr
Business Insider/Gord McKenna/Flickr--Gord McKenna/Flickr

Mac tak bisa kena virus.

Semakin besar megapiksel kamera Anda, semakin baik kamera tersebut.

Kabel HDMI yang mahal cukup pantas untuk dibeli.

Hal-hal di atas ( dan banyak lagi!) adalah sebagian dari mitos yang paling umum yang sering kali kita dengar di seputar teknologi yang kita gunakan sehari-hari. Mulai dari mengosongkan baterai sama sekali hingga masalah menghapus file dari komputer, kami pernah memberi pejelasan dan membantah sebagian dari keyakinan yang kadung populer ini.

1. Anda harus mengosongkan baterai sama sekali sebelum mencasnya kembali.
Sebuah mitos yang sering kali terdengar di seputar baterai HP dan laptop adalah bahwa sebaiknya baterai dikosongkan sama sekali terlebih dahulu sebelum dicas kembali.

Hal ini benar dalam beberapa hal. Jika sebuah perangkat menggunakan baterai Nickel-Cadmium, misalnya, maka Anda perlu mengosongkan baterai tersebut sama sekali sebelum dicas kembali. Kenapa? Baterai yang terbuat dari Nickel-Cadmium, tidak sama dengan baterai-baterai Lithium-Ion, mengalami apa yang disebut “efek memori.” Ketika baterai-baterai seperti ini dicas dan dikosongkan kembali hingga ratusan kali, maka baterai tersebut akan mulai kehilangan kemampuan mencas hingga 100%, yang pada akhirnya akan menguras kemampuan baterai tersebut secara signifikan seiring perjalanan waktu.

Dulu barang-barang elektronik kebanyakan masih menggunakan baterai Nickel-Cadmium. Telepon tanpa kabel dan mesin penjawab semuanya menggunakan baterai Nickel-Cadmium. Pada tahun 2006, kebanyakan baterai NiCd sudah diganti dengan teknologi yang menggunakan baterai-baterai Lithium-Ion. Baterai yang terakhir ini bisa ditemukan pada semua perangkat merk Apple dan tidak mengalami apa yang disebut “efek memori” seperti halnya baterai NiCd. 

“Baterai polimer Lithium-Ion mempunyai kepadatan daya yang tinggi,” kata Apple dalam situs mereka, “dan Anda bisa mencas ulang baterai polimer lithium-ion kapan saja Anda mau, tanpa harus mencasnya hingga penuh atau mengosongkannya sama sekali.

Akan tetapi, Apple menasehati, Anda harus mengosongkan baterai lithium-ion ini sama sekali dan kemudian mencasnya hingga penuh  sekurangnya satu kali setiap bulannya untuk membantu menjaga elektron-elektron baterai tersebut tetap bergerak (berbeda dengan baterai NiCd yang harus dicas hingga penuh setiap beberapa hari sekali). Mengosongkan baterai Lithium-Ion sama sekali dan kemudian mencasnya hingga penuh 100% bisa akan membantu daya tahan baterai.   

2. Jailbreaking adalah ilegal.
Penting dicatat bahwa melakukan “jailbreaking” dan “unlocking” pada sebuah perangkat adalah dua hal yang berdeda. Melakukan unlocking pada sebuah perangkat berarti Anda membebaskan perangkat tersebut untuk bekerja pada carrier yang mana saja, bukan hanya pada carrier yang Anda beli bersamanya, sedangkan jailbreaking mengacu pada proses menembus kemanan Apple untuk menginstal modifikasi-modifikasi yang tidak diijinkan oleh toko Apple.

U.S. Library of Congress memandang ilegal untuk melakukan unlocking pada HP mana saja yang dibeli setelah tanggal 26 Januari 2013 dengan menggunakan vendor pihak ketiga namun melakukan jailbreaking pada HP Anda masih legal sekurangnya hingga tahun 2015 menurut dispensasi dari Digital Millennium Copyright Act (DMCA). Penting dicatat bahwa melakukan jailbreaking pada iPad Anda adalah ilegal. Menarik, bukan?

3. Semakin banyak batang sinyal berarti semakin besar layanan.
Batang sinyal pada HP Anda sebenarnya mengindikasikan kekuatan sinyal pada tower sinyal yang terdekat. Kekuatan layanan sinyal HP Anda tergantung pada berapa banyak HP yang dilayani tower tersebut pada saat yang sama.

Wilayah metropolitan dilengkapi dengan fasilitas untuk mengatasi banyaknya orang-orang yang mencoba menggunakan HP mereka di dalam satu ruang tertutup. Dalam situasi yang tak terduga (misalnya, dalam sebuah festival musik di mana terdapat banyak sekali orang di dalam sebuah tempat yang sempit), HP Anda bisa jadi akan menunjukkan banyak batang sinyal, namun layanan menjadi tidak mungkin didapat; karena semua orang berusaha terhubung ke sebuah tower yang terdekat itu.

4. Semakin tinggi megapiksel, semakin baik sebuah kamera.
Setiap tahun, jumlah megapiksel pada kamera digital terbaru tampaknya kian meningkat, dengan banyaknya iklan yang menyampaikan pesan-pesan yang gila-gilaan yang isinya mengatakan bahwa Anda perlu mengganti kamera Anda dengan versi terbaru dengan megapiksel yang lebih besar dan lebih baik meski kamera Anda saat ini sebenarnya sudah sempurna.

Semakin besar megapiksel sebuah kamera digital berarti semakin jelas gambar foto yang dihasilkan hingga batas-batas tertentu, namun sering ada miskonsepsi tentang berapa megapiksel yang diperlukan untuk memproduksi sebuah foto berkualitas yang bisa Anda nikmati di layar HP atau komputer Anda. Untuk itu, tiga megapiksel saja kiranya cukup, dan bahkan sudah bisa di-crop. Dengan tujuh megapiksel, Anda bisa membesarkan sebuah foto hingga seukuran poster dengan tanpa masalah. 

Bagi fotografer amatir yang menggunakan kamera point-and-shoot untuk memotret casual moments, megapiksel yang lebih besar bukan berarti kamera tersebut lebih baik, atau gambar yang dihasilkan lebih baik.

5. Mengosongkan recycle bin berarti file Anda akan hilang selamanya.
Drag sebuah file ke recycle bin, kemudian kosongkan recycle bin tersebut, maka file Anda akan terhapus untuk selamanya, kan?

Tak secepat itu. Men-delete sesuatu, dan kemudian men-delete-nya lagi dari recycle bin, hanya akan mengosongkan space yang ditempati file tersebut di hard drive, tapi masih meninggalkan fragmen-fragmen yang secara teoritis bisa dimunculkan kembali.

Pada komputer Mac, pilih. “Secure Empty Trash” sebagai langkah akhir dalam proses menghapus. Pada PC, download program like SDelete, untuk membantu membersihkan semua free space dengan aman.

6. Private browsing menjaga Anda tetap anonim.
Menyetel browser Anda ke incognito berarti mengatakan pada browser Anda untuk tidak menyimpan setiap informasi tentang apa saja yang pernah Anda kunjungi atau apa saja yang pernah Anda ketik ketika Anda sedang berada di sana, namun hal ini tidak membuat Anda anonim. Kunjungan Anda masih bisa direkam, dan file-file yang Anda download ketika sedang incognito masih akan tertinggal di komputer, HP, atau tablet Anda.

7. Mencabut USB secara sembarangan bias menghapus semua data.
Lebih baik mencari aman daripada menyesal.

Jika Anda sedang menggunakan sebuah drive USB dan Anda kemudian mencopot USB Drive tersebut setelah Anda selesai mentransfer beberapa file, Anda akan aman-aman saja. Anda juga akan aman-aman saja jika Anda secara tidak sengaja mencopot USB tersebut ketika transfer tengah dilakukan, namun Anda beresiko kehilangan data atau mengalami benturan software.

Yang terbaik adalah mengikuti langkah-langkah singkat dalam mencopot USB secara aman, dengan mematuhi segala peringatan yang ada untuk melindungi pekerjaan dan komputer Anda.

8. Komputer Apple Mac tak bisa kena virus.
Mac bisa saja kena virus. Hingga beberapa tahun lalu, Windows adalah sistem operasi yang paling banyak digunakan. Kini Mac menjadi semakin banyak digunakan di rumah-rumah dan di kantor-kantor, dengan demikian Mac-pun kini menjadi sebuah target yang rentan terkena virus.

“Sistem operasi OS X tidaklah mudah terkena ribuan virus sebagaimana komputer yang berbasis Windows,” kata Apple dalam situs mereka.

Namun computer-komputer Mac masih rentan terhadap virus yang sengaja diciptakan untuk menembus produk-produk dan sistem operasi Apple .

9. Kabel HDMI yang mahal lebih baik daripada yang murah.
Tahun lalu, Mythbusters Jamies dan Adam menegaskan bahwa tidak ada beda (no difference) antara kabel yang murah dengan yang mahal.

Sebagaimana yang semestinya sudah sangat jelas, kabel HDMI yang mahal tidaklah cukup bagus untuk dibeli untuk pemakaian normal. Dalam hal jika Anda memasang kabel secara permanen melalui dinding atau langit-langit rumah Anda, kiranya bijaksana untuk membelanjakan sedikit lebih banyak uang untuk membeli kabel yang heavier-duty untuk mendapatkan produk yang tahan lama, namun jika Anda membelanjakan uang ekstra hanya untuk membeli konektor yang berlapis emas dan sejenisnya, maka sesungguhnya Anda hanya membuang-buang uang yang didapat dengan susah payah di dinding-dinding rumah Anda. (By Caroline Moss | Business Insider – Fri, Sep 6, 2013 4:47 PM EDT)

http://finance.yahoo.com/news/debunked--9-common-myths-about-technology-173348469.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger