Struktur Otak Boleh Jadi Menentukan Penyakit Kronis

Perbedaan struktur otak boleh jadi merupakan salah satu alasan mengapa seseorang bisa sembuh dari suatu rasa sakit (pain) sedangkan orang lain tetap menderita rasa sakit tersebut secara kronis, kata sebuah penelitian.

Para peneliti men-scan otak dari dari 46 orang yang menderita sakit pinggang (lower back pain) selama kira-kira tiga bulan, dan kemudian mengevaluasi rasa sakit yang mereka alami sebanyak empat kali pada tahun berikutnya. Sekitar separuh dari pasien-pasien tersebut berhasil sembuh selama setahun tersebut; sedangkan separuh lainnya terus merasakan sakit yang membandel selama penelitian tersebut berlangsung.

Ketika melihat kembali hasil-hasil scan otak tersebut, para peneliti menemukan adanya perbedaan struktur di dalam otak orang-orang yang berhasil sembuh dengan mereka yang tetap menderita sakit. Perbedaan tersebut terdapat di dalam sumsum otak (white matter), yang sebagian besar terdiri dari koneksi yang panjang antara neuron dan wilayah-wilayah yang ada dalam otak.

Secara spesifik, perbedaan-perbedaan tersebut terdapat di dalam koneksi antara wilayah-wilayah otak (brain regions) yang diperkirakan berhubungan dengan persepsi tentang rasa sakit, kata para peneliti.

“Kita boleh jadi telah menemukan adanya sebuah penanda anatomis bagi penyakit kronis di dalam otak,” kata peneliti Vania Apkian, seorang profesor psikologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago, dalam sebuah pernyataannya. [5 Surprising Facts About Pain]

Adanya perbedaan struktur tersebut kemungkinan besar terpisah dari insiden yang memicu timbulnya sakit pinggang, dan boleh jadi berarti bahwa sebagian orang lebih cenderung mengalami rasa sakit yang kronis dibandingkan dengan orang lain, kata para peneliti di dalam studi tersebut, yang akan diterbitkan dalam jurnal Pain edisi Oktober mendatang.

Kebanyakan orang yang mengalami rasa sakit setelah mengalami cedera pada akhirnya bisa sembuh. Akan tetapi, sebagian lagi terus menderita rasa sakit lama setelah cedera tersebut sembuh. Tidak jelas mekanisme apa yang bisa menyebabkan transisi dari rasa sakit akut ke rasa sakit kronis, yang bisa berlangsung selama bertahun-tahun.

Dalam studi tersebut, para peneliti menggunakan sebuah teknik pencitraan otak yang dinamakan diffusion tensor imaging (DTI), yang mengukur integritas sumsum otak.

Hasilnya menjadi semakin meyakinkan ketika para peneliti membandingkan para partisipan di dalam penelitian tersebut dengan beberapa kelompok orang lainnya. Mereka menemukan bahwa sumsum otak para pasien yang menderita sakit yang tak kunjung sembuh terlihat serupa dengan yang sumsum otak kelompok orang yang juga menderita rasa sakit kronis. Sebaliknya, sumsum otak pasien yang tidak menderita sakit yang berkepanjangan terlihat serupa dengan sumsum otak orang sehat.  

Untuk menguji kekuatan hubungan antara struktur otak (brain’s structure) dengan penyakit kronis, para peneliti mengamati apakah perbedaan otak yang terlihat dalam hasil-hasil scan otak awal bisa memprediksi apakah para pasien akan sembuh ataukah akan terus mengalami rasa sakit yang membandel. Mereka menemukan bahwa hasil-hasil scan otak awal bisa memprediksi penyakit siapa yang akan sembuh dan penyakit siapa saja yang akan tetap membandel hingga satu tahun kemudian.

“Kami terkejut melihat betapa meyakinkannya hasil-hasil yang didapat ini dan kami terheran-heran akan kehebatan  hasil-hasil scan otak tersebut dalam memprediksi persistensi sakit pinggang,” kata Apkarian. “Prediksi adalah nama permainan dalam mengobati rasa sakit kronis.”

Hasil-hasil temuan tersebut mengisyaratkan bahwa properti struktur otak berperan dalam timbulnya penyakit kronis, dan masih diperlukan penelitian yang lebih intensif untuk memahami peran integritas  sumsum otak di dalam penyakit kronis, kata para peneliti. (By Bahar Gholipour, Staff Writer September 18, 2013 8:49 AM)

Email Bahar Gholipour or follow her @alterwired. Follow  LiveScience @livescience, Facebook & Google+. Original article on LiveScience.
Copyright 2013 LiveScience, a TechMediaNetwork company. All rights reserved. This material may not be published, broadcast, rewritten or redistributed.

http://news.yahoo.com/brains-may-hard-wired-chronic-pain-124908852.html

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger