Bahaya Mengkonsumsi Mie Instan Secara Teratur


Instant Noodles
Salah satu makanan favorit kita adalah mie instan. Ini karena rasa mienya yang lezat dan memasaknya sangat mudah. Sebagian orang telah mengganti makanan-makanan sehat yang biasa mereka makan  dengan mie instan, namun hal ini tidak baik karena makan mie setiap hari sangatlah berbahaya bagi kesehatan manusia secara keseluruhan.

Mie tampaknya merupakan makanan pokok bagi anak sekolah dan mahasiswa. Jika anak tidak suka  makan masakan di rumah, mereka pasti meminta mie instan sebagai gantinya. Alasan lain mengapa orang harus makan mie instan.

Alasan-alasan utama mengapa kita harus menghindari mie instan:

Penyerapan Nutrien:
Mie bisa menghalangi penyerapan nutrien-nutrien esensial di dalam tubuh. Penyerapan nutrien dalam jumlah yang cukup sangatlah dibutuhkan bagi pertumbuhan anak-anak balita. 
Adanya zat Penyebab Kanker: Salah satu kandungan mie instan yang dikenal sebagai “Styrofoam” adalah zat penyebab kanker. Jadi mengapa kita harus makan makanan yang bisa menyebabkan kanker di dalam tubuh kita?  

Kegururan:
Peluang mengalami keguguran meningkat pada wanita yang makan mie instan pada trimester pertama kehamilan mereka. Alasannya adalah asupan mie instan bisa mempengaruhi proses perkembangan fetus dan dalam beberapa hal bisa menyebabkan keguguran.
Makanan Sampah (Junk Food):
Mie instan kaya akan karbohidrat yang tidak mengandung vitamin esensial, mineral dan serat. Jadi mie instan lebih merupakan makanan junk food daripada makanan bergizi yang semestinya dihindari oleh manusia dari semua usia.
Kandungan Sodium yang tinggi: Mie instan mengandung sodium dalam jumlah besar, dan sodium dalam jumlah yang berlebihan adalah penyebab sekian banyak penyakit kardiovaskuler, hipertensi dan peluang mengalami kerusakan ginjal.

Monosodium glutamate (MSG):
Komponen ini digunakan sebagai bumbu penyedap mie instan. Sebagian orang mengalami alergi terhadap MSG. Efek samping dari zat ini adalah bisa menimbulkan sakit kepala, nyeri, rasa panas seperti terbakar dan wajah kemerahan, dll.
Bisa membuat gemuk:
Mie instan mengandung lemak, karbohidrat dan sodium dalam jumlah besar yang bisa membuat orang mengalami kegemukan. Retensi cairan di dalam tubuh juga meningkat dengan adanya asupan mie instan.
Pencernaan:
Mie instan jenis apapun tidak baik untuk sistem pencernaan. Jika seseorang makan mie secara teratur  bisa menyebabkan buang air besar yang tidak teratur dan perut kembung.
Propylene Glycol:
Salah satu kandungan mie instan yang dikenal sebagai “Propylene Glycol” mengandung zat anti beku. Karena adanya zat inilah mie instan tidak bisa menjadi kering dan tetap lembap. Hal ini, pada akhirnya, bisa menyebabkan imunitas tubuh menjadi lemah. Banyak jenis abnormalitas dan kerusakan ginjal, jantung dan liver bisa timbul karena propylene glycol ini mudah diserap oleh tubuh dan berakumulasi di sekitar ginjal, liver dan jantung.  

Metabolisme:
Asupan mie instan secara teratur bisa sangat mempengaruhi metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan adanya zat-zat kimia seperti zat aditif, zat pewarna, dan zat pengawet lainnya yang terkandung dalam mie instan. (Dr. Paul, on Sep 25 , 2013) 

http://www.healthowealth.com/reasons-to-avoid-instant-noodles/

comment 0 comments:

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger