10 Hal yang Tidak Anda Ketahui tentang Kalori

Ungkapan ilmiah yang terbaru adalah tidak penting diet apa yang Anda pilih: Yang penting adalah kalori. Dan jika Anda makan terlalu banyak kalori—dalam bentuk apapun—maka berat tubuh Anda akan naik.


Jika notion itu kedengarannya seperti ketinggalan jaman, atau bertentangan dengan strategi penurunan berat tubuh yang Anda lakukan baru-baru ini, maka pikirkanlah lagi. Sebuah studi yang diterbitkan pada tanggal 4 Januari dalam Journal of the American Medical Association menunjukkan apa yang terjadi jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak kalori. Para peneliti di Pusat Penelitian Biomedis Pennington secara acak memberi 25 anak muda pria dan wanita 1.000 kalori tambahan sehari dengan memberi mereka diet yang rendah protein, diet yang kaya protein, atau diet dengan protein yang normal selama delapan minggu.
Para relawan tersebut akhirnya memperoleh lemak tubuh dalam jumlah yang kira-kira sama, tidak peduli pola makan yang mana yang mereka jalankan. Pelajaran dari kisah ini? jika Anda mencoba menurunkan berat badan, ingatlah bahwa kalori masih perlu diperhitungkan.
Here are 10 surprising facts about calories:

1. Mengapa kita menjadi gemuk

Kini rata-rata orang Amerika mengkonsumsi 300 kalori lebih banyak setiap hari dibandingkan dengan tahun 1985. Pemanis tambahan mengandung 23 persen  kalori ekstra; lemak tambahan mengandung 2 persen kalori esktra.
Mengkonsumsi 300 kalori esktra setiap hari selama satu tahun bisa meningkatkan berat badan sekitar 31 pond. (hitungan matematis: Anda harus mengkonsumsi 3.500 kalori tambahan untuk menaikkan berat tubuh Anda sebesar satu pond.) Sebagai tambahan, sepertiga orang Amerika memperoleh hampir separuh dari asupan kalori harian mereka dari junk food, menurut USDA.

2. Mesin olahraga berbohong tentang kalori

Jangan mengandalkan treadmill untuk mengetahui berapa banyak kalori yang telah Anda bakar. Sebuah studi dari University of Carolina, San Fransisco, menemukan bahwa, rata-rata, mesin olahraga terlalu tinggi dalam memperkirakan pembakaran kalori yaitu hingga mencapai 19 persen. Tingkat kesalahan dari perkiraan ini mulai dari tujuh persen pada sepeda diam (stationary bike) hingga 42 persen pada mesin eliptik.
Untuk mendapatkan hitungan yang lebih tepat, para ahli menyarankan Anda melakukan penurunan berat tubuh secara perlahan. Anda juga bisa mendapatkan perkiraan kasar tentang berapa banyak kalori yang Anda bakar dalam setiap mil lari dengan cara mengalikan berat tubuh Anda dengan 0,75. Kalikan berat tubuh Anda dengan 0,53 untuk mendapatkan perkiraan jumlah kalor yang terbakar dalam setiap mil lari.

3. Makanan yang mengandung kalori negatif

Dasar dari pendapat ini adalah bahwa tubuh Anda membakar lebih banyak kalori ketika mencerna makanan tertentu, seperti seledri, daripada kalori yang terkandung dalam makanan tersebut. Maaf. Kenyataannya tidak demikian.

4. Bergerak bisa membakar 350 kalori sehari

Kabar dari penelitian tentang gerak (fidgeting study) yang terkenal itu telah sudah ada sejak tahun 2005 ketika seorang peneliti dari Mayo Clinic menunjukkan bahwa orang yang kurus  membakar 350 kalori lebih banyak daripada orang yang kelebihan berat badan setiap harinya. Hal ini benar, tapi mengerak-gerakkan jempol saja tidak akan cukup.
Penelitian tersebut sebenarnya menunjukkan bahwa mereka yang bertubuh kurus lebih banyak bergerak—mereka melangkah, mereka mengambil kursi, mereka menghabiskan waktu dua jam lebih lama sehari untuk berdiri dibandingkan dengan mereka yang tidak terlalu kurus. Cobalah hal ini dan Anda akan menemukan tubuh Anda lebih ringan di tahun depan.

5. Rendah lemak tidak berarti rendah kalori

Merasa pede karena Anda membeli versi rendah lemak dari makanan kesukaan Anda? Perhatikan hal ini: dua sendok makan mentega rendah lemak bisa memberi Anda 180 kalori. Sedangkan mentega biasa dengan jumlah yang sama mengandung 191 kalori. Vanilla yogurt beku (vanilla frozen yogurt) tanpa lemak sebanyak setengah cangkir mengandung 100 kalori, bandingkan dengan 104 kalori yang terkandung dalam vanilla yogurt beku yang biasa.

6. Kebanyakan kita tidak tahu banyak tentang kalori

Menurut sebuah survei tahun 2010 oleh International Food Information Council Foundation, hanya 11 persen dari orang Amerika yang bisa memperkirakan dengan tepat jumlah kalori yang harus mereka konsumsi setiap hari untuk seseorang yang usia, tinggi, dan berat tubuhnya sama dengan mereka, dan dengan kegiatan fisik yang sama dengan mereka.
Anda tidak? Cobalah Pop Quiz ini: (1) berapa banyak kalori yang terkandung dalam sepotong pizza? (2) berapa banyak kalori yang terkandung dalam sebungkus kentang goreng di restoran Meksiko? (Jawab: 1).1.000; 2) 550).

7. Muffins v. Donuts

Mana yang kandungan kalorinya lebih banyak? Itu tergantung sebagian pada ukuran muffin tersebut dan bumbu-bumbu yang ada pada donat tersebut, tapi secara rata-rata, donat cenderung lebih rendah kalori, bahkan meski kandungan lemaknya terlalu tinggi.

8. Takaran dalam kemasan bisa menipu

Kita mudah terkecoh oleh label makanan. Sebagian makanan ringan (snack) boleh jadi kelihatannya seperti porsi untuk satu orang, tapi jumlah kalori yang dikandungnya sama dengan untuk tiga orang. Itu artinya, Anda akan mendapatkan kalori tiga kali lebih banyak jika Anda menghabiskan makanan tersebut sendiri.
Makanan seperti kentang goreng atau jagung goring (potato chips and corn chips), ukuran satu porsinya boleh jadi hanya sebanyak sato ons, tapi kita sering kali tidak cukup hanya memakan satu porsi.

9. Berciuman bisa membakar 2 kalori per menit

Begitulah yang dikatakan Bryant Stamford, Ph.D, profesor dan direktur pusat peningkatan kesehatan di Universitas Louisville.
Untuk membakar kalori lebih banyak, lakukan cium bibir dalam posisi yang tidak biasa, seperti posisi “plank pose” dalam yoga, atau ganti ciuman (smooches) dengan push up dengan partner Anda berbaring di lantai.

10. Sex membakar lebih banyak kalori

Saat yang hot di tempat tidur bisa membakar 144 kalori per setengah jam—atau lebih—dan semakin lama percintaan berlangsung, semakin banyak kalori yang terbakar. (by Lisa Collier Cool)

comment 1 comments:

Rizka Muslimaturrohmah on February 25, 2013 at 3:49 PM said...

kita juga punya nih jurnal mengenai kalori silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1146/1/50407236.pdf

Post a Comment

 
© Hasim's Space | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger